BerandaNewsTeknologiWhatsApp Segera Rilis Fitur Transkrip Pesan Suara Menjadi Teks

WhatsApp Segera Rilis Fitur Transkrip Pesan Suara Menjadi Teks

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek – Kabar terbaru datang dari aplikasi pesan instan WhatsApp. Menurut informasi, WhatsApp sedang mempersiapkan fitur baru yang akan segera mereka rilis, fitur ini berupa kemampuan transkrip untuk pesan suara (voice note) di WhatsApp versi iOS.

Menurut informasi yang kami dapat dari WABetaInfo, menggunakan fitur transkrip ini, pesan suara dapat diubah menjadi teks, sehingga pengguna dapat mengetahui isi pesan suara tanpa memutarnya terlebih dahulu.

advertisement

Fitur voice note memang sangat berguna, terutama untuk pengguna yang mobilitasnya tinggi dan tidak memungkinkan untuk membuat pesan tertulis.

Namun di sisi lain, si penerima voice note juga bisa saja sedang dalam kondisi tidak bisa mendengarkan pesan suara tersebut.

Contohnya, saat kita mengirim pesan suara, penerima sedang berada di tempat yang cukup ramai. Menggunakan fitur transkrip voice note ini pastilah sangat membantu.

advertisement

Fitur transkrip voice note yang sedang disiapkan ini sifatnya opsional. Artinya pengguna bisa memilih untuk menggunakannya atau tidak.

Jika melihat sebuah gambar yang kami dapat dari WABetaInfo, bila memilih untuk mengaktifkannya, pengguna harus memberikan izin WhatsApp untuk mengakses fitur Speech Recognition.

fitur-transkrip-voice-note-whatsapp
Tangkapan layar yang menunjukan fitur transkrip voice note WhatsApp | Foto : WABetaInfo

Dari gambar tersebut bisa dilihat informasi, bahwa data suara yang diterima dari WhatsApp ini akan dikirimkan ke server Apple, untuk proses transkrip.

Pengguna akan diberikan opsi “OK” untuk melanjutkan transkrip pesan suara, atau “Don’t Allow” bila tak ingin mengaktifkannya.

advertisement

Apabila pengguna memilih opsi “OK”, maka pengguna akan diarahkan ke jendela “transkrip”. Di situ, pengguna bisa melihat hasil transkrip dari voice note miliknya berdasarkan stempel waktu.

fitur-transkrip-voicenote-whatsapp
Tangkapan layar yang menunjukan fitur transkrip voice note WhatsApp | Foto : WABetaInfo

Stempel waktu itu juga berguna bila pengguna ingin lompat ke isi pesan suara tertentu saja pada voice note, sehingga tak perlu mendengarkan voice note dari awal.

Saat pesan pertama kali pesan suara di transkrip, teks hasil transkrip akan disimpan di database WhatsApp, sehingga pengguna tidak perlu melakukan transkrip ulang saat ingin melihatnya lagi di waktu lain.

Pihak WhatsApp menyatakan bahwa, fitur transkrip pesan suara ini dilindungi oleh sistem keamanan enkripsi peer-to-peer (E2EE). Sederhananya pesan akan dilindungi dan tidak dapat di lihat oleh pihak lain, kecuali pengirim dan penerima.

Sampai dengan artikel ini naik tayang, belum ada informasi resmi kapan fitur ini akan tersedia untuk pengguna WhatsApp iOS. Belum ketahui pula, apakah fitur transkripsi voice note ini juga akan hadir di WhatsApp Android atau tidak.

advertisement

Berita Baru

Duka Tragedi Kanjuruhan, Korban Meninggal Jadi 131 Orang

Kabar Trenggalek - Kabar duka menghampiri seluruh masyarakat Indonesia. Pasca pertandingan Arema Vs Persebaya...

Tragedi Stadion Kanjuruhan, Jokowi Layangkan Tiga Tuntutan 

Kabar Trenggalek - Tragedi Stadion Kanjuruhan yang melangsungkan pertandingan sepak bola BRI Liga 1...

Tragedi Stadion Kanjuruhan, Presiden Arema FC Juragan 99 Angkat Bicara 

Kabar Trenggalek - Insiden merenggut nyawa dunia sepak bola Indonesia mendapatkan perhatian khusus dari...

Viral Hari ini

Wisata Berbasis Konservasi Alam Kedung Gede, Satu Satunya di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Tidak terlalu jauh dari kota untuk menuju Kedung Gede di Desa...

Berita Terkait