BerandaNewsPendidikanGuru dan Pelajar Trenggalek Keluhkan Gagalnya Simulasi ANBK 2021

Guru dan Pelajar Trenggalek Keluhkan Gagalnya Simulasi ANBK 2021

Terbit:

advertisement

Kabar TrenggalekGuru dan pelajar Trenggalek keluhkan gagalnya simulasi ANBK 2021. Di tengah pandemi yang masih berisiko tinggi terjadi penularan Covid-19, sekolah harus mengumpulkan siswanya untuk masuk sekolah mengikuti simulasi asesmen nasional secara daring berbasis komputer ini, Kamis (02/09).

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

advertisement

Guru dan Pelajar Trenggalek Keluhkan Gagalnya Simulasi ANBK 2021 2

Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar mengajar. Kualitas belajar mengajar ini yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.

advertisement

Hasil informasi Asesmen Nasional digunakan untuk dua hal. Pertama, memantau perkembangan mutu dari waktu ke waktu. Kedua, memantau kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan. Misalnya kesenjangan antar kelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu.

Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid.

Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

Sementara itu dokumen yang didapatkan kabartrenggalek.com pada website simulasi ANBK terjadi kendala dengan keterangan Migrasi sistem ANBK. Pengumuman tersebut diunggah pada tanggal (02/09/2021) pukul 08.26 WIB.

advertisement

IMG 20210902 WA0006

Guru dan Pelajar Trenggalek Keluhkan Gagalnya Simulasi ANBK 2021 3

Sekolah juga minta siswa calon peserta ANBK membawa laptop. Di tengah menunggu pelaksanaan ANBK ini, mendadak ada pengumuman bahwa ada perubahan sistem jaringan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Pendidikan Tinggi.

“Kasihan anak-anak, mereka sudah telanjur fokus ikut ANBK, eh enggak jadi,” kata seorang guru yang enggan disebutkan identitasnya.

Sementara itu kabartrenggalek.com sudah berusaha menghubungi Dinas Pendidikan dan Pemuda dan Orahraga, namun belum mendapatkan jawaban.

advertisement

Berita Baru

Pemilik Motor 250cc Keatas Harus Membuat SIM CI dan CII, Ini Syaratnya

Kabar Trenggalek - Pemilik kendaraan bermotor roda 2 dengan kapasitas mesin 250 cc keatas...

Polisi Sikat Tujuh Tersangka Pelaku Kejahatan di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kepolisian Resor (Polres) Trenggalek menggelar operasi Sikat Semeru 2022. Dalam operasi...

Pernikahan Dini di Trenggalek Tinggi, Pemerintah Kelabakan Cari Solusi

Kabar Trenggalek - Angka pernikahan dini di Trenggalek tak lain sama dengan jargon 'Meroket',...

Viral Hari ini

Download Video TikTok Tanpa Watermark dengan SSSTikTok, Mudah Tanpa Ribet

Kabar Trenggalek - Aplikasi media sosial (medsos) terbaru seperti TikTok membuat masyarakat banyak menyebar...

Berita Terkait