Delegasi Asia Kunjungi Trenggalek, Belajar Transportasi dan Perlindungan Lingkungan

delegasi-asia-kunjungi-trenggalek-belajar-transportasi-dan-perlindungan-lingkungan

Mas Ipin sambut Delegasi Asia kunjungi Trenggalek/Foto: Dokpim

Delegasi Asia kunjungi Trenggalek untuk belajar transportasi dan perlindungan lingkungan. Delegasi itu dari Council of Asian Liberal and Democrats (CALD), yang beranggotakan walikota dan partai politik di negara Asia, Jumat (07/06/2024).

Kedatangan delegasi dari luar negeri itu disambut oleh Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin) di Hutan Kota Trenggalek. Mereka berbagi pengalaman dan sharing ide terkait mobility dan transportasi di Kabupaten Trenggalek.

“Ya mereka ke sini untuk berbagi lesson learn pengalaman, ada beberapa walikota contoh dari San Mateo Filipina terus kemudian juga beberapa partai politik dari Thailand terus kemudian expert engineering,” ujar Mas Ipin.

Dalam penyambutannya, mereka langsung diajak oleh Mas Ipin mengelilingi area perkotaan Trenggalek menggunakan sepeda. Beberapa titik yang dikunjungi adalah Hutan Kota, Pendapa, Alun-alun, hingga Pasar Pon yang kini juga menjadi titik pusat mobility hub di Kabupaten Trenggalek.

Di Hutan Kota, delegasi CALD diajak melihat bagaimana upaya Trenggalek dalam menjaga kelestarian lingkungan di area perkotaan. Selanjutnya mereka juga diajak untuk mencoba langsung transportasi mobility hub yang rencananya akan terhubung langsung dari Pasar Pon menuju lokasi wisata di kawasan Prigi 360.

“Satu mereka juga cari ide kemudian kedua mereka juga akan memberikan masukan ke kita kira-kira kota yang inklusif kota yang mempromote mobilitas untuk masyarakatnya yang baik itu seperti apa. Jadi kita temanya lebih ke mobility dan transportasi,” kata Wakil Ketua Umum APKASI itu.

Di saat yang sama, salah satu anggota delegasi CALD, Bartolome Rivera, juga mengapresiasi tata kelola kawasan kota di Kabupaten Trenggalek. Walikota San Mateo Filipina ini mengaku kagum dengan berbagai inovasi yang diluncurkan utamanya dalam hal transportasi dan upaya pelestarian lingkungan.

“Kami berkunjung dalam rangka kunjungan kerja CALD utamanya seputar Smart Mobility, dan kita senang dengan mendapatkan sambutan luar biasa di Kabupaten Trenggalek khususnya dari Bupati Nur Arifin.” terang lelaki yang akrab disapa Omie Rivera itu.

Omie Rivera menambahkan, secara pribadi kunjungan itu merupakan pengalaman pertamanya mengendarai becak dan sekarang kita diajak berkeliling di seputaran Hutan Kota.

“Dan beliau [Mas Ipin] juga bercerita bagaimana mengembangkan sebuah hutan kecil di area pusat perkotaan di Kabupaten Trenggalek bersama komunitas dan masyarakat lokal,” kata Omie Rivera.

Omie menyebut Pemkab Trenggalek memberikan perlindungan terhadap lingkungan dan memastikan keberagaman hayati tetap terjaga demi generasi mendatang. Sementara terkait inovasi Mobility Hub Trenggalek, Omie melihat program ini bisa diaplikasikan di kotanya.

“Jadi saya berharap apa yang ada disini dapat memberikan pencerahan lebih bagi kami serta memberikan cara yang lebih baik bagi pemerintahan di tempat kami,” tandas Omie.

Exit mobile version