Sedot Anggaran 648 Juta, Sembilan Desa di Trenggalek Pilkades Tahun 2023

sedot 648 juta 9 desa di trenggalek pilkades tahun 2023

Agus Dwi Karyanto, Kepala DPMD Trenggalek/Foto: Raden Zamz (Kabar Trenggalek)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek bakal melangsungkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada tahun 2023. Dengan demikian, persiapan mulai tampak berjalan.

Agus Dwi Karyanto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Trenggalek, menerangkan saat ini pembentukan panitia Pilkades Tahun 2023 sudah selesai. Oleh karena itu, pendaftaran bakal mulai akhir bulan Juli sampai Agustus.

“Tahapan Pilkades untuk pendaftaran calon akan dimulai akhir bulan Juli sampai awal Agustus 2023 mendatang,” terangnya saat dikonfirmasi awak media.

Kata Agus, pihaknya sudah melakukan sosialisasi pembinaan Pilkades satu persatu. Kemudian masing-masing desa diharapkan dapat memahami tugas dan fungsinya. Termasuk juga memahami tugas dan fungsinya.

“Pilkades bakal berlangsung 28 Oktober 2023, biaya Pilkades sendiri sudah kami anggarkan sebesar 648 juta,” tambahnya.

Menurutnya, pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) sudah dicabut untuk pemungutan suara normal tak menggunakan protokol Covid-19 di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sembilan desa yang bakal melangsungkan Pilkades 2023 di antaranya adalah, Kecamatan Dongko di Desa Salamwates; Kecamatan Pule di Desa Tanggaran dan Desa Jombok; Kecamatan Bendungan di Desa Masaran;

Kemudian, Kecamatan Pogalan di Desa Ngadirenggo dan Wonocoyo; Kecamatan Tugu di Desa Banaran; Kecamatan Suruh di Desa Nglebo; Kecamatan Karangan di Desa Salamrejo.

“Untuk meminimalisir gesekan, setiap Desa bakal membuat satu TPS. Karena kalau lebih dari satu dikhawatirkan ada gesekan,” tandasnya.

Exit mobile version