BerandaNewsWisataMengenal Desa Pandean Trenggalek, Salah Satu Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Mengenal Desa Pandean Trenggalek, Salah Satu Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Desa Pandean Trenggalek menjadi salah satu desa wisata terbaik di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan penetapan 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kemenparekraf mencatat, ada 3.419 desa wisata yang terjaring dari 34 provinsi. Setelah melalui berbagai tahapan kurasi, kemudian ditetapkan menjadi 500, 300, 100 hingga mengerucut menjadi 50 desa wisata terbaik di Indonesia.

advertisement

Penilaian ADWI 2022 akan dilaksanakan bulan Juni 2022. Menteri Parekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, pernah hadir di Desa Wisata Watukandang Pandean.

Dilansir dari laman Jadesta Kemenparekraf, Desa pandean merupakan daerah pegunungan yang berhawa sejuk, di lintasi sungai dengan kontur bebatuan yang eksotik. Desa Pandean terdiri dari 5 dusun yang masing-masing memiliki potensi alam yang menarik untuk dikunjungi.

Daftar Wisata di Desa Pandean Trenggalek yang Bisa Dinikmati Pengunjung

River Tubing

River Tubing di Desa Wisata Pandean Trenggalek
River Tubing di Desa Wisata Pandean Trenggalek/Foto: Kemenparekraf
advertisement

Salah satu potensi alam yang sangat recommended untuk didatangi adalah sungai Konang. Air yang jernih membuat orang betah berlama lama bermain air dengan sensasi jeram yang cantik.

Sepanjang jalur yang dilintasi river tubung dan river boarding ini kiri kanan terdapat batu-batu besar dikelilingi pepohan rindang, tidak jauh dari finish river tubing ada air terjun 3 tingkat untuk kegiatan canyoning. Di tengah tengah hutan asri yang sangat sejuk, wisatawan disuguhi pemandangan alami dari atas bukit.

Tabuh Lesung

Tabuh Lesung di Desa Pandean Trenggalek
Tabuh Lesung di Desa Pandean Trenggalek/Foto: Kemenparekraf

Selain pesona alamnya, Desa pandean memiliki potensi budaya yang luar biasa, yaitu Tabuh Lesung. Budaya ini sudah ada sejak zaman penjajahan hingga kini masih dilestariakan. Usia lesung kurang lebih 150 tahun. Sedangkan pemukul lesung adalah ibu-ibu lansia yang energik memainkan alunan musik ritmik.

Terbang Elo

Terbang Elo di Desa Pandean Trenggalek
Terbang Elo di Desa Pandean Trenggalek/Foto: Kemenparekraf

Ada juga musik tradisional “Terbang Elo” yang sudah langka. Musik tradisional ini dimainkan memakai alat semacam rebana, jedor, dan kendang panjang yang unik. Terbang Elo menjadi istimewa karena di mainkan oleh 8 orang laki – laki yang sudah lansia.

advertisement

Para laki-laki lansia itu memiliki alunan suara (vocal) yang melengking tinggi yang dinamakan ngelik. Tidak semua orang bisa membawakan vokal Terbang Elo, karena perlu teknik yang tinggi.

Karawitan

Karawitan di Desa Pandean Trenggalek
Karawitan di Desa Pandean Trenggalek/Foto: Kemenparekraf

Berikutnya, salah satu potensi budaya yang terus berkembang adalah seni karawitan, di sini karawitan dimainkan oleh sekelompok lansia dengan gending gending asli tempo dulu (klenengan) sehingga sangat cocok dalam suasa alam pedesaan.

Ngundat Bengkeng

Ngundat Bengkeng di Desa Pandean Trenggalek
Ngundat Bengkeng di Desa Pandean Trenggalek/Foto: Kemenparekraf

Ada lagi budaya masyarakat yang ramah ingkungan dan sangat menjaga ekosistem sungai yakni pasang atau Ngundat Bengkeng (pasang bubu) di sungai. Ikan yang beranekaragam menambah kekayaan alam desa pandean yang bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar.

Angon Wedus

Angon Wedus di Desa Pandean Trenggalek
Angon Wedus di Desa Pandean Trenggalek/Foto: Kemenparekraf

Angon wedus merupakan potensi wisata yang sangat diminati wisatawan. Alam yang indah dan rumput hijau segar yang melimpah di sepanjang aliran sungai, membuat kambing berkembang dengan baik. Sensasi nuntun dan makani wedus itulah yang membuat wisatawan enggan bergeser pulang.

Umbah-Umbah

Umbah Umbah di Desa Pandean Trenggalek
Umbah Umbah di Desa Pandean Trenggalek/Foto: Kemenparekraf

Aliran sungai yang jernih dan bebas sampah sangat representative untuk kegiatan umbah-umbah menggunakan klerak (mencuci baju pakai daun klerak) sambil bermain air (koceh).

Unduh Ceplukan dan Sayur

Unduh Ceplukan dan Sayur di Desa Pandean Trenggalek
Unduh Ceplukan dan Sayur di Desa Pandean Trenggalek/Foto: Kemenparekraf

Ada beberapa tanaman yang langka dan unik, diantaranya ceplukan dan terong telunjuk. Masing-masing memiliki manfaat bagi tubuh. Selain mendapatkan informasi dari guide, wisatawan juga disilahkan memetik buah ceplukan dan terong telunjuk secara langsung dari pohonnya.

Jelajah Desa

Jelajah Desa di Desa Pandean Trenggalek
Jelajah Desa di Desa Pandean Trenggalek/Foto: Kemenparekraf

Wisatawan akan berjalan menyusuri pematang sawah yang indah, menyeberangi sungai yang berair jernih, serta melintasi air terjun dengan 3 tingkat yang eksotis.

Hingga sampailah wisatawan di tempat perkampungan yang hanya di huni 2 keluarga. Di situ terdapat karang kitri sebagai tempat edukasi wisatawan bertahan hidup. Jelajah berakhir di persawahan yang berterasering, lalu makan siang di gubuk.

River Camp

River Camp di Desa Pandean Trenggalek
River Camp di Desa Pandean Trenggalek/Foto: Kemenparekraf

Berada di area tengah sungai (berbentuk pulau di tengah sungai) yang sejuk dan gemercik air yang jernih, wisatawan bisa bermalam di tempat tersebut dengan fasilitas tenda untuk camping juga river tubing.

Demikian profil Desa Wisata Pandean Trenggalek. Masih banyak daftar wisata lainnya yang bisa dinikmati. Penasaran dengan daftar lengkap serta tarif wisata di Desa Pandean? Silahkan baca DI SINI. Kalau ingin tahu Paket Wisata Alam Desa Pandean, cek DI SINI.

 

advertisement

Berita Baru

Tragedi Sepak Bola Indonesia, Jenazah Polisi Asal Trenggalek Belum Dipulangkan

Kabar Trenggalek - Kabar duka dampak dari tragedi sepak bola Indonesia saat pertandingan antara...

Arema Vs Persebaya Ricuh,127 Nyawa Melayang di Stadion Kanjuruhan Malang 

Kabar Trenggalek - Duka mendalam dunia sepak bola Indonesia atas insiden kericuhan saat pertandingan...

Segera Hadir! Inilah Spesifikasi Vivo V25e HP Kamera Berkemampuan Unggul

Kabar Trenggalek - Vivo V25e dipastikan hadir di Indonesia pada 3 Oktober 2022 mendatang....

Viral Hari ini

Wisata Berbasis Konservasi Alam Kedung Gede, Satu Satunya di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Tidak terlalu jauh dari kota untuk menuju Kedung Gede di Desa...

Berita Terkait