Mudik Lebaran 2024, Wisatawan di Jalur Lintas Selatan Trenggalek Diprakirakan Melonjak

mudik-lebaran-2024-wisatawan-di-jalur-lintas-selatan-trenggalek-diprakirakan-melonjak

Pengendara motor melintasi Jalur Lintas Selatan Trenggalek/Foto: @sunmoricornering (Instagram)

Arya lalu lintas mudik lebaran 2024 bakal cukup padat. Pada lebaran Hari Raya Idul Fitri kali ini, wisatawan di Jalur Lintas Selatan Trenggalek diprakirakan mengalami lonjakan, Senin (01/04/2024).

Hal itu disampaikan oleh Kapolres Trenggalek, AKBP Gathut Bowo Supriyono dalam Rapat Koordinasi lintas sektoral dalam rangka persiapan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 sekaligus kesiapan menjelang digelarnya Operasi Ketupat Semeru 2024.

Polres Trenggalek akan mendirikan satu pos pelayanan lebaran, salah satunya di simpang empat Kecamatan Durenan dan Watulimo. Pos pengamanan Durenan dipilih dengan pertimbangan merupakan pintu masuk kota Trenggalek dan berbatasan dengan Kabupaten Tulungagung.

“Pos pengamanan di Watulimo difungsikan untuk mem-backup pengamanan bagi para wisatawan yang berkunjung ke berbagai destinasi wisata yang ada di pesisir Watulimo, dimana diperkirakan terjadi lonjakan wisatawan mengingat Jalur Lintas Selatan [JLS] sudah resmi dibuka,” ujar Gathut, dilansir dari laman Humas Polri.

Sementara itu, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin) mengatakan, jajarannya siap mendukung dan berkolaborasi dengan Polres Trenggalek untuk menyukseskan pengamanan lebaran.

“Jika menemukan hambatan atau kendala teknis bisa langsung berkoordinasi dengan stakeholder terkait agar sesegera mungkin dilakukan penanganan,” ujar Mas Ipin.

Mas Ipin menyampaikan, rest area bisa ditambahkan di wilayah Bendungan Tugu jika menginginkan. Selain itu, supaya pemudik lebih mudah untuk melintasi jalan, bisa ditambah rambu lalu lintas.

“Jika memungkinkan, rest area bisa ditambahkan di anjungan cerdas Bendungan Tugu. Kemudian untuk rambu Rambu lalu lintas agar ditambah pencahayaan sehingga pengemudi gampang melihat,” tandasnya.

Sementara itu, Dandim 0806 Trenggalek, Letkol Czi Yudo Aji Susanto, mengaku siap 24 jam membantu kepolisian melaksanakan Operasi Ketupat Semeru 2024.

Oleh karena itu, kerjasama dan koordinasi harus berjalan dengan baik agar bisa satu suara dan bersama-sama menyukseskan pengamanan lebaran.

“Kami juga menyiapkan rest area bagi pemudik yang ingin beristirahat,” terang Yudo.

Exit mobile version