Tabung Gas Bocor Meledak, 4 Warga Trenggalek Jadi Korban

tabung-gas-bocor-meledak-4-warga-trenggalek-jadi-korban

Kompor Gas Meledak warga trenggalek jadi korban/Foto: Dok Damkar

Nasib nahas menimpa warga Trenggalek. Karena tertimpa musibah kebakaran. Peristiwa amukan si jago merah tersebut terjadi di RT 01 RW 01 Desa Pule, Kecamatan Pule, Senin (10/06/2024).

Peristiwa kebakaran rumah milik Mujan itu bermula karena kebocoran gas elpiji. Kemudian, terjadilah ledakan dan mengakibatkan dapur kebakar.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Habib Solehudin menerangkan, 18.35 WIB, Damkar Trenggalek menerima aduan kebakaran.

“Kebakaran bermula Tutik (49) akan menyalakan kompor untuk memanaskan sayur. Bersamaan dengan memasak air di tungku kayu yang bersebelahan dengan tabung gas,” ungkapnya.

Diduga tabung gas sudah bocor dan memenuhi ruangan, saat menyalakan pemantik kompor langsung terjadi ledakan di area dapur dan api menyambar area dapur yang mudah terbakar.

“Dalam kebakaran tersebut menyebabkan orang yang berada di rumah mengalami luka-luka. Ada 4 orang, tiga lainnya di rawat ke RSUD dr.Soedomo, satu orang di Puskesmas Pule,” tegas Habib.

Korban yang dirujuk ke RSUD dr. Soedomo di antaranya adalah Andik (30) dengan luka bakar hampir 63 persen. Kemudian Mala (28) luka bakar 55 persen.

Kemudian Anak Gina (6) juga mengalami luka bakar 54 persen di tubuhnya. Kemudian yang dirawat Puskesmas Pule Tutik (49) dengan kondisi luka bakar 22 persen.

“Kerugian material mencapai 5 juta. Kemudian penyebab kebakaran karena ada kelalaian kebocoran gas,” tegas Habib.

Dalam proses pemadam kebakaran tersebut sebanyak 9 personil Damkar Trenggalek diterjunkan. Salah satu kendala yaitu jarak tempuh dari Kantor damkar ke Pule.

“Akhirnya karena jarak tempuh tersebut api bisa dipadamkan oleh warga menggunakan peralatan seadanya,” ujarnya.

Exit mobile version