BerandaMata RakyatRitual Tiban Menghiasi Demo Tolak Kenaikan BBM di Depan Gedung DPRD Trenggalek

Ritual Tiban Menghiasi Demo Tolak Kenaikan BBM di Depan Gedung DPRD Trenggalek

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Aliansi Rakyat Peduli Trenggalek (ARPT), Organisasi Masyarakat (Ormas) Pemuda Pancasila (PP) dan elemen masyarakat Trenggalek menggelar demo tolak kenaikan BBM di depan gedung Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Trenggalek, Kamis (15/09/2022).

Massa aksi yang dikomando Mustaghfirin tiba di depan gedung DPRD pada pukul 13:06 WIB. Mereka konvoi dengan sepeda motor. Di depannya ada mobil pick-up yang menbawa sound. Ada juga mobil pick-up yang membawa gamelan.

advertisement

Tepat kedatangan massa aksi, hujan turun di Kutho Tempe Kripik. Meski demikian, masa aksi tetap melakukan orasi di depan gedung DPRD Trenggalek.

“DPR numpak mercy, Rakyate Jalan Kaki. DPR mangan sate, rakyate mangan tempe. DPR bojone ayu, rakyate ngguya-ngguyu. [DPR naik mobil mercy, rakyatnya hanya jalan kaki. DPR makan sate, rakyatnya hanya makan tempe. DPR istrinya cantik, rakyatnya hanya tersenyum],” sorak massa aksi.

Baca: Selain BBM, Warga Trenggalek Demo Tolak Perusakan Lingkungan akibat Tambak dan Tambang Emas

Mustaghfirin sampaikan aspirasi tolak kerusakan lingkungan
Mustaghfirin sampaikan aspirasi tolak kerusakan lingkungan akibat tambak udang dan tambang emas, di hadapan anggota DPRD Trenggalek/Foto: Kabar Trenggalek
advertisement

Meskipun ada pilihan untuk audiensi masuk ke gedung DPRD Trenggalek, mereka memilih untuk melakukan aksi di bawah hujan. Mereka menutupi sound sistem dan gamelan dengan terpal.

Tak peduli dengan hujan, massa aksi tetap malakukan Ritual Tiban di depan gedung DPRD Trenggalek dengan diiringi langgem jawa.

“Tiban ini memiliki makna bahwa kami rela tercabik-cabik, rela berdarah-darah demi keadilan rakyat Trenggalek,” sorak orator dengan berapi-api.

Setelah berorasi, pada pukul 13:36 WIB, tiga anggota DPRD Trenggalek menemui massa aksi di jalan karena hujan telah reda.

advertisement

Baca: Hujan Warnai Demo Tolak Kenaikan BBM di Trenggalek

Massa aksi melakukan Ritual Tiban di demo tolak kenaikan BBM
Massa aksi melakukan Ritual Tiban di demo tolak kenaikan BBM/Foto: Kabar Trenggalek

Massa aksi menuntut seluruh anggota DPRD Trenggalek untuk menemui mereka di jalan. Namun, yang bisa turun hanya 3 orang.

Masa aksi meminta agar seluruh anggota dewan ikut turun berjalan. Namun, semua anggota dewan tidak bisa menemui massa aksi di jalan karena sebagian ada yang kunjungan kerja dan melakukan rapat dengan partainya.

Massa aksi memaklumi anggota DPRD yang melakukan kunjungan kerja dan rapat di dps. Namun, mereka mewanti-wanti terhadap anggota dewan yang membolos. Karena jika anggota membolos, itu dinilai sangat tidak beretika dan kurang ajar.

Baca: DPRD Trenggalek Minim Niat Temui Massa, ARPT: Hanya Ditemui Tiga Ekor

Poster massa aksi tuntut penuntasan masalah lingkungan hidup
Poster massa aksi tuntut penuntasan masalah lingkungan hidup/Foto: Kabar Trenggalek

“Ini memang tidak ada hukum tertulis. Namun, baik tidaknya dewan rakyat yang bisa menilai,” ungkap Mustaghfirin.

Massa aksi yang terdiri dari ARPT, Ormas PP dan elemen masyarakat Trenggalek tersebut melayangkan tuntutan kepada DPRD tentang sikap mereka untuk menolak kenaikan harga BBM. Kemudian meminta sikap anggota DPR dalam menolak eksploitasi tambang emas di Trenggalek.

“Kami juga menuntut kepada DPRD Trenggalek, melaksanakan pemeriksaan dan pengusutan terhadap anggota DPRD yang telah kita duga terlibat dalam permainan tambak udang di Watulimo,” tambah Firin.

advertisement

Berita Baru

Segera Hadir! Inilah Spesifikasi Vivo V25e HP Kamera Berkemampuan Unggul

Kabar Trenggalek - Vivo V25e dipastikan hadir di Indonesia pada 3 Oktober 2022 mendatang....

Atasi Tindak Pemalsuan, Korlantas Polri Akan Terbitkan BPKB Elektronik

Kabar Trenggalek - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan segera menerbitkan Buku Pemilik Kendaraan...

Pemilik Motor 250cc Keatas Harus Membuat SIM CI dan CII, Ini Syaratnya

Kabar Trenggalek - Pemilik kendaraan bermotor roda 2 dengan kapasitas mesin 250 cc keatas...

Viral Hari ini

Biadab, 3 Warga Jadi Tersangka Pencabulan Anak di Pantai Konang, Korban Dipaksa Minum Miras

Kabar Trenggalek - Keindahan wisata tak serta merta menjadi tempat liburan. Namun, aksi kejahatan...

Berita Terkait