Calon Jemaah Haji Trenggalek Berangkat 28 Mei, 7 Orang Tak Jadi ke Tanah Suci

calon-jemaah-haji-trenggalek-berangkat-28-mei-7-orang-tak-jadi-ke-tanah-suci

CJH asal Trenggalek bakal berangkat pada 28 Mei 2024 mendatang/Foto: Raden Zamz (Kabar Trenggalek)

Warga Trenggalek pada tahun 2024 bakal melangsungkan ibadah haji di Tanah Suci Makkah. Mereka yang berangkat ke tanah suci tersebut totalnya 595 Calon Jemaah Haji (CJH).

Rincinya 594 CJH tersebut terdiri dari 530 CJH dari kuota reguler dan sisanya, 64 orang merupakan CJH cadangan.

Kasi Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Trenggalek, Agus Prayitno menuturkan 594 CJH tersebut telah memenuhi persyaratan kesehatan dan melunasi BIPIH (Biaya Perjalanan Ibadah Haji).

Saat ini para CJH sedang melaksanakan manasik haji secara bergantian digilir per-kecamatan. Upaya tersebut sebagai pembekalan jemaah.

“Untuk pelepasan dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2024 dari Pendopo Kabupaten Trenggalek, lalu berangkat ke tanah suci tanggal 6 Juni,” kata Agus.

Seluruh CJH termasuk CJH cadangan masuk dalam kloter 94 dan 95. Di kloter 95 CJH asal Kabupaten Trenggalek akan bergabung dengan CJH asal Kabupaten Gresik.

“Para jemaah akan berada di tanah suci selama 40 hari ditambah 1 hari waktu perjalanan,” ucap Agus.

Mereka dijadwalkan pulang ke tanah air pada 19 Juli 2024 dan tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES) pukul 00.25 WIB.

Sementara itu, untuk CJH cadangan asal Kabupaten Trenggalek hanya tersisa 16 orang. Menurut Agus, 16 CJH tersebut masih mempunyai kesempatan untuk berangkat tahun ini.

“Kita tunggu saja jika ada CJH dari kabupaten/kota lain yang menunda keberangkatannya atau ada tambahan kuota nasional. Jadi masih ada kesempatan sampai kloter terakhir berangkat 9 Juni nanti,” terang Agus.

Agus menuturkan, tahun ini ada 7 CJH yang sudah melunasi BIPIH namun ditunda keberangkatannya, penyebabnya semua sama yaitu sakit.

“7 CJH tersebut ditunda untuk diprioritaskan berangkat tahun depan, namun jika tidak dimungkinkan maka akan diganti oleh ahli warisnya, bisa anak maupun saudara kandung,” tandasnya.

Exit mobile version