7 Doa Hujan Minta Jodoh, Lebih Utama Dibandingkan Meratapi Masa Lalu

doa-hujan-minta-jodoh

Ilustrasi. Doa hujan minta jodoh/Foto: Canva

Pertengahan bulan Januari 2024 Kabupaten Trenggalek dan sekitarnya telah di guyur hujan. Hal ini tentu menjadi berkah bagi masyarakat, pasalnya pada jelang akhir 2023 lalu beberapa titik di Trenggalek dilanda kekeringan. Selain itu, waktu hujan ini jadi momen para jomblo atau tuna asmara dalam memanjatkan doa hujan minta jodoh.

Perlu diketahui, di dalam Islam setiap doa akan di dengar oleh Allah SWT tanap terkecuali. Namun, ada momen-momen tertentu dalam berdoa agar mudah terkabul. Informasi ini berdasarkan dua hadist Nabi Muhammad SAW yang berbunyi sebagai berikut:

اُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

Artinya, “Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan: Bertemunya dua pasukan, menjelang shalat dilaksanakan, dan saat hujan turun.”

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

Artinya, “Dua doa yang tidak akan ditolak (adalah) do’a ketika adzan dan do’a ketika ketika turunnya hujan.”

Doa Hujan Minta Jodoh

Potret sepasang muslim yang hidup bahagia/Foto: Canva

Oleh karena itu, dari pada momen hujan ini digunakan untuk merenung dan menyesali hal-hal yang telah berlalu, lebih baik digunakan berdoa agar segera dipertemukan dengan jodoh.

Perlu digaris bawahi, se-realistis apapun kiat-kiat kita yang diterapkan untuk bertemu dengan pasangan hidup. Jodoh tetap menjadi salah satu hal ang telah Allah SWT tetapkan. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Asy Syura ayat 11 berikut:

فَاطِرُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ جَعَلَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا وَّمِنَ الْاَنْعَامِ اَزْوَاجًاۚ يَذْرَؤُكُمْ فِيْهِۗ لَيْسَ كَمِثْلِهٖ شَيْءٌ ۚوَهُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ – ١١

Faathirus samaawaati wal ardhi ja’ala lakum min angfusikum azwaajaw waminal’an’aami azwaajaa. Yadzra ukum fiihi laisa kamitslihii syaiun wahuwas samii’ul bashiir

Artinya, “(Allah) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu pasangan-pasangan dari jenis kamu sendiri, dan dari jenis hewan ternak pasangan-pasangan (juga). Dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia. Dan Dia Yang Maha Mendengar, Maha Melihat.” (QS. Asy Syura ayat 11).

Namun, di sisi lain kita juga harus berusaha meski jodoh telah ditetapkan. Usaha yang bisa kita lakukan seperti memperbaiki kualitas diri dan berdoa kepada Allah SWT.

Lalu seperti apa doa meminta jodoh menurut Islam? Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Doa meminta jodoh terbaik

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa zurriyyatinaa qurrota a’yun

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.”

2. Doa meminta jodoh untuk laki-laki

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh

Artinya: “Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”

3. Doa Minta Jodoh untuk Perempuan

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban, wayakuuna shoohiban, lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh

Artinya, “Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”

4. Doa Minta Jodoh yang Telah Lama Menunggu

رَبِّ لَا تَذَرْنِى فَرْدًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْوَٰرِثِين

Rabbi laa tadzarni fardan wa anta khoirul waritsina

Artinya, “Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Zat Maha Waris Paling Baik.”

5. Doa Meminta Jodoh ala Nabi Musa AS

Doa ini didapatkan dari Habib Abdullah bin Abdurrahman Al-Muhdhar, Tarim, Hadramaut, Yaman yang mengutip doa yang dipanjatkan Nabi Musa berikut.

فَسَقٰى لَهُمَا ثُمَّ تَوَلّٰىٓ اِلَى الظِّلِّ فَقَالَ رَبِّ اِنِّيْ لِمَآ اَنْزَلْتَ اِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيْرٌ

Fa saqâ lahumâ tsumma tawallâ iladh-dhilli fa qâla rabbi innî limâ anzalta ilayya min khairin faqîr

Maka, dia (Musa) memberi minum (ternak) kedua perempuan itu. Dia kemudian berpindah ke tempat yang teduh, lalu berdoa, “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan suatu kebaikan (rezeki) yang Engkau turunkan kepadaku.”

6. Doa Mohon Jodoh yang Baik Beserta Keturunan

رَبِّ لَا تَذَرْنِى فَرْدًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْوَٰرِثِينَ

Rabbi lā tażarnī fardaw wa anta khairul-wāriṡīn

“Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik. (QS. Al Anbiya: 89)

Kemudian, kebahagiaan ini tentunya akan bertambah ketika kita memiliki keturunan yang baik. Oleh karena itu berdoalah memohon kepada Allah SWT untuk diberikan anugerah memiliki buah hati yang akan menjadi anak yang saleh dan soalehah.

رَبِّ هَبْ لِى مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ

Rabbi hab lī mil ladungka żurriyyatan ṭayyibah, innaka samī’ud-du’ā`

“Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa”. (QS Ali Imran: 38)

7. Doa Minta Jodoh dalam Q.S. Al-Furqan Ayat 74

وَالَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Walladzîna yaqûlûna rabbanâ hab lanâ min azwâjinâ wa dzurriyyâtinâ qurrata a‘yuniw waj‘alnâ lil-muttaqîna imâmâ

Artinya, “Dan, orang-orang yang berkata, “Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami penyejuk mata dari pasangan dan keturunan kami serta jadikanlah kami sebagai pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.”

Demikian artikel tentang doa hujan minta jodoh yang bisa penulis bagikan. Semoga bermanfaat dan segera bertemu dengan jodoh yang baik untuk kehidupan di dunia dan akhirat.

Exit mobile version