Wajib Pajak Perlu Tahu Cara Mendapatkan EFIN

cara-mendapatkan-efin-npwp

Ilustrasi EFIN NPWP | Foto: onlinepajakcom

Setelah membuat NPWP, hal selanjutnya  yang perlu Anda lakukan adalah cara mendapatkan EFIN NPWP tidaklah sulit.

Electronic Filing Identification Number (EFIN) adalah nomor unik yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk wajib pajak di Indonesia.

EFIN terdiri dari 12 digit numerik dan diperlukan untuk mengisi formulir pajak, pembayaran, dan transaksi elektronik lainnya yang terkait dengan perpajakan.

Selain itu, EFIN juga diperlukan untuk melakukan reset password maupun email di situs resmi aplikasi DJP Online saat hendak melaporkan SPT tahunan atau layanan pajak lainnya.

Dengan EFIN, wajib pajak dapat melaporkan SPT tahunan via online dengan aman dan terjaga kerahasiaan datanya karena sudah terenkripsi.

Cara Mendapatkan EFIN yang Belum Diaktivasi

Wajib pajak yang belum pernah mengaktifkan EFIN dapat mengajukan permohonan EFIN melalui email ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat wajib pajak terdaftar.

Berikut ini cara mengajukan permohonan EFIN melalui email:

  1. Buat email baru dengan subjek “Permohonan Nomor EFIN”
  2. Tulis nomor NPWP, NIK, nama lengkap, alamat rumah, alamat email dan nomor telepon pada badan email.
  3. Sematkan dokumen berupa foto selfie dengan memegang KTP dan NPWP yang memperlihatkan wajah dengan jelas.
  4. Kirim ke alamat email kantor pajak tempat wajib pajak berada. Alamat email dapat dicek di www.pajak.go.id/unit-kerja.

Petugas KPP akan melakukan pengecekan kesesuaian data yang diberikan oleh wajib pajak dengan database DJP. Jika semua data sesuai, petugas akan membuat nomor EFIN dan mengirim balasan berupa pemberitahuan EFIN dalam bentuk PDF.

Ilustrasi EFIN NPWP yang Sudah Teraktifasi | Foto: onlinepajakcom

Cara Mendapatkan EFIN yang Sudah Diaktivasi

Wajib pajak yang sudah mengaktifkan EFIN dapat mengetahui nomor EFIN melalui layanan Kring Pajak, media sosial DJP, atau fitur live chat di situs resmi DJP Online.

Untuk menghubungi Kring Pajak, wajib pajak harus menyiapkan sejumlah data seperti NPWP, nama, alamat, nomor hp, dan alamat email.

Jika ingin mengecek EFIN melalui media sosial DJP, wajib pajak cukup mention akun DJP untuk masuk ke dalam antrean layanan lupa EFIN. Nantinya, nomor EFIN akan dikirimkan melalui direct message (DM).

Layanan telepon dan live chat dapat diakses pada hari kerja yaitu Senin sampai Jumat pukul 08.00—16.00.

Pentingnya EFIN

EFIN merupakan salah satu instrumen penting bagi wajib pajak dalam melakukan berbagai transaksi elektronik yang terkait dengan perpajakan. Dengan memiliki EFIN, wajib pajak dapat melaporkan SPT tahunan via online dengan aman dan terjaga kerahasiaan datanya.

Oleh karena itu, wajib pajak yang belum memiliki EFIN atau lupa EFIN, dapat segera mengajukan permohonan EFIN melalui cara yang telah disebutkan di atas.

Exit mobile version