BerandaNewsPeristiwaPencipta lagu Apuse, Tete Mandosir Sarumi Sudah Wafat

Pencipta lagu Apuse, Tete Mandosir Sarumi Sudah Wafat

Terbit:

advertisement

Siapa yang tidak kenal dengan lagu daerah “Apuse”. Lagu tersebut biasa dinyanyikan anak negeri sejak kecil. Namun, yang jarang diketahui oleh masyarakat Indonesia adalah pencipta lagu Apuse, yakni Tete Mandosir Sarumi, Jum’at (16/09/2022).

Sayangnya, Tete Mandosir Sarumi sudah wafat. Ia kembali ke Pangkuan Sang Pencipta pada Rabu kemarin pukul 05:00 WIT di Biak Numfor Kabar duka tersebut disampaikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas dalam ciutannya pada hari Rabu (14/09/2022).

advertisement

“Selamat pulang ke peristirahatan kekal Tete Mandosir Sarumi. Sebuah nama yang kita lebih kenal dengan nama Pencipta NN untuk lagu Papua Apuse, namanya tidak dikenal bahkan di google juga tidak ada. Karyamu abadi,” cuit Kemenag Yaqut.

Dalam cuitannya tersebut, Menteri Yaqut yang juga menjadi Ketua Umum Pimpinan Gerakan Pemuda (GP) Ansor juga memposting gambar ungkapan bela sungkawa.

“Turut berduka cita. Keluarga besar Gerakan Pemuda Ansor turut berduka cita atas wafatnya Tete Mandaosir Sarumi, Pencipta lagu ‘Apuse’,” Tulis foto pada unggahan ketua umum GP Ansor tersebut.

advertisement

Lagu “Apuse” memiliki irama yang indah dan sederhana, sehingga lagu ini sering dinyanyikan dalam pelajaran kesenian di tingkat Sekolah Dasar. lagu ‘Apuse’ bercerita tentang seorang cucu yang berpamitan kepada kakek dan neneknya. Cucu tersebut berpamitan karena hendak pergi merantau yaitu ke Teluk Doreri di Manokwari.

Tete Mandosir Sarumi aslinya bermarga Sarumi dan berasal Kampung Kabuow Teluk Mondama, Provinsi Papua Barat. Melansir dari Twitter @jayapuraupdate, Tete Mandosir mengabdikan diri pada Indonesia dengan menjadi guru di Suwek Supiori sejak 1958.

Tak hanya menciptakan lagu ‘Apuse’, melansir dari Twitter @jayapuraupdate, almarhum Mandosir juga menciptakan lagu berjudul “Taman Bunga”.

advertisement

Hingga berita ini dimuat, Kabar Trenggalek masih mencari profil lengkap Tete Mandosir Sarumi.

advertisement

Berita Baru

Viral Tentara Tendang Suporter saat Tragedi Kanjuruhan, Panglima TNI: Itu Tindak Pidana

Kabar Trenggalek - Tragedi Kanjuruhan tak hanya memberikan duka bagi masyarakat Indonesia. Tapi, Tragedi...

Sempat Sebut Jumlah 174 dan 131, Emil Dardak Pastikan Ada 125 Korban Meninggal di Tragedi Kanjuruhan

Kabar Trenggalek - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, kembali menyebutkan jumlah yang...

Hujan Deras, Tiga Desa di Kecamatan Watulimo Dilanda Banjir 

Kabar Trenggalek - Hujan dengan intensitas deras di Trenggalek semalam mengakibatkan Kecamatan Watulimo Trenggalek...

Viral Hari ini

Tragedi Kanjuruhan, YLBHI Duga Gas Air Mata dari Aparat Jadi Penyebab Banyaknya Korban Jiwa

Kabar Trenggalek - Tragedi Kanjuruhan yang memberikan kabar duka, juga terus menjadi perbincangan di...

Berita Terkait