TRENDING

Antisipasi PMK di Trenggalek, Disnak: Kandang Harus Semprot Disinfektan

Terbit:

Kabar TrenggalekPenyakit Mulut dan Kuku atau PMK di Trenggalek terus menyebar. Oleh karena itu penyebaran PMK pada hewan ternak harus dilakukan seluruh pihak, tak terkecuali masyarakat awam, Minggu (12/06/2022).

Kendati dalam uji klinis belum ditemukan kasus yang menular ke manusia, tetapi dampak yang didapat akan luar biasa dari segi ekonomi.

advertisement

Apalagi sejauh ini belum ditemukan penyebab PMK, tetapi penyebaran ke hewan lain begitu cepat.

Sebab, virus penyebab PMK tersebut bisa menyebar melalui udara hingga benda mati yang pernah kena hewan terjangkit PMK. Karena itu, langkah antisipasi harus segera dilakukan.

“Perlakuan untuk meminimalisir penyebaran PMK ini mirip penanganan Covid-19, yaitu yang terkena harus dikarantina dan yang belum terkena harus ditingkatkan imunnya,” ungkap Plt Kepala Disnak Trenggalek Nur Kholik.

Berdasarkan penelitian, Kholik mengungkapkan meskipun virus menempel di benda mati, tetapi virus penyebab PMK bisa hidup lama.

“Dari situ bisa dengan mudah menular ke hewan ternak lainnya,” paparnya.

Karena itu, penting sekiranya bagi para peternak selalu menjaga kebersihan kandangnya, juga kendaraan yang biasanya digunakan untuk mengangkut ternak.

“Sangat penting dilakukan desinfeksi terhadap kandang atau peralatan lain yang biasanya digunakan untuk mengangkut, mengikat, dan sebagainya,” katanya.

advertisement

Hal tersebut diakui oleh Kasi Humas Polres Trenggalek, Iptu Suswanto. Dia menambahkan bahwa dalam penanganan PMK tidak sebatas pengecekan kesehatan hewan ternak maupun sosialisasi secara masif semata.

Dalam hal ini, polisi juga turun tangan bersama masyarakat dan kelompok peternak guna melakukan penyemprotan desinfektan pada kandang hewan ternak.

“Jadi dalam proses penanganan ini kami melibatkan seluruh personel sesuai dengan tupoksi,” imbuhnya.

advertisement

TERBARU

Otak Atik Tekan Inflasi di Trenggalek, Pasar Murah dan Bansos Jadi Andalan

Kabar Trenggalek - Pasca kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) harus berpikir...

Pohon Tumbang Trenggalek, Jalan Kecamatan Bendungan Tertutup

Kabar Trenggalek - Kabupaten Trenggalek akhir-akhir ini sering terjadi bencana. Seperti angin kencang yang...

Pendidikan Trenggalek 2022: Mayoritas Masyarakat Lulusan SD

Kabar Trenggalek - Trenggalek yang terkenal dengan Kota Alen-Alen ini masih menyisakan perihal tingkatan...

TOPIK TERKAIT