Doa Sholat Tahajud: Keutamaan, Waktu, dan Tata Cara Pelaksanaan

doa-sholat-tahajud-keutamaan-waktu-dan-tata-cara-pelaksanaan

Ilustrasi. Seorang muslim sedang berdoa setelah sholat tahajud/Foto: Canva

Pada artikel ini akan ditunjukan doa sholat tahajud, beserta keutamaan sholat tahajud, waktu, dan tata cara pelaksanaan. Ada beragam keutamaan dan manfaat yang bisa dipetik dari sholat tahajud.

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah bangun dari tidur. Mengutip laman NU Online, kata tahajud berasal dari bahasa Arab yang berarti bangun dari tidur. Sholat tahajud memiliki banyak manfaat, keutamaan, dan hikmah bagi umat Islam yang melakukannya.

Sholat Tahajud adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam. Sholat ini dilaksanakan pada malam hari sesudah tidur, tepatnya setelah sholat Isya hingga sebelum masuk waktu sholat Subuh.

Allah SWT berfirman dalam surah Al Isra ayat 79:

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Artinya: “Pada sebagian malam lakukanlah sholat Tahajud sebagai (suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji”.

Setelah melaksanakan sholat Tahajud, umat Islam bisa melanjutkannya dengan membaca doa dan dzikir. Rasulullah SAW pernah menuturkan bahwa doa yang dipanjatkan setelah sholat Tahajud begitu mustajab.

Doa Sholat Tahajud

Doa sholat tahajud adalah doa yang dibaca setelah selesai melakukan sholat tahajud. Doa ini berisi pujian, permohonan, dan pengakuan kepada Allah SWT.

Doa ini juga merupakan salah satu cara untuk memohon ampunan, rahmat, dan pertolongan dari Allah SWT. Berikut bacaan doa sholat tahajud yang diajarkan Rasulullah SAW diriwayatkan Ibnu Abbas beserta artinya:

اَللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ ۖ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ ۖ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ ۖ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ ۗ اَللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ ۖ فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ ۖ أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَوْ لَا مَوْلَى إِلَّا أَنْتَ

Allahumma laka alhamdu anta qayyimu as-samawati wal-ardi wa man fihinna, wa laka alhamdu anta maliku as-samawati wal-ardi wa man fihinna, wa laka alhamdu anta nuru as-samawati wal-ardi wa man fihinna, wa laka alhamdu anta al-haqqu wa wa’duka al-haqqu wa liqa’uka haqqun wa qauluka haqqun wal-jannatu haqqun wan-naru haqqun wan-nabiyyuna haqqun wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqqun was-sa’atu haqqun. Allahumma laka aslamtu wa bika amantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu wa bika khasamtu wa ilaika hakamtu. Faghfir li ma qaddamtu wa ma akhkhartu wa ma asrartu wa ma a’lantu. Anta al-muqaddimu wa anta al-mu’akhkhiru la ilaha illa anta aw la maula illa anta.

Artinya: Ya Allah, bagi-Mu segala puji, Engkau penegak langit, bumi, dan apa yang ada padanya. Bagi-Mu lah segala puji, kepunyaan Engkaulah kerajaan langit, bumi, dan apa yang ada padanya. Bagi-Mul ah segala puji, Engkaulah Pemberi cahaya langit dan bumi dan apa saja yang ada di dalamnya. Bagi-Mu lah segala puji, Engkaulah Yang Maha Benar dan janji-Mu benar, pertemuan dengan-Mu benar, firman-Mu benar, surga benar, neraka benar, para nabi benar, dan Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam benar, dan hari kiamat benar. Ya Allah, bagi-Mu lah aku berserah diri, kepada-Mu-lah aku beriman, kepada-Mu-lah aku bertawakal, hanya kepada-Mu-lah aku kembali (bertaubat), kepada-Mu-lah aku mengadu, dan kepada-Mu-lah aku meminta keputusan. Maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan. Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada pelindung selain Engkau.

Tata Cara Sholat Tahajud

Seperti yang dibahas di awal, tata cara doa sholat tahajud dilakukan setelah sholat. Oleh karena itu, perlu diketahui juga tata cara pelaksanaan sholat tahajud. Adapun tata caranya sebagai berikut:

1. Mengucapkan niat shalat Tahajud

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَ

Ushallî sunnatat tahajjudi rak‘ataini lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku menyengaja shalat sunnah Tahajud dua rakaat karena Allah ta’ala.”

Niat ini bisa dilafalkan dan juga bisa dibaca dalam hati saat takbir di rekaat pertama.

2. Mengucapkan takbir sambil mengangkat tangan.

3. Setelah doa iftitah, bacaan dilanjutkan dengan surah Al Fatihah.

4. Kemudian, baca salah satu surat yang ada dalam Al Qur’an.

5. Dianjurkan membaca surat Al Kafirun.

6. Melakukan gerakan ruku’ dengan bacaannya.

7. Melakukan i’tidal disertai bacaannya.

8. Melakukan sujud dengan bacaannya.

9. Melakukan duduk di antara dua sujud dengan bacaannya.

10. Kembali sujud disertai bacaan gerakan sujud.

11. Kembali berdiri dan ulangi gerakan dan bacaan-bacaan gerakan rakaat pertama. Bedanya, di rakaat kedua dianjurkan membaca surat Al – Ikhlas.

12. Setelah sujud, duduk tahiyat akhir pada rakaat kedua dengan bacaannya yang sama seperti bacaan sholat fardhu.

13. Mengakhiri sholat dengan mengucapkan salam ke arah kanan lalu ke arah kiri.

14. Membaca doa setelah sholat tahajud.

Manfaat Sholat Tahajud

Manfaat sholat tahajud ada beragam. Karena sholat itu begitu istimewa jika bisa dijalankan seorang muslim. Adapun manfaat sholat tahajud dengan mengutip berbagai sumber, sebagai berikut:

Sholat tahajud memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari dan kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat sholat tahajud:

Sholat tahajud dapat menghapus dosa-dosa dan mencegah berbuat dosa kembali, karena setiap malam kita akan mengingat Allah dan merasa terawasi oleh-Nya.

Sholat tahajud dapat mendekatkan diri kepada Allah dan memohon apa yang kita inginkan, karena pada waktu itu Allah turun ke langit dunia dan menerima doa-doa hamba-Nya yang beribadah.

Sholat tahajud dapat meningkatkan kesehatan rohani dan menenangkan jiwa, karena pada waktu itu udara masih bersih dan segar, dan kita akan merasakan kedamaian dan kebahagiaan saat bermunajat kepada Allah.

Sholat tahajud dapat meningkatkan kesehatan jasmani dan melancarkan aliran darah, karena pada waktu itu tubuh kita akan bergerak dan berolahraga, dan kita akan merasakan segar dan bugar saat bangun pagi.

Sholat tahajud dapat meningkatkan kualitas tidur dan menghilangkan insomnia, karena pada waktu itu kita akan tidur lebih awal dan lebih nyenyak, dan kita akan merasakan istirahat yang cukup dan berkualitas.

Keutamaan Sholat Tahajud

1. Mengangkat Drajat dan Kedudukan

Sholat tahajud memiliki banyak keutamaan dan hikmah yang telah dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadits. Salah satunya sholat tahajud dapat mengangkat derajat dan kedudukan di sisi Allah, karena Allah menyukai hamba-Nya yang beribadah pada waktu yang sebagian besar manusia tidur.

Allah berfirman: “Dan pada sebagian malam hari bersalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ketempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra: 79)

Selain itu, sholat tahajud dapat memperoleh cinta dan kasih sayang Allah, karena Allah mencintai hamba-Nya yang berzikir dan

2. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Melalui sholat tahajud, kita diberi kesempatan emas untuk berkomunikasi langsung dengan Allah di saat yang paling sunyi. Kesunyian malam memberi kita kedamaian untuk fokus sepenuhnya pada-Nya, membuat kita merasa lebih dekat dan terhubung dengan Sang Pencipta.

3. Menguatkan Iman dan Ketaatan

Bangun di tengah malam untuk melaksanakan sholat tahajud bukanlah hal yang mudah, tetapi itulah yang membuat iman kita semakin kuat. Ketaatan kita ditempa, dan keimanan kita diperdalam ketika kita memilih untuk meninggalkan kenyamanan tidur demi ibadah.

4. Menenangkan Hati dan Jiwa

Di tengah keheningan malam, saat kita berdoa dan bersujud kepada-Nya, kita merasakan kedamaian yang tak terhingga. Manfaat ini dari sholat tahajud membawa ketenangan dan kesegaran bagi jiwa yang letih dan pikiran yang kacau.

Membuka pintu rahmat dan keberkahan – Saat kita memutuskan untuk melaksanakan sholat tahajud, langit terbuka lebar menyambut doa kita. Allah SWT menurunkan rahmat dan keberkahan-Nya kepada hamba yang tekun dalam ibadah malam, sehingga hidup kita akan dipenuhi dengan anugerah dari-Nya.

Tips Bangun Malam

Untuk bisa bangun malam melaksanakan sholat tahajud ada pondasi utama berupa keimanan dan niat. Meski demikian, ada sebuah tips yang bisa diterapkan agar membantu bangun malam.

Tips ini didapatkan dari pernyataan Syekh Zainuddin Al-Malibari yang dikutip dari laman NU Online. Adapun untuk tipsnya sebagai berikut:

1. Memperbarui wudhu pada isya meski masih memiliki wudhu dari sholat mahgrib.

2. Berzikir sebelum matahari tenggelam dalam hal bertasbih atau beristighfar dan menghadap kiblat.

3. Mengisi waktu antara maghrib dan isya dengan ibadah seperti shalat, membaca Al-Qur’an, atau berzikir. Tetapi yang paling utama dari ketiganya adalah shalat.

4. Tidak berbicara setelah zikir tersebut karena bercakap-cakap pada saat itu dapat melenyapkan kelembutan cahaya yang masuk di dalam hati dan dapat menjauhkan dari bangun malam.

Exit mobile version