BerandaNewsTeknologiSembilan Rahasia Google Chrome di Android yang Jarang Diketahui

Sembilan Rahasia Google Chrome di Android yang Jarang Diketahui

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Google Chrome merupakan aplikasi pencarian (browser) yang dipakai untuk berselancar di internet. Aplikasi besutan Google ini secara otomatis terinstal di dalam smartphone android.

Google Chrome terinstal bersama aplikasi google lainnya seperti Gmail, Google Foto, Google Drive, dan lain lain. Jadi, ketika anda membeli smartphone Android, paket bundle ini juga menjadi bagian.

advertisement

Meskipun telah terinstal di dalam smartphone, tidak semua vendor menjadikan browser ini sebagai aplikasi defaultnya. Ketika anda mendapatkan link internet melalaui pesan WhatsApp dan membukanya, tidak semua smartphone secara otomatis membuka Google Chrome, melainkan aplikasi browser lainnya. Misal, jika anda memakai handphone merk Xiaomi, maka link tersebut akan terbuka di Mi Browser.

Supaya bisa menggunakan aplikasi Google Chrome sebagai aplikasi bawaan, pengguna harus mengaturnya menjadi browser default terlebih dahulu.

Bagi pengguna Xiaomi, bisa menemukan pengaturan ini di menu Setelan lalu ke aplikasi, lalu ke tab kelola aplikasi kemudian tekan titik tiga pojok kanan atas dan pilih aplikasi awal. Di dalam tab ini silakan ganti browser menjadi Google Chrome.

advertisement

Berbicara lebih lanjut mengenai google chrome, aplikasi ini tersedia di platform operating system seperti Windows, Mac OS, Android, Windows Phone dan banyak lainnya.

Sehingga, kita bisa mengintegrasikan penggunaan akun ke berbagai gadget yang kita miliki. Misalnya anda menggunakan Google Chrome di smartphone, anda juga bisa mensinkronisasikannya ke laptop Windows. Semua itu bisa dilakukan jika anda login menggunakan 1 akun Google.

Google Chrome memiliki banyak fungsi, bukan hanya untuk mencari informasi di internet saja, tapi lebih banyak dari itu. Namun jarang-jarang pengguna mengetahu berbagai fungsi ini.

Oleh karena itu, kabartrenggalek.com merangkum beberapa fungsi Google Chrome yang bisa digunakaan pengguna, di antaranya:

1. Menjadi Alat Terjemah Paling Mudah

advertisement

Misalnya ketika pengguna berselancar di internet untuk mencari informasi tertentu, namun artikel yang tersedia berbahasa asing. Tidak perlu membuka google translate karena Google Chrome telah terintregasi dengan Google Translate.

Apabila kita menggunakan chrome di android, setelah membuka artikel berbahasa asing, silakan tekan tombol titik tiga di sebalah kanan atas, lalu pilih terjemahkan. Google Chrome akan mendeteksi bahasa artikel menjadi bahasa yang kita pakai.

Tidak perlu kawatir dengan kualitas terjemahan Google, meski belum sempurna, namun pihak Google terus melakukan perbaikan dari waktu ke waktu. Paling tidak, artikel yang telah diterjemahkan tersebut tidak susah untuk dipahami.

2. Semua Konten Favorit Dapat Diakses dengan Satu Tab

Chrome tidak hanya cepat untuk Google Penelusuran, namun juga dirancang agar Anda dapat mengakses semua konten favorit dengan sekali tab.

Anda bisa menge-tab situs berita atau media sosial favorit langsung dari halaman tab baru. Google Chrome juga dilengkapi dengan fitur “Tab untuk Menelusuri” di halaman mana pun. Anda bisa menge-tab kata atau frasa apa pun untuk memulai penelusuran Google sambil membuka halaman yang sedang dibaca.

3. Mendownload Dan Melihat Secara Offline

Chrome memiliki tombol download khusus, sehingga video, gambar, dan seluruh halaman dapat didownload dengan mudah hanya dengan sekali tab.

Chrome juga memiliki Beranda Download tepat di dalam Google Chrome, sehingga Anda dapat mengakses semua konten yang sudah didownload, bahkan saat offline.

4. Lindungi ponsel Anda dengan fitur Google Safe Browsing

Chrome telah dilengkapi dengan Google Safe Browsing. Fitur ini menjaga keamanan ponsel dengan menampilkan peringatan saat Anda akan membuka situs berbahaya atau mendownload file berbahaya.

5. Menggunakan Mode Handsfree

Google Chrome memiliki fitur yang memungkinkan Anda berbicara dengan browser. Gunakan penelusuran suara Google untuk mendapatkan jawaban kapan saja di mana saja tanpa mengetik. Anda dapat bernavigasi dan mengakses internet lebih cepat menggunakan suara di mana saja kapan saja.

6. Menerjemahkan Teks di Layar

Chrome telah dilengkapi dengan Google Terjemahan. Google Chrome akan menerjemahkan seluruh halaman ke dalam bahasa Anda dengan sekali tab.

7. Saran yang Dipersonalisasi dengan Baik

Chrome memberikan pengalaman yang disesuaikan dengan minat Anda. Di halaman tab baru, Anda akan menemukan artikel yang dipilih Google Chrome berdasarkan riwayat akses Anda sebelumnya. Saat mengetik di kolom pencarian Google, Google Chrome dapat otomatis melengkapi link situs atau menyarankan kueri untuk menghemat waktu Anda.

8. Menjaga Privasi

Gunakan mode rahasia “Tab Samaran Baru” untuk mengakses internet tanpa menyimpan riwayat.

9. Sinkronisasi di Seluruh Perangkat

Bookmark, sandi, dan setelan Anda akan otomatis disinkronkan di semua perangkat ketika login ke Google Chrome. Anda dapat mengakses semua informasi dari ponsel, tablet, atau laptop dengan lancar.

advertisement

Berita Baru

Tanah Longsor Hampir Menimpa Rumah Warga di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Tanah longsor kembali terjadi di Trenggalek. Tepatnya, tanah longsor itu di...

Adu Kesaktian Bawaslu Lawan KPU Trenggalek, 2 Tuntutan Dikabulkan 

Kabar Trenggalek - Adu kesaktian antara lembaga penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) di Trenggalek mencapai...

Gerakkan Roda Ekonomi, Novita Hardini Ajak Perempuan Trenggalek Jualan Sabun Momie

Kabar Trenggalek - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini, mengadakan kegiatan Workshop...

Viral Hari ini

Spoiler One Piece 1059: Pertempuran Besar di Pulau Amazon Lily

Kabar Trenggalek - Setelah di One Piece chapter yang lalu kita disuguhi dengan bounty...

Berita Terkait