Inilah Alasan Pantai Kasap Pacitan Jadi Tempat Liburan Tahun Baru 2024 Terbaik

pantai-kasap-pacitan

Spot foto di Pantai Kasap dengan latar belakang batu karang mirip pulau/Foto: Guruh Hadi Putranto

Banyak yang mengakui, ikon wisata pantai di Pacitan adalah Pantai Klayar. Pantainya eksotis dan lokasinya strategis, berada di Jawa Timur dan dekat Jawa Tengah. Namun, ada pantai lain yang tak kalah kerennya, yakni Pantai Kasap Pacitan.

Bahkan, Pantai Kasap ini bisa dinobatkan sebagai Raja Ampatnya Jawa Timur. Karena bentuk geografisnya mirip, yakni pantai berpasir putih dan terdapat gugusan batu karang yang mirip pulau kecil. Bedanya, di Pantai Kasap ombaknya cenderung lebih besar. Hal ini normal, karena berada di kawasan pesisir selatan pulau Jawa.

Spot foto dengan latar belakang batu karang mirip pulau/Foto: Guruh Hadi Putranto

Meski demikian, ombak yang besar di pantai itu menambah eksotisme dan kecantikannya. Pemandangan alam berupa hamparan pasir yang diapit tebing dan perbukitan hijau, diperindah pemandangan ombak yang menggulung-gulung.

Selain itu, keindahannya tidak hanya ada di pantai. Sejak di perjalanan, pengunjung bakal disuguhkan bentang alam yang indah. Jalannya naik turun menembus perbukitan yang hijau. Tumbuhannya juga beragam, sehingga kesan alaminya begitu terasa.

Lokasi Pantai Kasap Pacitan dan Rutenya

Panorama pantai dari udara/Foto: Ayuthaya Tsuriyya Aghni

Pantai Kasap berada di balik kawasan pegunungan dan perbukitan yang indah. Secara administrasi masuk di Dusun Gumuharjo, Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan Regency, Jawa Timur.

Untuk menuju Pantai Kasap, pengunjung bisa mengikuti rute berikut:

Sebagai catatan, selain mengandalkan Google Maps, pengunjung yang pertama kali datang sangat direkomendasikan untuk bertanya pada penduduk sekitar. Keramahan warga Pacitan bakal menuntun pengunjung ke Pantai Kasap dengan aman dan nyaman.

Lokasi Google Maps: https://maps.app.goo.gl/vqpdqQkcn8zrTLrX8

Aktivitas di Pantai yang Membuat Istimewa

Dengan kondisi pesisir yang alami dengan dilengkapi fasilitas penunjang, ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung. Mulai dari berpetualang menyusuri pantai, mengeksplorasi tempat foto terbaik, bersantai menikmati keindahan alam dan lain-lain. Membuat pantai ini sangat layak dikunjungi saat musim liburan, terutama liburan tahun baru 2024.

Petualangan Seru di Pantai Kasap

Pantai ini diapit dua bukit yang berada di sebelah barat dan timur. Pengunjung dapat merasakan kesan berpetualang di Pantai Kasap. Sebab, dalam satu kawasan terdapat lima pantai yang berjejer selain Pantai Kasap.

Sebelah barat ada Pantai Bercak, sementara di sebelah timur ada Pantai Pedenombo, Pantai Banteng Mati, dan Pantai Mbule. Setiap pantai itu hanya terpisahkan bukit dan pepohonan dan bukit yang relatif landai.

Menariknya, Pantai Kasap jadi penghubung kelima pantai itu. Karena di pantai ini ada jalan setapak yang menuju pantai-pantai lainnya dan untuk menuju pantai lainnya itu harus lewat Pantai Kasap. Jadi, cukup sekali membayar karcis masuk dan parkir sudah bisa mengunjungi enam pantai sekaligus.

Mendaki Bukit Menuju Pantai Bercak

Spot foto terbaik di bukit dekat Pantai Bercak/Foto: Dea Devita

Untuk menuju Pantai Bercak, pengunjung diajak melintasi jalan setapak yang melingkari sebuah bukit. Jalannya tepat di atas lautan. Sehingga dari sini pengunjung biaa menyaksikan pemandangan pulau kecil batu karang yang dihantam gulungan ombak.

Kesan berpetualang bakal begitu terasa saat menuju Pantai Bercak ini. Terutama di kawasan perbukitan berbatu ini masih mudaj dijumpai tumbuhan alami khas pantai, seperti pandan laut.

Selain itu, di kawasan yang paling dekat dengan Pantai Bercak ada sebuah batu karang besae berongga. Setiap kali ombak besar menggulung-gulung dan menghantam batuan karang ini, buih-buih bertebaran di udara.

Pemandangan ini begitu memukau dan bisa membuat betah untuk berlama-lama menyaksikannya. Namun, saat di lokasi ini sebaiknya pengunjung tetap waspada atau berhati-hati dan mematuhi papan himbauan. Tak ketinggalan, sebaiknya hindari berdiri di tepian jurang karena sangat berbahaya. Untuk menikmati keindahannya bisa dengan jarak aman.

Healing yang Menyenangkan

Suasana romantis di Pantai Kasap saat senja/Foto: Mayae Good

Pantai Bercak ini jadi rekomendasi tempat healing terbaik. Karena lokasinya relatif sepi dan diapit dua bukit hijau. Pemandangan alam dan suasananya yang menenangkan bisa membuat orang yang healing betah.

Selain itu, kesan private juga begitu terasa di pantai ini. Pengunjung tak perlu risau jika menginginkan suasana intim itu bakal terganggu kebisingan suara. Selama di Pantai Bercak pengunjung bisa menikmati suara desisan angin menerpa pepohonan dan deburan ombak yang terpecah batu karang.

Pasir pantainya juga putih bersih serta lembut. Untuk sekedar healing, pengunjung bisa menggelar tikar di tempat yang teduh. Setelah itu merebahkan badan dan bersantai. Seakan-akan segala kepenatan dalam pikiran lepas begitu saja.

Selain healing di sana, ada sebuah bukit yang biaa dijadikan spor melihat sunset bersama pasangan. Pemandangan saat senja begitu memukau. Matahari nampak tenggelam di balik gugusan batu karang yang eksotis.

Berburu Foto Estetik di Hamparan Berbatu

Foto estetik di Pantai Pedenombo/Foto: Sih Budi Maharani

Beranjak dari Pantai Bercak, di sebelah timur Pantai Kasap ada Pantai Pedenombo. Berbeda dengan pantai lainnya, di Pantai Pedenombo terhampar bebatuan karang yang indah. Setiap kali tersapu ombak, bakal muncul buih-buih yang cantik.

Hamparan pantai berbatu seperti ini cocok dijadikan spot foto, baik untuk foto landscape maupun potrait. Sehingga, saat berkunjung ke pantai ini bawa perangkat kamera terbaik dan cadangan baterai beserta memori. Karena setiap sudutnya sayang untuk dilewatkan.

Selain jadi tempat foto, hamparan bebatuan di pantai ini juga menyenangkan untuk di pandang. Terutama di beberapa tempat ditumpuhi rerumputan hijau. Sehingga, dalam satu lokasi pengujung bisa menikmati perpaudan pemandangan alam darat dan laut.

Piknik Dekat Batu Karang

Di sebelah timur Pantai Pedenombo terdapat Pantai Banteng Mati. Di pantai ini ada sebuah batu karang besar yang bentuknya menyerupai banteng yang tertidur. Makanya disebut Banteng Mati.

Bukannya menyeramkan, batu karang ini justru menambah keindahan dan memunculkam kesan eksotis. Terutama saat diterjang ombak yang menggulung-gulung.

Di tepian pantai juga terdapat pepohonan cemara yang tumbuh rimbun. Biasanya pengunjung yang singgah menjadikannya sebagai tempat piknik. Selain sejuk dan nyaman, dari situ bisa menyaksikan pemandangan batu karang kala diterjang ombak.

Melihat Samudera dari Atas Bukit

Keindahan Pantai Kasap dari atas bukit/Foto: Candra Zero

Untuk menikmati pemandangan laut yang begitu luas, ada dua tempat tinggi atau bukit yang didesain untuk melihat pemandangan. Yakni di Tanjung Kasap sebelah timur pantai dan di atas bukit yang dilewati saat menuju Pantai Bercak.

Di Tanjung Kasap ada bangunan estetik dari kayu dan beton. Pemandangannya berupa lautan yang begitu luas. Sementara di atas bukit dekat Pantai Bercak pemandangannya berupa batu karang yang seperti pulau.

Jadi ada beragam spot untuk menikmati pemandangan laut. Pengunjung bebas memilih lokasi yang mana dan sesuai selera. Di dua lokasi itu juga jadi spot foto terbaik.

Fun Camp dan Membuat Api Unggun

Pengunjung sedang berkemah di kawasan Pantai Kasap/Foto: Istimewa

Tak jauh dari Pantai Banteng Mati terdapat area kemah bernama Camping Area Payung ‘Batu Cinta’. Di sini terdapat tanah lapang yang luas untuk mendirikan tenda. Bahkan, pengunjung dari Pantai Kasap bisa mengunjunginya menggunakan kendaraan roda empat.

Suasana kemah di tempat itu juga menyenangkan. Karena jauh dari keriuhan dan kesan alaminya begitu terasa. Suasana semakin syahdu kala malam tiba. Dengan menyalakan api unggun ditepian pantai dan dilengkapi obrolan hangat bersama orang tercinta bakal menghanyutkan suasana.

Saat cuaca sedang cerah dan memasuki musim galaksi Bima Sakit, pengunjung bisa melihat penampilan bintang-bintang di langit yang bertebaran. Membuat suasana semakin romantis dan betah untuk berlama-lama.

Staycation dan Membaur bersama Alam

Selain dengan berkemah, pengunjung juga bisa staycation di penginapan yang tersedia. Yang paling direkomendasikan ada di Last Three Point Pantai Bercak. Karena penginapannya tepat di pinggir pantai.

Di penginapan ini kamarnya bersih dan estetik. Dilengkapi fasilitas penunjang seperti pendingin udara (AC), kolam renang, akses internet, kamar mandi yang bersih, dan ruang private untuk ngobrol bersama pasangan.

Kemudian, saat malam tiba, dari penginapan pengunjung bisa merasakan suasana yang begitu tenang. Keesokan harinya, ketika mentari mulai naik kala fajar, suasananya tak kalah menenangkan. Bangun pagi di tempat alami jadi pengalaman berharga dan sayang untuk dilewatkan.

Tips Liburan ke Pantai Kasap yang Aman dan Nyaman

Jalan menuju Pacitan/Foto: Istimewa

Pantai ini memang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi, terutama saat tahun baru 2024. Berikut adalah beberapa tips yang lengkap untuk berlibur tahun baru di pantai ini:

  1. Persiapkan segala keperluan Anda dengan baik, seperti pakaian, perlengkapan mandi, obat-obatan, makanan ringan, dan lain-lain. Jangan lupa juga membawa kamera atau handphone untuk mengabadikan momen-momen berharga Anda di pantai.
  2. Pilih waktu yang tepat untuk berangkat dan pulang. Pantai Kasap berjarak sekitar 45 menit dari Kota Pacitan, dan sekitar 3 jam dari Yogyakarta. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil untuk menuju pantai ini. Hindari berangkat atau pulang saat jam sibuk atau malam hari, karena jalanan bisa macet atau gelap.
  3. Cari penginapan yang nyaman dan sesuai dengan budget Anda. Ada beberapa pilihan homestay atau penginapan di sekitar pantai, dengan harga mulai dari Rp. 100.000,- per malam. Anda bisa memesan secara online atau langsung datang ke lokasi. Pastikan Anda mendapatkan fasilitas yang memadai, seperti kamar mandi, tempat tidur, listrik, dan air bersih.
  4. Jaga kebersihan dan keselamatan Anda dan lingkungan. Pantai Kasap masih sangat alami dan bersih, jadi jangan buang sampah sembarangan atau merusak karang. Gunakan sunblock dan topi untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari. Sebaiknya tidak berenang karena ombaknya yang cukup besar.
  5. Saksikan pesta kembang api dan hiburan malam saat tahun baru. Pantai Kasap menjadi salah satu lokasi favorit untuk merayakan tahun baru di Pacitan. Anda bisa menyaksikan pesta kembang api yang spektakuler dari pantai atau dari Puncak Kasap. Serta menikmati hiburan malam, seperti musik, tarian, atau atraksi api.
Exit mobile version