Festival TIK 2023: Manunggaling Kawula Digital

festival tik 2023 manunggaling kawula digital

Sambutan Ketua Umum Relawan TIK Indonesia, Fajar Eri Dianto, di Festival TIK 2023/Foto: Adiema Rahmandani (Kabar Trenggalek)

Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Indonesia melaksanakan Festival TIK Tahun 2023, pada Jumat (27/10/2023). Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari di Universitas PGRI, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Festival TIK 2023 bertemakan “Manunggaling Kawula Digital”. Misi yang diwacanakan yaitu “Tingkatkan Indeks Literasi Digital di Seluruh Indonesia”.

Latar belakang misi Festival TIK 2023 yaitu perkembangan era teknologi yang semakin maju. Sehingga, seluruh masyarakat dituntut harus paham dengan teknologi-teknologi yang ada sekarang ini, terutama terkait digitalisasi.

Ketua Umum Relawan TIK Indonesia, Fajar Eri Dianto, dalam sambutan pembukaannya menyampaikan, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah rangkaian kegiatan untuk menyukseskan misi besar tersebut.

“Kami telah menyiapkan serangkaian kegiatan dengan tema-tema spesifik yang kami kemas dengan isu-isu kekinian dan relevan terhadap fenomena digitalisasi yang berkembang di masyarakat,” ujar Eri.

Eri menambahkan, Festival TIK 2023 diikuti oleh seluruh relawan TIK se-Indonesia. Masing-masing relawan dari berbagai daerah juga telah mempersiapkan program-program pemberdayaannya untuk saling diduplikasi demi pemajuan kualitas SDM bidang teknologi.

Selain itu, Festival TIK 2023 merupakan refleksi atas seluruh pengabdian yang telah dilakukan relawan seluruh Indonesia selama setahun terakhir ini.

Pembukaan Festival TIK kali ini juga di hadiri oleh Ketua Tim Literasi Digital sektor Pendidikan pada Kementerian Kominfo RI, Bambang Tri Santoso. Bambang menyampaikan, pihaknya siap mendukung pergerakan Relawan TIK dalam mendampingi masyarakat.

“Kami terus mendukung dan mengapresiasi pengabdian seluruh Relawan TIK se-Indonesia dalam meliterasi masyarakat di bidang TIK, sehingga indeks literasi digital dapat terus ditingkatkan di daerah masing-masing,” ujar Bambang.

Bambang berharap, Festival TIK 2023 menjadi ajang inaugurasi antar sesama pegiat TIK di seluruh Indonesia. Sehingga, mereka dapat memberikan edukasi secara optimal kepada masyarakat.

“Semoga Festival TIK ini sebagai ajang inaugurasi antar sesama pegiat TIK dan dapat memberikan edukasi secara optimal kepada masyarakat”, ujar Ketua Tim Literasi Digital sektor Pendidikan pada Kementerian Kominfo RI tersebut.

Exit mobile version