Terminal Trenggalek Masih Sepi Pemudik, Prediksi H-4 Lebaran Idul Fitri Melonjak

terminal trenggalek masih sepi pemudik prediksi h 4 lebaran

Terminal Surodakan Trenggalek yang masih sepi pemudik/Foto: Zamz (Kabar Trenggalek)

Terminal Tipe A Surodakan Trenggalek tampak sepi pemudik. Terminal tersebut biasanya untuk kedatangan dan keberangkatan Bus Kota Dalam Provinsi (AKDP), maupun Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Kamis (04/03/2024).

Sepi pemudik tersebut berdasarkan pantauan Kabar Trenggalek banyak kursi bus yang kosong. Kemudian, ruang tunggu pemberangkatan bus di Terminal Trenggalek juga nampak sedikit penumpang.

”Kami memprediksi puncak mudik akan terjadi pada Sabtu [06/04/2024] hingga Senin [08/04/2024] mendatang, makanya kondisi terminal saat ini masih terlihat seperti biasa,” ungkap Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Surodakan Trenggalek Oni Suryanto.

Kendati demikian mulai hari ini, Kamis (04/04/2024), terminal sudah membuka posko pemantauan penumpang. Nantinya pada posko tersebut akan terlihat secara detail jumlah penumpang yang datang setiap harinya.

Oni memprakirakan, untuk kondisi saat ini jika melihat statistik jumlah penumpang kedatangan mulai menunjukan peningkatan.

“Berdasarkan pengamatan kami mungkin ada peningkatan jumlah kendaraan dan penumpang yang datang, namun tidak terlalu signifikan,” katanya.

Kendati demikian petugas terminal akan tetap melakukan langkah antisipasi guna menyambut kedatangan pemudik. Sebab saat ini pemerintah pusat memperbolehkan mudik lebaran.

Data lebaran 2023 kemarin, terjadi pembeludakan jumlah kendaraan yang datang hingga 6,4 persen. Sedangkan jumlah penumpang yang datang menyentuh 78,4 persen dari pada lebaran 2022 lalu.

Menurutnya hal itu cukup realistis mengingat di 2023 tidak terjadi pembatasan jumlah pemudik. Dari situ akan tetap menyiagakan petugas, sehingga selalu siap jika suatu saat dibutuhkan.

“Mungkin pemudik sepi karena libur lebaran ini cukup Panjang, sehingga masyarakat bisa memilih hari mudiknya. Sedangkan balik pasti serentak, sebab mayoritas perkantoran dan sebagainya masuk kerja pada hari yang sama,” ujar Oni.

Exit mobile version