Tujuh Wisata Alam Ponorogo yang Memikat Hati

wisata alam ponorogo utama

Pengunjung sedang berfoto di Wisata Alam Ponorogo/Foto: sitialfinur (Instagram)

Ketika orang mendengar Ponorogo, yang terlintas dalam benak adalah kesenian Reog. Memang, seni tari Reog Ponorogo begitu mendunia dan pernah diklaim negara tetangga, Malaysia.

Tak kalah dengan kesenian Reognya, Kabupaten Ponorogo memiliki wisata alam yang mampu memikat wisatawan untuk berkunjung. Wisata alam Ponorogo begitu beragam dengan pemandangan yang indah. Layaknya pemain jathilan Reog Ponorogo, pemandangan yang disuguhkan begitu cantik dan memesona.

Wisata alam dibanding wisata buatan lainnya memiliki nilai lebih, sehingga banyak dikunjungi kalangan muda. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan berkunjung ke wisata alam, termasuk wisata alam Ponorogo.

Manfaatnya, antara lain seperti mendapatkan suasana baru, sebagai media belajar mencintai alam dan kelestariannya, bisa menghirup udara segar, serta bisa menjadi pelepas penat paling efektif.

Terutama bagi kamu yang tiap hari tinggal di perkotaan padat, tak ada salahnya untuk ambil cuti dan berlibur ke alam. Karena di alam, kamu bisa healing untuk jaga kesehatan mental dan melepas penat dari padatnya pekerjaan.

1. Telaga Ngebel

Potret pengunjung sedang berfoto di Telaga Ngebel/Foto: ay_tyar (Instagram)

Telaga Ngebel berada berada di ujung barat Kabupaten Ponorogo, berdekatan dengan Kabupaten Madiun. Lebih tepatnya berada di Jl. Raya Ngebel No.16, Bentis, Desa Wagir Lor, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo.

Di telaga ini, pengunjung dapat menikmati indahnya danau yang dikelilingi oleh hutan pinus. Letaknya yang berada diketinggian lebih dari 700 m dpl, membuat telaga ini selau diselimuti udara sejuk dan terkadang dingin.

Suasana seperti ini sangat cocok untuk dijadikan tempat helaing dan melepas penat dari rutinitas kerja yang padat. Selain itu, sepanjang perjalanan memasuki tempat wisata ini kamu disuguhkan dengan rimbunnya hutan.

Saat musim durian, sepanjang jalan di Telaga Ngebel banyak yang menjajakannya. Ada beraneka ragam jenis durian yang bisa kamu cicipi di sini sembari nikmati indahnya pemandangan alam.

Lokasi google maps: https://goo.gl/maps/nvLut3FsxxPt8xiw6

2. Wisata Tanah Goyang

Pengunjung sedang bersantai di wisata Tanah Goyang Ponorogo/Foto: sucifan_ (Instagram)

Siapa yang tak betah berada di padang rumput dengan pemandangan serba hijau. Jika ingin mendapatkan pengalaman di tempat seperti ini, kamu bisa merasakannya di Wisata Tanah Goyang Ponorogo.

Dinamakan tanah goyang karena tanah di tempat ini lembek ketika diinjak. Kondisi tanah seperti ini dikarenakan dulunya sebuah rawa-rawa yang ditumbuhi rumput hingga airnya mengering.

Pemandangan alam yang indah di tempat ini membuat siapapun terhipnotis dan tak ingin segera beranjak. Dominasi rerumputan hijau sejauh mata memandang dan lokasinya yang dikelilingi hutan-hutan membuat tempat ini begitu menenangkan.

Paling tepat jika ke tempat ini sekaligus berkemah. Lokasinya yang relatif datar dan lapang sangat tepat jika dijadikan tempat berkemah. Kemudian kamu bisa merasakan suasana di sini dari pagi hingga malam.

Lokasi google maps: https://goo.gl/maps/Bnu21nXRkzsjKRUs8

3. Wisata Mloko Sewu

Pemandangan alam menakjubkan di Mlowo Sewu/Foto: _iyka.san (Instagram)

Selain Telaga Ngebel, ada juga wisata alam di Ponorogo yang berada di atas ketinggian, yakni Wisata Mloko Sewu. Tempat wisata ini berada di atas ketinggian 800 m dpl.

Dari tempat ini, kamu bisa menyaksikan Telaga Ngebel dari ketinggian. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan kebun bunga yang indah di sini.

Pemandangan alam yang hijau semakin terasa di Mloko Sewu ini. Karena berada di atas ketinggian. Membuat udara di sini dingin dan segar.

Lokasi google maps: https://maps.app.goo.gl/SNtzEckgB6LNEPey6

4. Tumpak Pare

Potret hijaunya rerumputan dan hutan di Tumpak Pare Ponorogo/Foto: Gocharniansya (Instagram)

Keindahan alam Ponorogo tak ada habis-habisnya. Kendati tak memiliki pantai, landscape pegunungan Ponorogo menawarkan pengalaman wisata yang menarik.

Tumpak Pare adalah salah satunya yang menawarkan landscape alam di pegunungan. Dengan dominasi warna hijau dari rerumputan dan hutan menyegarkan pandangan.

Saat pagi tiba, awan menyelimuti tempat wisata alam Tumpak Pare. Imajinasi terpantik seolah berada di negeri dongeng. Belum lagi udaranya yang sejuk membuat betah berlama-lama di sini.

Lokasi google maps: https://maps.app.goo.gl/h8LbzraPN6YAwAMG6

5. Air Terjun Sunggah

Air terjun yang tinggi di Ponorogo/Foto: Dwiphartono (Instagram)

Memiliki ketinggian 50 meter, Air Terjun Sunggah menawarkan pemandangan alam dengan suasana hutan di sekitarnya. Ada juga persawahan dengan sistem terasering yang mempercantik air terjun ini.

Lingkungan di kawasan Air Terjun Sunggah memiliki kelestarian yang masih terjaga. Wisata tersebut bisa menjadi alternatif wisata alam di Ponorogo.

Lokasi google maps: https://maps.app.goo.gl/7Kv8d1oTtXU1KeDx6

6. Gunung Beruk

Pengunjung sedang berfoto di Gunung Beruk Ponorogo/Foto: sitiaalfinur (Instagram)

Jika kamu ingin bersantai dengan menikmati pemandangan lereng pegunungan, maka bisa mampir di wisata alam Gunung Beruk Ponorogo. Tempat ini memiliki lanskap yang keren dan Instagramable.

Tempat wisata di Ponorogo tersebut menawarkan tempat liburan yang memiliki nuansa alam menenangkan. Alamnya masih lestari dan udaranya sejuk, mampu menghipnotis siapa pun yang datang untuk tak segera beranjak.

Selain itu, di sini juga terdapat gardu pandang yang asyik untuk menimati pemandangan alam. Gardu pandang ini juga menjadi langganan para pengunjung untuk mengambil gambar.

Lokasi google maps: https://maps.app.goo.gl/Wa8TXE4tGhwSAS8T7

7. Air Terjun Kokok

Indahnya Air Terjun Kokok di Ponorogo/Foto: Ventian Sopespian

Rekomendasi wisata alam Ponorogo selanjutnya adalah Air terjun Kokok.  Kecamatan Sawoo. Air terjun ini bisa menjadi salah satu lokasi alternatif untuk menghabiskan waktu liburan sekaligus bertualang.

Air terjun tersebut masih alami sehingga mampu memikat hati para pengunjung untuk datang kembali. Bagian paling unik dari air terjun ini adalah air memiliki dua air terjun, di atas dan di bawah.

Untuk mencapai lokasi Grojogan Kokok, dari wilayah kota memerlukan waktu perjalanan sekitar satu jam. Sesampainya di lokasi parkir, wisatawan harus berjalan kaki sejauh 700 meter.

Di lokasi air terjun grojogan kokok ini, wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang air terjun yang menjulang tinggi. Selain itu, wisatawan juga bisa bermain air dan berendam di sungai. Namun, saat hujan mengguyur, wisatawan diminta tidak berendam di sungai karena setiap saat arus sungai bisa bertambah deras dan membahayakan.

Lokasi google maps: https://maps.app.goo.gl/68XEJ6jyK6vbK3o48

Terima kasih sudah membaca artikel di Kabar Trenggalek. Semoga ulasan tentang ‘Wisata Alam Ponorogo’ ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Exit mobile version