TRENDING

Bangunan Sekolah Ambruk dan Rawan Longsor, Pelajar Kampak Ngungsi di Bekas Pasar

Terbit:

Kabar Trenggalek Pelajar di Kecamatan Kampak harus sabar diri dengan kondisi sarana gedung yang mengancam keselamatannya, Senin (27/06/2022).

Sebelumnya, pada Jumat (24/06/2022), terjadi tanah longsor di Sekolah Dasar – Sekolah Menengah Pertama (SD-SMP) Satu Atap 1, di Dusun Suwaru, Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek.

advertisement

Gedung sekolah yang menjadi saksi saat pembelajaran berlangsung ambruk karena tanah longsor dan gedung lainnya juga rawan longsor. Hal demikian membuat was was dan harus mengungsi di tempat yang aman untuk belajar.

Sunarya, Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdikpora Kabupaten Trenggalek, mengatakan bahwa untuk sementra siswa dalam kegiatan mengajar akan dipindahkan ke bangunan bekas pasar setempat.

“Pihak desa memberi kesempatan anak-anak untuk sekolah di bangunan desa yang tidak digunakan lagi. Yang semula digunakan untuk pasar,” jelasnya.

Bangunan sekolah di Trenggalek roboh
Bangunan sekolah di Trenggalek roboh/Foto: Polsek Kampak

Lokasi bangunan bekas pasar itu tak jauh dari lokasi SD-SMP 1 Atap kampak. Sekitar kurang lebih 100 meter dari lokasi sekolah.

“Nati akan kami kasih sekat-sekat untuk giat belajar siswa di sana,” katanya.

Sunarya menuturkan para siswa saat ini masih libur semester. Jadi, para siswa kemungkinan akan menempati lokasi pembelajaran di area pasar telah masuk sekolah.

Kepala SD-SMP Satap 1 Kampak, Iksanto menjelaskan ada lima kelas yang rawan terdampak longsor. Kelas-kelas itu adalah kelas 1, kelas 2, kelas 3, kelas 4 A, dan kelas 4B.

advertisement

Ada juga beberapa bangunan yang rawan. Seperti perpustakaan dan ruang guru. Para guru dan tenaga kependidikan di sekolah itu telah mengamankan barang-barang elektronik yang di ruang tersebut.

“Seperti komputer kami pindahkan ke tempat yang lain, dan sementara untuk ruang guru masih tetap sama walau agak sedikit berbahaya,” ujarnya.

advertisement

TERBARU

Hujan Sehari di Trenggalek, Jalan Tutup Total dan Rumah Rusak Dihantam Tanah Longsor

Kabar Trenggalek - Kabupaten Trenggalek terus dilanda berbagai peristiwa bencana alam. Salah satunya tanah...

Siap-Siap, Ini Jadwal Pemadaman Listrik Trenggalek Besok di 11 Desa

Kabar Trenggalek - Perusahaan Listrik Negara (PLN), Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Trenggalek akan...

Otak Atik Tekan Inflasi di Trenggalek, Pasar Murah dan Bansos Jadi Andalan

Kabar Trenggalek - Pasca kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) harus berpikir...

TOPIK TERKAIT