Daftar Lengkap Event Trenggalek 2024, Cek Tanggal dan Lokasi Acara

daftar-lengkap-event-trenggalek-2024-cek-tanggal-dan-lokasi

Tahun 2024 Trenggalek bakal dihujani dengan event/Foto: Zamz (Kabar Trenggalek)

Pada tahun 2024, Trenggalek bakal dihujani dengan event meriah. Jadwal tersebut termuat dalam kalender event Trenggalek 2024. Agenda besar itu diharapkan mampu menggaet wisatawan.

Sehingga, ketika wisatawan ingin berkunjung ke Trenggalek ada daya pikatnya. Kemudian, akan membawa dampak pada nilai ekonomi masyarakat maupun pemerintah kabupaten (pemkab).

Event tersebut disiapkan oleh Pemkab Trenggalek. Event yang bakal menggelora di Bumi Menak Sopal tersebut diantaranya adalah Festival Durian. Kendati, dalam kurun 3 bulan ke depan ada 16 event.

Kabid Pemasaran Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Trenggalek, Bambang Supriyadi menuturkan berbagai event juga bertujuan untuk mengembangkan potensi daya tarik wisata budaya dan buatan khususnya sport tourism sebagai daya tarik wisata alternatif.

“Dengan berbagai wisata alternatif yang ada diharapkan bisa meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara serta lama tinggal wisatawan di Kabupaten Trenggalek,” jelas Bambang.

Daftar Event Trenggalek Selama 3 Bulan ke depan:

Event di Trenggalek bakal menyebar di 14 Kecamatan/Foto: Zamz (Kabar Trenggalek)

1. Jum’at-Minggu, 5-7 April: Festival Musik Islami

Festival berbagai jenis musik islami (rebana, rodat, dll) yang diselenggarakan di Kecamatan Trenggalek selama tiga hari dalam suasana bulan Ramadhan.

2. Senin-Selasa, 8-9 April: Festival Tabuh Bedug

Festival tabuh bedug yang diselenggarakan untuk memeriahkan Bulan Suci Ramadhan Kecamatan Trenggalek.

3. Sabtu-Minggu, 13-14 April: International Durio Festival

Labuh/syukuran durian, Ritual dengan beberapa bahasa, menampilkan durian dari berbagai negara, di Desa Wisata Durensari, Desa Sawahan, Kecamatan Watulimo

4. Rabu-Kamis, 17 atau 18 April: Festival Kupatan Durenan

Festival Kupatan diselenggarakan pada H+7, hari raya Idul Fitri. Festival ini terdiri dari prosesi adat, pergelaran hiburan dan silaturahim dengan sajian menu ketupat. Lokasi berada di Kecamatan Durenan, dan Kecamatan Trenggalek tepatnya di Kelurahan Kelutan, dan Desa Sambirejo.

5. Selasa-Rabu, 23-24 April: Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional

Festival Seni Siswa jenjang SD dan Jenjang SMP di antaranya: Musik Tradisi, Tari Tradisi, Menyanyi Solo, Gitar Asamble, Pantomim, Lukis, Desain Motif Batik, MTQ, serta Cipta dan Baca Puisi, Gambar Bercerita (khusus SD)

Lokasi: GOR Gajah Putih, SMPN 1 Trenggalek dan SMPN 5 Trenggalek

6. Sabtu, 4 Mei: Tandur Festival

Festival tanam, buah dan sayur, dan tanaman hortikultura untuk keluarga stunting.

7. Rabu-Kamis, 15-16 Mei: Job Fair Tahun 2024

Pameran lowongan pekerjaan yang melibatkan berbagai perusahaan.

8. Minggu, 26 Mei: PE (Peranakan Etawa) Open Contest (Kontes Terbuka Kambing PE)

Kontes kambing PE dengan berbagai kategori perlombaan yang digelar di Kecamatan Suruh.

9. Selasa, 28 Mei: Upacara Adat Longkangan Munjungan

Upacara Adat Longkangan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat pesisir Kecamatan Munjungan atas panen yang berlimpah. Upacara ini menampilkan berbagai kesenian daerah

10. Minggu-Kamis, 19-23 Mei: Upacara Adat Labuh Laut Sembonyo Prigi

Labuh laut Prigi, jadi primadona event Trenggalek 2024/Foto: Zamz (Kabar Trenggalek)

Labuh Laut Larung Sembonyo merupakan upacara adat perwujudan rasa syukur nelayan terhadap tangkapan ikan yang melimpah dan permintaan keselamatan bagi nelayan Prigi saat melaut.

Tradisi dan budaya yang dilestarikan masyarakat ini lahir dari mitos atau hikayat yang berkembang dan diyakini oleh masyarakat teluk Prigi, Kecamatan Watulimo.

11. Sabtu, 25 Mei: Upacara Adat Sinongkelan Prambon

Upacara Adat Sinongkelan merupakan tradisi adat istiadat di Desa Prambon yang dilaksanakan setiap tahun pada bulan selo hari jumat legi (dalam penanggalan jawa) bersaman dengan perayaan Bersih Desa Prambon, Kecamatan Tugu.

12. Sabtu atau Minggu, 18 atau 19 Mei: Festival Apem Dumbo

Festival Makanan Khas Desa Ngadirenggo yaitu Apem Dumbo yang harus tersedia saat Bersih Desa di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Pogalan.

13. Selasa-Rabu, 23-24 Mei Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional

Festival Seni Siswa jenjang SD dan Jenjang SMP di antaranya: Musik Tradisi, Tari Tradisi, Menyanyi Solo, Gitar Asamble, Pantomim, Lukis, Desain Motif Batik, MTQ, serta Cipta dan Baca Puisi, Gambar Bercerita (khusus SD)

14. Sabtu, 1 Juni: Festival Pancasila

Festival berbagai kegiatan yang merupakan implementasi dari nilai sila-sila Pancasila Kecamatan Trenggalek

15. Selasa-Sabtu, 5-8 Juni: Pemilihan Putri Otonomi Indonesia

16. Jumat, 7 Juni: Upacara Adat Bersih Belik Sumbergedong

Cultural event dalam bentuk upacara adat membersihkan Kelurahan Sumbergedong, Kecamatan Trenggalek dan sumber mata air atau belik sakral yang ada di Kelurahan Sumbergedong.

Acara tersebut dilakukan dengan membersihkan lingkungan atau kerja bakti, yang dilanjutkan dengan arak-arakan hasil panen bumi sebagai perwujudan syukur atas karunia Tuhan yang telah melimpahkan rezekinya sehingga warga Kelurahan Sumbergedong bisa menikmati hasil panennya.

Rangkaian acara terakhir diadakan makan bersama oleh warga Kelurahan Sumbergedong sebagai perwujudan hubungan yang harmonis antara sesama warga desa Sumbergedong. Tidak lupa mengadakan syukuran di tempat sumber mata air tersebut.

17. Jumat, 7 Juni: Upacara Adat Bersih Dam Bagong dan Kirab Kerbau

Event di Trenggalek tahun 2024 bakal meliputi seni, budaya dan tradisi/Foto: Zamz (Kabar Trenggalek)

Upacara adat Bersih Dam Bagong Kelurahan Ngantru, Kecamatan Trenggalek merupakan bagian dari tradisi Nyadran. Upacara ini ditandai dengan kirab kerbau dari Desa Kerjo Kecamatan Karangan. Kerbau yang dikirab disembelih dan dagingnya disedekahkan kepada masyarakat.

Selain itu, ada berbagai prosesi ritual dan pergelaran wayang kulit dalam rangkaian kegiatan tersebut.

18. Sabtu, 15 Juni: MUFC atau Mutiara Underwater Festival and Conservation

Underwater restocking atau penanaman terumbu karang dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang dipusatkan di Pantai Mutiara, Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo.

19. Rabu, 26 Juni: Festival Kesiapsiagaan Gempa Bumi dan Tsunami (Festival Gempi)

Sosialisasi dan Simulasi Kebencanaan yang Menyenangkan Langsung di Lokasi Rawan Bencana di Pantai Konang Kecamatan Panggul.

Exit mobile version