Ragam Manfaat Pupuk Organik Bikinan Warga Trenggalek, Bisa Suburkan Tanah

ragam manfaat pupuk organik bikinan warga trenggalek bisa su

Gapoktan Sedono Makmur Trenggalek kecanduan pupuk organik/Foto: Zamz (Kabar Trenggalek)

Penggunaan pupuk organik di Trenggalek memiliki tren yang cukup baik. Hasil panen melimpah menjadi salah satu para petani terpikat dengan keberadaan pupuk organik ciptaan Gapoktan Sedono Makmur.

Gapoktan Sedono Makmur berada di Desa Wonoanti, Kecamatan Gandusari. Gapoktan tersebut dalam membuat pupuk dibagikan kepada kelompok. Pada tahun 2024 sebanyak 25 hektar lahan petani sudah menggunakan.

Petani Milenial yang juga tergabung dalam Gapoktan Sedono Makmur Azwar Rahmatullah membeberkan bahwa pupuk organik memiliki banyak manfaat. Manfaat utamanya bisa menyuburkan tanah.

Manfaat pertama yaitu ramah lingkungan,
tidak merusak struktur tanah atau menyebabkan penumpukan residu kimia berbahaya, sehingga membantu menjaga kesuburan tanah dalam jangka panjang.

“Mengurangi risiko pencemaran air tanah dan sumber air permukaan yang sering diakibatkan oleh penggunaan pupuk kimia,” katanya.

Selanjutnya bisa meningkatkan kesuburan tanah karena POC mengandung bahan organik yang mendukung pertumbuhan mikroorganisme tanah yang penting untuk keseimbangan ekosistem tanah.

Kemudian Membantu memperbaiki struktur tanah, meningkatkan aerasi, dan kemampuan tanah untuk menyimpan air.

“Pupuk organik juga memiliki ketersediaan nutrisi yang seimbang, karena POC mengandung berbagai makro dan mikro nutrisi yang dibutuhkan tanaman, yang sering kali tidak lengkap dalam pupuk kimia,” detailnya.

Nutrisi dalam POC dilepaskan secara bertahap, memungkinkan tanaman menyerap nutrisi secara efisien sesuai kebutuhan.

Lanjut Azwar untuk membuat pupuk organik memiliki biaya produksi lebih rendah. Karena terbuat dari bahan lokal. POC dapat diproduksi menggunakan bahan-bahan lokal seperti sisa tanaman, kotoran hewan, dan limbah organik lainnya, yang biasanya lebih murah dibandingkan pupuk kimia.

“Pembuatannya juga bisa mandiri. Petani dapat membuat POC sendiri, mengurangi ketergantungan pada produk komersial dan biaya pembelian pupuk,” tegasnya.

Yang paling penting dapat mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia. Penggunaan POC mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia yang harganya fluktuatif dan sering mengalami kelangkaan.

Menggunakan POC mendukung praktik pertanian berkelanjutan yang lebih aman dan sehat untuk petani dan konsumen.

“Pupuk organik tersebut mampu meningkatkan kesehatan tanaman. Tanaman yang diberi POC cenderung lebih kuat dan tahan terhadap penyakit, karena tanah yang sehat menghasilkan tanaman yang lebih sehat,” tandasnya.

Lebih lanjut POC dapat meningkatkan pertumbuhan akar dan perkembangan tanaman secara keseluruhan, yang pada akhirnya meningkatkan hasil panen.

Selain itu juga bisa mengurangi emisi gas rumah kaca. Produksi POC biasanya menghasilkan emisi gas rumah kaca yang lebih rendah dibandingkan produksi pupuk kimia.

Katanya pembuatan POC membantu mengelola limbah organik secara efektif, mengurangi emisi metana dari pembusukan limbah organik.

“POC dapat meningkatkan produktivitas tanaman dengan menyediakan nutrisi yang cukup dan mendukung kesehatan tanah. Tanaman yang sehat cenderung menghasilkan produk pertanian dengan kualitas yang lebih baik, baik dari segi ukuran, rasa, maupun kandungan nutrisinya,” tandas Azwar.

Exit mobile version