Kabar Duka, Satu Jamaah Haji Trenggalek Meninggal di Makkah

kabar duka satu jamaah haji trenggalek meninggal di makkah

Suasana ibadah haji di Makkah/Foto: Pixabay

Kabar duka dari jamaah Haji asal Kota Alen-Alen Trenggalek. Jamaah Haji yang tergabung Kelompok Terbang (Kloter) 47 dikabarkan meninggal di rumah sakit Arab Saudi.

Agus Prayitno, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Trenggalek, menerangkan jamaah haji meninggal atas nama Fadjar Ismail (68) asal Kelurahan Surodakan, Kecamatan Trenggalek.

“Meninggalnya saat dirawat di rumah sakit pada Jumat [30/06/2023] pukul 23.00 waktu Arab Saudi atau di Indonesia sekitar Sabtu [01/07/2023] pukul 03.00 WIB dini hari,” terang Agus saat dikonfirmasi.

Agus menerangkan, jamaah kloter 47 tersebut berangkat dengan Istri, Partining Sudartini. Jamaah yang meninggal itu dibantu menggunakan kursi roda, namun memiliki riwayat sakit sebelum berangkat.

“Memang beliau sejak dari rumah memiliki riwayat keluar masuk rumah sakit. Saat berangkat keadaan sehat dan pasca Nafar Awal masuk rumah sakit,” tegasnya.

Sampai beliau meninggal, jamaah haji asal Trenggalek itu sedang perawatan di rumah sakit Arab Saudi. Kata Agus, dengan kondisi tersebut jamaah di badal haji.

“Kondisi jasad jamaah dimakamkan di Arab Saudi, melalui perawatan jenazah yang bagus dan disholatkan di Masjidil Haram,” paparnya.

Agus menambahkan, kondisi jamaah haji asal Trenggalek di Mekkah saat ini dalam kondisi lelah. Karena, mayoritas jamaah kloter 46 dan 47 diisi lansia.

“Komunikasi dengan pendamping haji terakhir kondisi jamaah terlihat lelah pasca menjalankan ibadah haji, kami berpesan agar jamaah memaksimalkan istirahat dulu,” ujar Agus.

Exit mobile version