BerandaGaya HidupCara Mendapatkan Uang dari YouTube Shorts untuk Pemula

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Shorts untuk Pemula

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Pada Agustus 2021 silam, pihak YouTube meluncurkan program baru YouTube Shorts untuk menandingi aplikasi tiktok yang semakin marak digunakan masyarakat, Sabtu (05/02/2022).

YouTube semakin gencar menggaet lebih banyak kreator untuk menggunakan fitur YouTube Shorts. Sebuah fitur video pendek yang mirip dengan TikTok dan Reels Instagram.

advertisement

Salah satu caranya adalah dengan memberi iming-iming imbalan atau gaji dengan nilai total 100 juta dollar AS atau setara Rp 1,43 triliun, melalui program bernama Shorts Fund.

Baca juga: Cara Mendapatkan YouTube Creator Awards

Imbalan ini disediakan secara khusus untuk kreator YouTube Short yang menghasilkan video paling menarik dan paling banyak dilihat selama tahun 2021 hingga 2022.

advertisement

Dilansir dari situs resmi YouTube, mulai bulan Agustus 2021, kreator Shorts yang berasal dari 10 negara akan mulai menerima bayaran gaji yang berkisar antara 100 hingga 10.000 dollar AS setiap bulan. Atau setara dengan Rp. 1,4 juta hingga Rp. 143,9 juta.

Sepuluh negara yang disasar bisa mendapatkan Bonus YouTube Short adalah mereka yang berasal dari Indonesia, Amerika Serikat, India, Brasil, Jepang, Inggris Raya, Meksiko, Nigeria, Rusia, dan Afrika Selatan. Dan akan segera disusul oleh negara-negara lainnya.

Baca juga: Cara Mudah Nonton YouTube Tanpa Iklan, Resmi

YouTube akan mengirimkan notifikasi kepada ribuan kreator untuk menerima imbalan uang tersebut dari program Shorts Fund.

advertisement

Selanjutnya, para kreator bisa segera mengklaim imbalan itu sebelum tenggat waktu yang ditentukan, atau imbalan akan hangus.

Syarat Kreator YouTube Short mendapatkan uang lebih mudah dari beberapa kategori yaitu:

  1. Kreator harus membuat video Shorts yang otentik, alias bukan merupakan konten daur ulang yang sudah sempat diunggah di media sosial lain atau bahkan memiliki watermark dari media sosial lain.
  2. Kreator harus sudah berusia minimal 13 tahun.
  3. Kreator juga harus menerima seluruh ketentuan dari YouTube dan menautkan akun AdSense milik mereka. Karena bonus akan dikirimkan langsung melalui akun tersebut. Bagi kreator yang berusia 13 hingga 18 tahun juga harus meminta orang tua atau wali untuk menyiapkan akun AdSense.
  4. Channel YouTube milik kreator juga harus memiliki minimal satu video Shorts dalam 180 hari terakhir. Video Shorts tersebut tentunya harus sesuai dengan Pedoman Komunitas, aturan hak cipta, serta kebijakan monetisasi yang berlaku di YouTube.

Dengan peluncuran program Shorts Fund ini, YouTube mencatat bahwa saat ini ada 10 cara kreator YouTube Shorts menghasilkan uang di platformnya. Caranya yaitu:

  1. Iklan.
  2. Bagi hasil langganan YouTube Premium.
  3. Langganan saluran (channel membership).
  4. Super Chat.
  5. Super Thanks.
  6. Super Stickers.
  7. Merchandise8.
  8. Tiket.
  9. YouTube BrandConnect.
advertisement

Berita Baru

Hari Jadi Jawa Timur ke-77, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Melintasi Trenggalek

Kabar Trenggalek - Panji lambang Provinsi Jawa Timur dikirab melintasi 38 kabupaten/kota di Jawa...

5 Headset Affordable Terbaik untuk Desainer

Kabar Trenggalek - Bekerja sebagai desainer sangat membutuhkan fokus dan suasana yang nyaman. Biasanya...

Waduh, Wakil Ketua DPRD Kota Depok Memaki dan Memaksa Sopir Truk Push Up, Mahfud MD Beri Komentar

Kabar Trenggalek - Waduh, Wakil Ketua DPRD Kota Depok Memaki dan Memaksa Sopir Truk...

Viral Hari ini

5 Anime Fall Season 2022 yang Layak dan Wajib Ditonton

Kabar Trenggalek - Musim baru Anime Fall Season 2022 telah tiba dan selamat tinggal...

Berita Terkait