Puncak Jowin, Negeri Atas Awan di Tulungagung

gapura-puncak-jowin-di-tulungagung

Sunset yang dapat di nikmati saat berada di Puncak Jowin Tulungagung | Foto: ist

Tulungagung memang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Timur. Tak hanya wisata pantai, Tulungagung juga memiliki beragam wisata alam lainnya yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah wisata Puncak Jowin.

Tempat wisata ini berlokasi di Desa Winong, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. Sesuai dengan namanya, wisata ini berada di dataran tinggi, sehingga menawarkan keindahan pemandangan alam yang luar biasa.

Peta Lokasi dan Rute

Karena berada di dataran tinggi, perjalanan dari pusat kota Tulungagung memerlukan waktu yang cukup lama.

Dari pusat kota, arahkan perjalanan ke timur menuju Kecamatan Kalidawir, yang juga merupakan lokasi Pantai Sine yang terkenal. Setelah sampai di Kalidawir, arahkan langkah ke Desa Winong.

Perjalanan dari pusat kota Tulungagung memakan waktu sekitar 40 menit. Meskipun jalannya berkelok-kelok, jangan khawatir, akses jalan ke Puncak Jowin sudah diaspal, dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

Keindahan Puncak Jowin

Saat pertama kali tiba di Puncak Jowin, mata wisatawan akan langsung dimanjakan dengan pemandangan perbukitan yang hijau dan asri. Jika cuaca cerah, wisatawan juga dapat melihat pemandangan Gunung Arjuno dan Gunung Welirang yang menjulang tinggi di kejauhan.

Salah satu daya tarik utama dari tempat ini adalah pemandangan awan yang mengelilingi bukit. Pemandangan ini seolah-olah menciptakan suasana seperti berada di negeri di atas awan. Tak heran jika Puncak Jowin juga sering disebut sebagai wisata negeri di atas awan di Tulungagung.

Salah satu spot sempurna untuk menikmati sunrise dan sunses di Puncak Jowin | Foto: Arif Usman

Selain itu pengunjung juga dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang memukau di tempat ini. Lokasinya yang tinggi membuat panorama senja semakin indah. Waktu terbaik untuk menikmati sunset adalah sore hari, sekitar pukul 17.00 sampai menjelang malam.

Datang lebih awal memberikan kesempatan untuk bersantai dan menikmati segala keindahan Wisata Puncak Jowin sebelum matahari terbenam. Jangan lupa abadikan momen indah ini melalui foto.

Fasilitas Puncak Jowin

Saat ini, Puncak Jowin masih dalam tahap pengembangan. Namun, sudah tersedia beberapa fasilitas dasar, seperti area parkir, toilet, dan mushola.

Untuk masuk ke tempat wisata di Tulungagung ini, wisatawan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang.

Tips Berwisata di Puncak Jowin

Berikut adalah beberapa tips berwisata bagi yang ingin berkunjung kesini:

Puncak Jowin merupakan wisata alam yang masih baru di Tulungagung. Namun, keindahan dan keunikan yang ditawarkannya sudah mampu menarik perhatian wisatawan dari berbagai daerah. Jika Anda sedang berada di Tulungagung, jangan lupa untuk berkunjung ke tempat wisata ini.

Exit mobile version