TRENDING

Kabar baik, Dinas Pendidikan Trenggalek Usulkan Seribu P3K Guru kepada Menteri

Terbit:

Kabar Trenggalek Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Trenggalek mengusulkan seribu formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) sebagai guru pada tahun ini, Jumat (22/07/2022).

Kepala Disdikpora Trenggalek, Totok Rudijanto, membenarkan bahwa jumlah formasi yang diusulkan mencapai seribu. Kini, usulan itu telah dikirim ke pemerintah pusat.

advertisement

Menurut Totok, usulan itu memiliki jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan formasi yang disusun oleh badan kepegawaian daerah (BKD).

“Kami sudah menandatangani untuk formasi 2022. Ada tambahan usulan dari 511 formasi menjadi seribu,” ujar Totok.

Totok menyampaikan, mengingat jumlah guru tidak tetap (GTT) di Kabupaten Trenggalek cukup banyak atau sejumlah 1.482 orang.

Karena itu, ketika kementerian menyetujui usulan itu, maka mayoritas GTT bisa diangkat menjadi P3K.

“Sisanya 482 orang akan masuk ke perekrutan tahun berikutnya, yakni 2023,” kata Totok.

Tak sebatas itu, lanjut Totok, ketika kementerian menyetujui usulan Pemkab Trenggalek, maka beberapa GTT guru juga bakal bisa diangkat tanpa mengikuti tes. Misalnya, para guru honorer yang lulus passing grade.

Insyaallah keluhan teman-teman K-2 dan passing grade bisa tercover semua. Yang jelas, mereka [GTT lulus passing grade] tidak perlu ikut tes. Mereka tinggal melengkapi dokumen administrasi,” tambahnya.

advertisement

Menyinggung guru honorer yang diangkat P3K, Totok menyebutkan tren pada tahun-tahun sebelumnya, jumlah guru honorer yang telah diangkat mencapai 546 orang. Mereka dilantik dalam dua tahap, pertama sebanyak 370 orang dan tahap kedua ada 176 orang.

Di sisi lain, Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Trenggalek Sukarodin, mendorong Pemkab Trenggalek untuk memperhatikan nasib para guru honorer di Kabupaten Trenggalek, karena besaran honor mereka jauh dari kata layak.

“Nasib yang lulus passing grade 116 kayak itu apa. Kemudian K-2. Kita ini masih ada 19 orang, insyaallah aman,” ucap Totok.

advertisement

TERBARU

Otak Atik Tekan Inflasi di Trenggalek, Pasar Murah dan Bansos Jadi Andalan

Kabar Trenggalek - Pasca kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) harus berpikir...

Pohon Tumbang Trenggalek, Jalan Kecamatan Bendungan Tertutup

Kabar Trenggalek - Kabupaten Trenggalek akhir-akhir ini sering terjadi bencana. Seperti angin kencang yang...

Pendidikan Trenggalek 2022: Mayoritas Masyarakat Lulusan SD

Kabar Trenggalek - Trenggalek yang terkenal dengan Kota Alen-Alen ini masih menyisakan perihal tingkatan...

TOPIK TERKAIT