Bromo Jadi Taman Nasional Terindah Ketiga di Dunia 2023! Jepang Minggir Dulu

bromo jadi taman nasional terindah ketiga di dunia 2023

Pemandangan indah di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru/Foto: Kiri Jalan (Pexels)

Gunung Bromo jadi taman nasional terindah ketiga di dunia 2023. Peringkat ini berdasarkan laporan The World’s Most Beautiful National Parks 2023 yang dirilis Bounce. Perlu diketahui, Bounce merupakan platform layanan perjalanan yang berbasis di San Fransisco, California, Amerika Serikat.

Bounce melakukan penghitungan dengan memberi bobot nilai kepada 100 taman nasional terbaik di dunia berdasarkan laman tourscanner.com. Tour Scanner adalah mesin pencari untuk aktivitas tur dan perjalanan di dunia.

Hasil penghitungan Bounce menunjukkan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mendapatkan skor 7,89 poin dari total 10 poin. Peringkat ini lebih tinggi daripada Taman Nasional Fuji Hakone Izu, Jepang, dengan skor 5,66 poin. Skor Bromo juga lebih tinggi dari Zhangjiajie, Tiongkok, (6,05 poin), Plitvice Lakes, Kroasia (7,24 poin), dan Jim Corbett, India (4,87 poin).

Bounce juga menghitung skor dari jumlah konten di Instagram, penayangan di TikTok, penelusuran Google dari Oktober 2022-September 2023 menurut Google Ads, dan ulasan pada setiap taman nasional di Google.

Menurut catatan Bounce, konten tentang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ditonton sebanyak 1 miliar kali di TikTok. Kemudian, ada 930 ribu konten di Instagram dan skor 4,8 bintang di Google Review.

Sedangkan Tour Scanner menyebutkan bahwa dunia mengenal Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sebagai “negeri pasir dan api”. Taman ini dikenal dengan luasan 800 km² sekaligus merupakan kawasan vulkanik terbesar di Provinsi Jawa Timur.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menarik para turis yang menyukai aktivitas gunung berapi. Kunjungan ke taman ini memberikan kesempatan untuk melihat abu dari Gunung Semeru yang dikenal sebagai gunung berapi aktif dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut.

Peringkat kedua di atas Bromo yaitu Taman Nasional Lençois Maranhenses dari Brasil dengan skor 7,90 poin. Tour Scanner menyebutkan, taman ini cocok untuk wisatawan yang ingin mencari keindahan sejati.

Taman Nasional Lençois Maranhenses menyuguhkan bukit pasir putih memantulkan danau biru yang berkilauan. Hasilnya, tercipta pemandangan yang sungguh luar biasa. Sebagai salah satu taman nasional terbaik di dunia, pemandangan Lençois Maranhenses sangat Instagramable.

Sedangkan peringkat pertama taman nasional terindah di dunia 2023 yaitu Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan, dengan skor 8,29 poin. Menurut Tour Scanner, Taman Nasional Kruger merupakan tujuan safari paling menarik di Afrika Selatan, karena menawarkan lanskap luas dan satwa liar Afrika yang mengesankan.

Ada banyak tur untuk dinikmati, termasuk Tur Safari Klasik. Petualangan ini membawa wisatawan naik kendaraan 4×4 dan mengikuti tur melihat satwa liar. Selain itu, ada penginapan mewah supaya wisatawan dapat bersantai dalam suasana sensual bersama satwa liar setempat setelah seharian menjelajah. Bounce menyebut, taman nasional tertua di Afrika Selatan itu merupakan surga bagi satwa liar.

10 Taman Nasional Terindah di Dunia 2023 Menurut Bounce

Tiga taman nasional terindah di dunia 2023/Foto: Pexels
  1. Kruger, Afrika Selatan (8,29 poin)
  2. Lençois Maranhenses, Brasil (7,90 poin)
  3. Bromo Tengger Semeru, Indonesia (7,89 poin)
  4. Serengeti, Tanzania (7,37 poin)
  5. Plitvice Lakes, Kroasia (7,24 poin)
  6. Zhangjiajie, Tiongkok, (6,05 poin)
  7. Fuji Hakone Izu, Jepang (5,66 poin)
  8. Victoria Falls, Zimbabwe (5,40 poin)
  9. Etosha, Namibia (5,13 poin)
  10. Jim Corbett, India (4,87 poin)

Menanggapi prestasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sebagai taman nasional terindah ketiga di dunia, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengungkapkan kegembiraannya.

Alhamdulillah. Selain Kawah Ijen yang Juni 2023 lalu ditetapkan sebagai Unesco Global Park, Jawa Timur juga punya Bromo yang keindahannya juga diakui dunia. Syukur  alhamdulillah tiada terhingga atas besarnya anugerah Allah SWT di Bumi Majapahit ini,” ujar Khofifah dilansir dari laman Kominfo Jatim.

Khofifah menyampaikan, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menyajikan lanskap unik, dimana setiap sudutnya begitu mempesona dan mampu membius siapa saja yang berkunjung.

“Selain keindahan alam, Kawasan Bromo yang didiami Suku Tengger juga menjanjikan wisata budaya yang tidak kalah menariknya. Di sana ada berbagai kearifan lokal budaya yang unik dan masih menjaga tradisi leluhur,” kata Khofifah.

Selain Gunung Bromo, di kawasan taman nasional ini juga ada Gunung Batok, Gunung Kursi, Gunung Widodaren, Gunung Watangan, lautan pasir, padang savana, dan bukit-bukit yang membentuk dinding Kaldera Tengger. Sementara di sisi selatan, ada Gunung Semeru dengan puncaknya Mahameru.

“Yang belum pernah ke Bromo, ayo datang dan nikmati kepingan surga ini. Seumur hidup, paling tidak harus pernah datang ke Bromo,” ajak Khofifah.

Waktu Terbaik dan Tips Perjalanan ke Gunung Bromo

Mengendarai mobil Jeep di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru/Foto: Yusron El Jihan (Pexels)

Menurut Tour Scanner, waktu terbaik untuk merencanakan perjalanan sehari ke Gunung Bromo adalah selama musim kemarau, dari bulan April hingga Oktober.

Suhu tanah berkisar sekitar 30 derajat celcius sepanjang tahun, tapi suhunya bisa menjadi jauh lebih dingin saat wisatawan mendaki gunung berapi. Wisatawan dapat mendaki Gunung Bromo kapan saja sepanjang hari. Untuk waktu terbaik, tentu wisatawan harus mendaki lebih awal supaya bisa melihat pemandangan matahari terbit yang menakjubkan dari puncaknya.

Berdasarkan ulasan Tour Scanner, wisatawan yang ingin mengunjungi Gunung Bromo perlu memakai pakaian berlapis pada perjalanan sehari. Suhu puncaknya turun hingga 13 derajat Celcius dan seringkali tertutup lapisan awan tebal.

Wisatawan juga perlu menggunakan sepatu hiking yang nyaman dalam perjalanan, terutama jika wisatawan akan mengunjungi Air Terjun Madakaripura.

Bawalah kamera untuk mengabadikan warna-warni matahari terbit dari Gunung Penanjakan. Jangan lupa, bawa uang tunai yang cukup untuk membeli makanan ringan di salah satu gerai makanan gunung berapi.

Exit mobile version