TRENDING

Flu Singapura: Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Terbit:

Kabar TrenggalekFlu Singapura adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dari genus Enterovirus. Gejala penyakit ini ditandai dengan munculnya sariawan pada mulut dan luka melepuh pada kulit.

Flu Singapura atau Hand, Foot and Mouth Disease (HFMD) ini masuk dalam kategori penyakit yang sangat menular dan umumnya menyerang anak umur 5 – 10 tahun. Walaupun sering menyerang anak-anak tapi orang dewasa juga dapat tertular.

Gejala Flu Singapura

advertisement

Gejala awal penyakit ini biasanya muncul 3 sampai 6 hari setelah terpapar virus ini. Gejala yang akan dialami oleh penderita biasanya berupaĀ  demam atau sakit tenggorokan, setelah itu biasanya akan muncul sariawan, ruam serta lepuh pada kulit (ruam serta lepuh dapat muncul di telapak tangan, telapak kaki dan pada bokong).

Selain hal di atas, penderita juga bisa merasakan gejala lain seperti hilang nafsu makan, nyeri perut hingga batuk-batuk.

Penyebab Flu Singapura

Flu Singapura disebabkan oleh infeksiĀ Coxsackievirus A16Ā danĀ Coxsackievirus A6, yaitu jenis virus yang termasuk kelompokĀ Enterovirus.

Virus penyebab flu Singapura biasanya hidup di habitat seperti pada cairan hidung dan tenggorokan, air liur, tinja, serta cairan yang ada pada kulit melepuh.

Penderita flu singapura dapat menularkan penyakit ini kepada orang lain melalui beberapa cara berikut ini:

  • Menggunakan alat makan dan minum yang sama
  • Melalui percikan liur yang keluar saat bersin atau batuk
  • Bersentuhan kulit

Cara Mengobati Flu Singapura

Sampai dengan saat ini, sebagian kasus Flu Singapura tidak membutuhkan pengobatan khusus dari dokter. Umumnya penyakit ini akan mereda setelah 7 atau 10 hari.

Walaupun belum ada obat yang benar-benar spesifik, Anda bisa mengurangi gejala-gejala yang diakibatkan penyakit ini serta untuk membantu proses pemulihan dengan mengkonsumsi sejumlah obat berikut:

  • ParacetamolĀ atau ibuprofen, untuk meredakan demam dan mengurangi rasa nyeri
  • Salep kulit, untuk mengurangi keluhan pada kulit, termasuk ruam, lepuh, dan gatal di kulit
  • Tablet isap, untuk mengurangi nyeri tenggorokan

Pencegahan Flu Singapura

advertisement

Flu Singapura dapat menular dimana saja, terutama tempat-tempat seperti sekolah, asrama, pengungsian hingga penitipan anak.

Dikarenakan penyakit ini juga belum ada obatnya, maka tindakan pencegahan merupakan cara terbaik yang bisa kita lakukan saat ini.

Upaya untuk mencegah infeksi Flu Singapura bisa dilakukan melalui hal-hal sederhana seperti tidak membuang ludah dan menyentuh mulut dan mata sembarangan, menutup hidung dan juga mulut saat batuk dan bersin, serta membersihkan tangan menggunakan sabun setelah menyentuh benda-benda kotor.

advertisement

TERBARU

Jadwal Pelayanan dan Syarat Membuat SKCK Online di Polres Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kepolisian Resor (Polres) Trenggalek mengumumkan informasi pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian...

Apresiasi Daya Saing Digital Daerah, Trenggalek Raih Perhargaan EV-DCI 2022 Tingkat Nasional

Kabar Trenggalek - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek meraih penghargaan tingkat nasional. Penghargaan itu diberikan...

Demi BBM Subsidi Nelayan Trenggalek, 500 Surat Rekom Masuk Tiap BulanĀ 

Kabar Trenggalek - Nelayan Trenggalek tak perlu bingung untuk mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM)...

TOPIK TERKAIT