Bingung Mencari Wisata Terdekat Trenggalek Ponorogo Tulungagung? Ini 7 Rekomendasinya

Wisata Terdekat Trenggalek Ponorogo Tulungagung

Pantai Damas Trenggalek - Salah satu destinasi wisata terdekat di Trenggalek, Ponorogo dan Tulungagung | Foto: Zenobia

Jika Anda pendatang dan sedang mencari rekomendasi wisata terdekat dan kebetulan berada di kawasan Kabupaten Trenggalek, Ponorogo, dan Tulungagung. Maka telah berada di artikel yang tepat.

Perlu diketahui, Trenggalek, Ponorogo, dan Tulungagung memiliki beragam wisata unggulan dan lagi ngehits. Namun, kondisi itu bisa membuat pendatang atau traveler yang pertama kali datang bingung memilih.

Tiga kabupaten itu memiliki destinasi wisata yang berbeda-beda karena kondisi geografinya. Namun, kebanyakan bentuk wisatanya bersentuhan langsung dengan alam. Seperti pantai dan telaga atau waduk.

Tempat wisata yang memiliki kedekatan dengan alam ini ternyata juga memiliki keunggulan. Terutama di era banyaknya wisata buatan yang mengedepankan bangunan beton dan teralis besi. Seperti wahana roller coaster, keranjang cinta, dan lain-lain.

Di antara keunggulannya adalah suasana alam yang tenang dan sangat pas dijadikan tempat healing. Tempat-tempat seperti ini yang paling dicari, terutama oleh anak muda.

Wisata Sekitar Trenggalek, Ponorogo, Tulungagung

Baik, saya akan menambahkan beberapa tempat wisata alam yang ada di Tulungagung yang belum ada di artikel saya sebelumnya. Berikut adalah tempat wisata alam yang bisa Anda kunjungi di Tulungagung:

1. Berburu Foto Estetik di Pantai Damas Trenggalek

Pantai Damas | Foto: IG/@yunestyt.e

Pantai Damas merupakan salah satu pantai terindah sekaligus terluas di Kabupaten Trenggalek. Pantai ini berlokasi di Desa Kranggandu, Kecamatan Watulimo, Trenggalek, Jawa Timur. Jika berangkat dari pusat Kota Trenggalek, untuk bisa sampai ke pantai ini Anda harus menempuh perjalanan sekitar kurang lebih 53 km.

Pantai Damas menawarkan pemandangan pasir putih yang bersih dan luas, serta air laut yang biru dan jernih. Pengunjung bisa bermain air, berjemur, atau bermain pasir di pantai ini. Selain itu, juga bisa menikmati keindahan karang dan biota laut yang ada di sekitar pantai dengan menyewa perahu kaca atau snorkeling. Jika Anda beruntung, Anda bisa melihat lumba-lumba yang berenang di laut lepas.

Pantai Damas juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti gazebo, toilet, kamar mandi, warung makan, hingga penginapan. Tiket masuk ke pantai ini cukup terjangkau, yaitu Rp. 10.000 per orang. Pengunjung juga bisa menyewa tenda atau hammock jika ingin bermalam di pantai ini.

Kegiatan yang paling menyenangkan di pantai itu adalah berburu foto. Terutama di kala senja dan fajar. Di waktu-waktu itu cahaya matahari berada di fase terbaik untuk foto.

2. Berkeleliling Naik Perahu dan Nikmati Buah Durian di Telaga Ngebel Ponorogo

telaga ngebel ponorogo | Foto: Istimewa

Telaga Ngebel adalah sebuah danau alami yang terletak di Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo. Danau ini memiliki luas sekitar 5 km persegi dan merupakan salah satu tempat wisata paling populer yang ada di Kabupaten Ponorogo. Telaga Ngebel menawarkan suasana pegunungan yang sejuk dan nyaman untuk dijadikan sebagai tempat melepas penat di akhir pekan.

Selain menawarkan udara pegunungan yang sejuk, Telaga Ngebel juga turut menawarkan panorama alam yang sangat luar biasa. Pengunjung bisa melihat pemandangan danau yang tenang dengan latar belakang gunung Wilis yang menjulang.

Dari sekian banyak aktivitas wisata menarik yang bisa dilakukan di objek wisata ini, aktivitas wisata paling populernya adalah menikmati panorama sunrise di pagi hari. Dari sini, panorama sunrise dapat terlihat dengan jelas dan sangat memukau.

Pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau atau memancing ikan di danau ini. Tak terlewatkan, saat berkeleling ini diselingi foto-foto ceria untuk diunggah di medsos. Lalu, seteah puas berkeliling ditutup dengan makan buah durian yang lezat. Di sana sudah berjejer rapi penjual durian.

Untuk bisa masuk ke Telaga Ngebel, wisatawan diwajibkan membayar biaya retribusi sebesar Rp. 4.000 per orang. Anda juga bisa menyewa perahu dengan harga mulai dari Rp. 25.000 hingga Rp. 50.000 tergantung dari kapasitas dan fasilitasnya. Jika Anda ingin menginap di sekitar danau, Anda bisa menyewa villa, homestay, atau camping ground yang tersedia di sana.

3. Melepas Penat di Air Terjun Alas Kandung

Air Terjun Alas Kandung | Foto: Google Photos

Air Terjun Alas Kandung merupakan salah satu air terjun terbaik yang ada di Kabupaten Tulungagung. Air terjun ini berlokasi di Desa Wonorejo, Kecamatan Campurdarat, Tulungagung, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 25 km dari pusat kota Tulungagung.

Untuk bisa sampai ke air terjun ini, pengunjung melewati jalan yang cukup menantang, yaitu jalan tanah dan bebatuan yang berkelok-kelok. Namun ketika sampai lokasi rasa Lelah di perjalanan bakal dibayar lunas oleh keindahan yang disajikan.

Air Terjun Alas Kandung memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan debit air yang cukup deras. Air terjun ini mengalir dari sungai yang berasal dari Gunung Wilis. Air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang menambah kesegaran suasana. Anda bisa mandi atau berendam di kolam alami yang ada di bawah air terjun ini. Airnya sangat jernih dan sejuk.

Salah satu cara terbaik untuk menikmati air terjun ini adalah dengan healing santai sembari melepas penat. Suasana alam yang asri dan banyak tumbuhan hijau terasa nyaman dan membuat betah untuk berlama-lama.

Air Terjun Alas Kandung juga memiliki fasilitas yang cukup memadai, seperti gazebo, toilet, kamar ganti, warung makan, hingga tempat parkir. Tiket masuk ke air terjun ini cukup murah, yaitu Rp. 5.000 per orang.

Kemudian juga bisa menyewa pelampung atau ban dengan harga Rp. 10.000 per buah. Jika ingin menginap di sekitar air terjun, pengunjung juga bisa menyewa pondok atau tenda yang tersedia di sana.

4. Menikmati Suasana Senja di Pantai Prigi

View Pantai Prigi – Foto visit.trenggalekkab.go.id

Pantai Prigi merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di Trenggalek, pantai ini memiliki hamparan pasir yang cokelat kehitaman serta deburan ombak yang tenang⁶. Pantai ini berlokasi di Jl. Raya Tasikmadu, Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 40 km dari pusat kota Trenggalek.

Pantai Prigi menawarkan pemandangan pantai yang indah dengan latar belakang perbukitan yang hijau. Tempat seperti ini paling cocok dijadikan lokasi melihat senja. Matahari tampak tenggelang diujung cakrawala dan seolah bersembunyi di balik perbukitan.

Pantai Prigi juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti gazebo, toilet, kamar mandi, warung makan, hingga penginapan. Tiket masuk ke pantai ini cukup terjangkau, yaitu Rp. 10.000 per orang. Jika ingin menginap di sekitar pantai, bisa menyewa hotel, homestay, atau villa yang tersedia di sana.

5. Bermain Flying Fox di Air Terjun Banyu Anjlok Ponorogo

Air Terjun Banyu Anjlok Ponorogo | Foto: PonorogoTime

Air Terjun Banyu Anjlok merupakan salah satu wisata alam yang tersembunyi di Ponorogo. Air terjun ini berlokasi di Desa Ngebel, Kecamatan Ngebel, Ponorogo, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 40 km dari pusat kota Ponorogo. Untuk bisa sampai ke air terjun ini, Anda harus melewati jalan yang cukup menantang, yaitu jalan setapak dan bebatuan yang menurun.

Air Terjun Banyu Anjlok memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan debit air yang cukup deras. Air terjun ini mengalir dari sungai yang berasal dari Gunung Wilis. Air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang menambah kesegaran suasana. Anda bisa mandi atau berendam di kolam alami yang ada di bawah air terjun ini. Airnya sangat jernih dan sejuk.

Air Terjun Banyu Anjlok juga memiliki fasilitas yang cukup memadai, seperti gazebo, toilet, kamar ganti, warung makan, hingga tempat parkir. Tiket masuk ke air terjun ini cukup murah, yaitu Rp. 5.000 per orang. Kalau ingin berenang bisa menyewa pelampung atau ban dengan harga Rp. 10.000 per buah.

Salah satu kegiatan yang bisa pengunjung lakukan di air terjun ini adalah menikmati sensasi bermain flying fox. Adrenalin bakal terpacu saat meluncur dari ketinggian sekitar 10 meter dan melintasi air terjun. Saat itu juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah dari atas. Harga untuk bermain flying fox di sini adalah Rp. 15.000 per orang.

6. Piknik Santai di Air Terjun Parang Kikis Tulungagung

Air TErjun Parang Kikis Tulungagung | Foto: Arif Usman

Air Terjun Parang Kikis merupakan salah satu destinasi wisata alam favorit masyarakat Tulungagung, terutama para muda-mudi. Tak heran jika tempat ini kerap ramai dikunjungi, terutama saat musim liburan.

Padahal, lokasinya terbilang cukup tersembunyi. Air Terjun Parang Kikis berlokasi di Desa Parang Kikis, Kecamatan Kalidawir, Tulungagung, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 km dari pusat kota Tulungagung. Air Terjun Parang Kikis memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan debit air yang cukup deras. Air terjun ini mengalir dari sungai yang berasal dari Gunung Wilis.

Air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang menambah kesegaran suasana, juga bisa mandi atau berendam di kolam alami yang ada di bawah air terjun ini. Airnya sangat jernih dan sejuk.

Cara terbaik untuk menikmati pemandangan alam di sini dengan berpiknik santai bersama orang tercinta. Menikmati makanan dengan dilengkapi obrolan hangat sembari menyaksikan pemandangan alam indah bakal jadi momen berharga.

Air Terjun Parang Kikis juga memiliki fasilitas yang cukup memadai, seperti gazebo, toilet, kamar ganti, warung makan, hingga tempat parkir. Tiket masuk ke air terjun ini cukup murah, yaitu Rp. 5.000 per orang. Pengunjung juga bisa menyewa pelampung atau ban dengan harga Rp. 10.000 per buah.

7. Panjat Tebing di Jurug Tejo Tulungagung

Air Terjun Jurug Tejo | Foto: Tulungagungdaringid

Jurug Tejo merupakan salah satu tempat wisata alam yang cukup baru di Tulungagung. Tempat ini berlokasi di Desa Sumbergondo, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung, Jawa Timur.

Jaraknya sekitar 20 km dari pusat kota Tulungagung. Untuk bisa sampai ke tempat ini, Anda harus melewati jalan yang cukup menantang, yaitu jalan tanah dan bebatuan yang berkelok-kelok.

Jurug Tejo juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti gazebo, toilet, kamar ganti, warung makan, hingga tempat parkir. Tiket masuk ke tempat ini cukup terjangkau, yaitu Rp. 10.000 per orang.

Jurug Tejo merupakan sebuah tebing yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Anda bisa melihat pemandangan perbukitan yang hijau, sungai yang mengalir, hingga gunung yang menjulang.

Pengunjung juga bisa melihat aktivitas warga yang bercocok tanam di sekitar tebing. Kemudian bisa mencoba untuk panjat tebing di tempat ini. Ada beberapa jalur panjat tebing yang bisa dipilih sesuai dengan tingkat kesulitan dan ketinggiannya.

Jika tertarik, bisa menyewa peralatan panjat tebing dengan harga Rp. 50.000 per orang. Sensasi panjat tebing di tempat yang asri dapat memberikan pengalaman liburan menyenangkan, sekaligus menantang.

Exit mobile version