TRENDING

Trending Lagu Mangku Purel, Apa Arti kata Mangku Purel sebenarnya? Baca Biar Nggak Kebablasan

Terbit:

Kabar Trenggalek Apa Arti kata Mangku Purel? Lagu Mangku Purel yang dibawakan oleh artis youtube Woko Chanel sukses menduduki trending video YouTube ke #3. Video tersebut sudah ditonton sebanyak 4.5 juta kali dalam kurun waktu 2 Minggu, (20/11/2022).

Pakde Kabul dan Mukidi begitu menghayati setiap bait lirik yang ditulis oleh Nur Bayan tersebut. Selain mereka berdua sudah familier bagi masyarakat Jawa Timur atas video-video lucunya di akun Woko Channel, nyatanya masyarakat juga tidak kalah familier dengan ungkapan kata ‘purel’ dalam lagu tersebut. Dua kelebihan ini sukses mengundang perhatian para penonton.

advertisement

Namun sebenarnya jika merujuk pada lirik-lirik lagu berjudul mangku purel, kata purel lebih mengarah pada konotasi negatif. Misalnya dalam bait “Mangku purel neng karaokean” Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti: merelakan pemandu karaoke duduk di paha seseorang di tempat karaoke.

Mangku dalam KBBI: menaruh sesuatu di atas paha antara pangkal paha dan lutut atau di atas lengan antara lengan atas dan siku dipatahkan (hampir seperti memeluk). Sedangkan purel dikonotasikan sebagai orang yang menjadi pemandu. Lalu, karaoke adalah tempat hiburan bernyanyi.

BACA: Lirik Lagu dan Kunci Gitar ‘Mangku Purel’, Trending 1 di YouTube Musik

Lebih lanjut dalam lirik berikutnya ditulis “Ndemek pupu sampai munggah neng semeru” Yang berarti “memegang paha (pemandu karaoke) sampai naik ke semeru (gunung, kata kiasan untuk menggambarkan area sensitif wanita). Apabila semua diterjemahkan secara rinci, dapat dipahami bahwa maksud dari sepenggal lirik tersebut sebagai ungkapan atas aktivitas tak senonoh.

Arti Kata Mangku Purel itu Apa Sih?

Menurut Nasrul Nasrulloh, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang, dalam karya tulis berjudul PR, Purel atau Humas? Yang diunggah di academiaed.edu menjelaskan detail arti sebenarnya purel.

“Istilah ‘Purel’ sering dikonstruksi (oleh masyarakat) sebagai pekerjaan melayani tamu, baik tamu dalam arti yang sesungguhnya maupun ‘tamu’ untuk dirinya sendiri yang sedang ‘berjualan’. Istilah ini akrab terdengar di kalangan kafe-kafe, tempat hiburan malam (nite-club) maupun lokalisasi,” tulisnya.

Menurut Nahrul, pemaknaan seperti itu sangat sempit bahkan menyesatkan dan dapat merusak citra kata sebenarnya. Baik PR Purel atau Humas adalah merujuk pada istilah yang sama, Public Relations. Namun, meski asal generiknya sama, ternyata makna sosialnya bisa berbeda.

advertisement

Merujuk pada pengertian yang khusus yang diungkapkan oleh Maria, seorang pakar public relation, mengatakan bahwa Public Relation merupakan fungsi khusus manajemen yang membantu membangun dan memelihara komunikasi bersama, pengertian, dukungan, dan kerjasama antara organisasi dan publik, melibatkan masalah manajemen, membantu manajemen untuk mengetahui dan merespon opini publik (Maria, 2002).

Jadi sebenarnya, PR atau Purel awal-awalnya tidak dimaknai sebagai hal negatif, bahkan cenderung mengarah ke hal positif.

Jadi Lagu Mangku Purel Apakah Buruk?

Sejauh analisa kabartrenggalek.com justru lagu ini mengajak pendengar untuk meninggalkan hal-hal yang bisa merugikan masa depan. Misalnya mendatangi tempat-tempat karaoke dan melakukan hal-hal negatif di luar konteks mencari hiburan yang sebenarnya. Di bait terakhir, Mukidi dan Pakde Kabul menyanyikan lirik ini:

Mangku purel dudu penggawean..
Luweh penting mikiro masa depanmu..

Yang artinya, mangku purel bukan pekerjaan, lebih penting pikirkanlah masa depanmu.

Lirik Lengkap Lagu Mangku Purel

Kowe wes lali omah
Ora Uli Ulian
Senengane Dolan Neng Karaokean
Ngandengi Penyanyi
Ora Cukup Siji
Cekelane Botol
Polahe Koyo Wong Tolol

Ndang Balio Neng Omah
Bojomu Wes Ngenteni
Ora popo ora bakal di Seneni
Penting kowe jujur
Janji ra mbaleni
Gek ndang mapan turu
Sesok isuk senam pagi

Aku Wes nate kondo awakmu Uuuu
Ojo Terusan Begitu uye uye
Sumpaho Janji Karo Atimu
Siji
Loro
Telu

Mangku Purel Neng Karaokean
Ndemek Pupu sampai munggah neng semeru
Mangku Purel dudu penggawean
Luweh penting Mikiro Masa depanmu

advertisement

TERBARU

Indikasi Perkawinan Anak di Trenggalek Menurun, Pemkab: Jangan Terlena

Kabar Trenggalek - Indikasi perkawinan anak di Trenggalek menurun. Nafas lega itu tak boleh...

AMD Rilis Ryzen 7020 Series untuk Mobile dengan Performa Unggul

Kabar Trenggalek - AMD resmi merilis jajaran baru Ryzen 7020 Series dan Athlon 7020...

11 Fakta Unik Anya Forger dalam Anime SPYx FAMILY

Kabar Trenggalek – Anya Forger adalah salah satu tokoh utama di anime SPY x...

TOPIK TERKAIT