5 Cara Tarik Tunai DANA yang Mudah dan Aman, Anak Muda Harus Tahu, Nih!

5-cara-tarik-tunai-dana-yang-mudah-dan-aman-anak-muda-harus-tahu-nih

Orang yang termudahkan karena tarik tunai dari DANA/Foto: Canva

Cara Tarik Tunai DANA – Sejak dirilis tahun 2018 silam, DANA jadi platform e-wallet atau dompet digital yang ramai digunakan di Indonesia. Penggunaannya cukup beragam, seperti transaksi online, bayar BPJS, transfer ke bank, beli pulsa seluler dan listrik, dan membayar voucher Google Play Store.

Selain itu, ada firur kekinian yang membuat DANA seperti bank konvensional, yakni bisa tarik tunai. Ada 5 Cara tarik tunai DANA yang mudah dan aman.

Fitu tarik tunai ini sangat bermanfaat, terutama saat kamu butuh uang cash namun lupa tidak membawa dompet. Di situasi seperti itu, DANA bisa jadi solusi terbaik dengan fitur tarik tunainya.

Selain itu, kemudahan DANA adalah saldonya bisa ditarik diberbagai tempat. Seperti di ATM bank dan swalayan seperti Indomaret dan Alfamart. Adapun untuk cara-caranya ada di bawah ini.

Cara Tarik Tunai DANA

Ilustrasi tarik uang di ATM tanpa kartu/Foto : BCA

1. Cara Tarik Tunai DANA di Alfamart

Cara yang pertama adalah tarik tunai di Alfamart. Kita sudah tidak asing lagi dengan slaah satu swalayan yang satu ini, karena hampir ada di setiap daerah dan pelosok. Adapun untuk cara tarik tunainya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi DANA.
  2. Pilih menu “Tarik Tunai.”
  3. Pilih “Tarik Tunai di Alfamart.”
  4. Masukkan nominal yang ingin kamu tarik tunai.
  5. Ikuti instruksi selanjutnya yang muncul di layar kamu. kamu akan diberikan kode transaksi yang harus ditunjukkan ke kasir Alfamart.
  6. Kasir Alfamart akan memberikan uang tunai kepada kamu sesuai dengan nominal yang kamu minta.

2. Cara Tarik Tunai DANA di Indomaret

Kemudian ada cara tarik tunai di Indomaret. Sama seperti Alfamart, swalayan ini juga tumbuh sporadis di Indonesia. Keberadaannya sudah tidak asing lagu bagi masyarakat. Adapun cara tarik tunainya di bawah ini:

  1. Buka aplikasi DANA.
  2. Pilih menu “Tarik Tunai.”
  3. Pilih “Tarik Tunai di Indomaret.”
  4. Masukkan nominal yang ingin kamu tarik tunai.
  5. Ikuti petunjuk selanjutnya yang ditampilkan di aplikasi.
  6. Kamu akan menerima token transaksi yang bisa digunakan untuk mendapatkan uang tunai di kasir Indomaret.

3. Cara Tarik Tunai DANA di ATM BCA

Kemudian saldo DANA bisa ditarik di ATM Bank BCA. Perlu diketahui, Bank BCA telah ramai diperbincangkan dijagat maya kalau pelayanannya ramah.

Adpaun cara tarik tunai DANA di ATM Bank BCA sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi DANA.
  2. Pilih menu “Tarik Tunai.”
  3. Pilih “Tarik Tunai di ATM BCA.”
  4. Masukkan nominal yang diinginkan.
  5. Ikuti petunjuk selanjutnya yang ada di aplikasi.
  6. Kamu akan diberikan kode transaksi yang dapat digunakan di ATM BCA untuk menarik uang tunai sesuai dengan nominal yang kamu minta.

4. Cara Tarik Tunai DANA di Pegadaian

Jika kebetulan kamu berada di daerah yang ada Pegadaian maka bisa tarik tunai uang dari DANA juga. Caranya cukup mudah, simak di bawah ini:

  1. Buka aplikasi DANA.
  2. Pilih menu “Tarik Tunai.”
  3. Pilih “Tarik Tunai di Pegadaian.”
  4. Isi nominal yang ingin kamu tarik.
  5. Ikuti petunjuk selanjutnya yang ada di aplikasi.
  6. Kamu akan diberikan kode transaksi yang dapat digunakan di Pegadaian untuk mendapatkan uang tunai.

5. Cara Tarik Tunai DANA di ATM Bank Lain

Selain ATM BCA, kamu juga dapat menggunakan ATM dari bank lain untuk tarik tunai DANA. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi DANA.
  2. Pilih menu “Tarik Tunai.”
  3. Pilih “Tarik Tunai di ATM Bank Lain.”
  4. Isi nominal yang diinginkan.
  5. Ikuti petunjuk selanjutnya yang ada di aplikasi.
  6. Kamu akan menerima kode transaksi yang dapat digunakan di ATM bank yang kamu pilih untuk menarik uang tunai sesuai dengan nominal yang kamu minta.

Jumlah Minimal dan Maksimal Tarik Tunai DANA

Ilustrasi. Uang THR Pegawai Trenggalek/Foto: Pixabay

Ada jumlah saldo minimal setiap kali transaksi tarik uang DANA. Minimal saldo yang harus kamu ambil adalah Rp. 100.000, jadi pastikan saldo kamu di atas nominal minimal. Sementara untuk maksimum tarik tunai adalah Rp 1.200.000 per transaksi.

Sebagai informasi tambahan, untuk mencoba cara tarik tunai DANA yang sudah di sebutkan diatas, kamu harus memiliki akun Premium dulu. Oleh karena itu, lakukanlah upgrade akun terlebih dahulu sebelum tarik tunai DANA di ATM.

Cara Daftar Akun Premium DANA

  1. Buka aplikasi Dana pada handphone dan pastikan kamu sudah terdaftar
  2. Pilih menu “Saya” pada bagian bawah di halaman utama.
  3. Setelah itu lihat informasi akun Dana dan pilih “Verifikasi Akun”.
  4. Masukan data KTP sesuai yang diminta di aplikasi. Ingat, jangan bagikan foto ini karena sangat riskan disalahgunakan.
  5. Lakukan verifikasi wajah sambil memegang KTP.
  6. Setelah seluruh data dimasukkan, klik “verifikasi” dan tunggu prosesnya.

Biaya Admin DANA

Biaya Admin Tarik Tunai

Setiap kali transaksi tarik tunai di DANA, ada biaya admin yang perlu dikeluarkan yakni Rp. 4.500. Biaya ini bakal otomatis dipotong setiap kali transaksi penarikan uang.

Biaya Admin Transfer Sesama DANA

Untuk transfer sesama DANA tidak akang dipungut biaya admin alias gratis. Jadi uangmu bakal lebih hemat. Sebagai sebuah tips, sebaiknya kamu tanya dulu jika ingin transfer uang, jika kebetulan sama-sama pengguna DANA langsung saja buka aplikasimu.

Biaya Admin Transfer ke Bank

Biaya admin transfer DANA ke rekening bank sebesar Rp 4.500 per transaksi, namun pengguna dibebaskan biaya transfer sebanyak 10 kali per bulan dengan minimal transfer Rp 50.000. Apabila transfer di bawah Rp 50.000, maka biaya yang dikenakan sebesar Rp 2.500.

Bagaimana Cara Mendapatkan QRIS di DANA?

Ilustrasi kode QRIS/Foto: Pixabay

Jika kamu anak muda atau seseorang yang sedang terjun didunia UMKM maka bisa memanfaat fitur QRIS di DANA. Fitur ini membuat usaha kamu mudah dikelola dari segi keuangan. Adapun untuk cara mendapat QRIS DANA ada di bawah ini:

Masuk ke aplikasi DANA dengan akun e-wallet. Jika kamu belum mempunyai aplikasinya, silakan download dan instal dari Play Store (Android) atau App Store (iOS).

  1. Pilih menu profil “Saya” di sudut kanan bawah.
  2. Di bagian atas, geser profil dari “Pribadi” ke “Bisnis”.
  3. Pilih “Daftar Sekarang”.
  4. Lengkapi data usaha Anda, seperti nama, jenis usaha, lokasi, sampai jam operasional.
  5. Setelah data terisi, klik “Lanjutkan”.
  6. Lalu, foto produk atau toko/warung kamu dan klik “Kirim”.
  7. Tunggu sampai data diverifikasi selama paling lama dua hari.
  8. Jika verifikasi berhasil, maka profil DANA Anda akan berubah menjadi profil bisnis.

Setelah berhasil mendaftar, kamu sudah bisa menggunakan QRIS untuk menerima pembayaran non-tunai. QRIS ini bisa menerima pembayaran dari pengguna DANA maupun berbagai e-wallet dan layanan perbankan lainnya.

Keuntungan QRIS DANA untuk UMKM

Wahid Bachrudin sedang memegang sepatu kulit Dekrafman/Foto: Dokumen Wahid

1. Transaksi Lebih Cepat & Praktis

QRIS memberikan banyak keuntungan, salah satunya adalah transaksi menjadi lebih cepat dan praktis. Ini karena pelanggan tidak perlu repot membawa dan menghitung uang tunai sebelum bertransaksi. Begitu juga sebaliknya, penjual tidak perlu menyediakan uang tunai untuk kembalian.

Dengan QRIS, transaksi menjadi tanpa uang tunai sehingga tidak memerlukan uang fisik. Transaksi pun menjadi lebih cepat dan praktis.

2. Menghindari Uang Palsu

Keuntungan lain dari QRIS adalah mengurangi resiko uang palsu. QRIS adalah metode tanpa uang tunai yang berarti tidak menggunakan uang fisik dalam transaksi.

Dengan begitu, kemungkinan mendapat uang palsu bagi penjual menjadi lebih kecil. Selain itu, pembayaran tanpa uang tunai seperti QRIS juga bisa mencegah penyebaran penyakit seperti Covid-19 saat bertransaksi.

3. Pembayaran yang Bervariasi

Cukup dengan satu QRIS saja, Anda bisa menerima pembayaran dari berbagai macam sumber, termasuk 80+ mobile banking dan uang digital.

Dengan QRIS, pelanggan kamu akan merasa lebih puas saat membayar. Cukup dengan scan QRIS, pelanggan bisa membayar dari banyak bank atau uang digital.

4. Catatan Transaksi secara Otomatis

Semua transaksi dengan QRIS akan dicatat secara otomatis. Dengan demikian, proses pencatatan keuangan usaha akan menjadi lebih mudah.

Riwayat transaksi QRIS bisa dilihat secara real-time dan proses settlement juga cepat. QRIS bisa membantu usaha kamu menjadi lebih efektif dan terkontrol dari sisi keuangan.

5. Keuangan Lebih Aman

Menggunakan QRIS berarti semua transaksi dilakukan secara digital sehingga tidak membutuhkan uang fisik. Hal ini bisa membuat keuangan kamu aman dan tidak menarik perhatian orang yang ingin mencuri uang.

Pencuri biasanya tertarik pada usaha yang memiliki uang fisik banyak, sehingga lebih mudah untuk diambil. Namun, dengan transaksi QRIS, resiko pencurian uang fisik pada usaha kamu akan lebih rendah.

Demikian artikel tentang 5 cara tarik tunai DANA yang mudah dan aman. Semoga artikel ini bermanfaat dan jika perlu, kamu bisa membagikannya ke orang lain.

Exit mobile version