25.2 C
Trenggalek
Jumat, Desember 8, 2023

Kembali Pegang Komando Ansor Trenggalek, Gus Zaki: Hadir untuk Merawat Alam 

Gerakan Pemuda Ansor Trenggalek pasca Konferensi Cabang (Konfercab) Sabtu (14/01/2023), kini tongkat komando kembali dipegang Muhammad Izzudin Zakki (Gus Zaki). 

Berdasarkan pantauan Kabar Trenggalek, Gus Zaki menjadi calon tunggal untuk dipilih menjadi Ketua Ansor untuk periode kedua 2023 – 2027 mendatang.

Gus Zaki menerangkan, pada konfercab tingkat kehadiran dari ranting maupun anak cabang hampir 100%. Hal itu menjadi pratanda komitmen untuk satu komando organisasi Ansor Trenggalek.

Grand tema utama kami adalah merawat alam. Bagaimanapun, kita tidak boleh saklek akan tetapi kami harus menyesuaikan seiring berjalannya zaman,” ungkapnya saat dikonfirmasi.

Gus Zaki tak menafikan bahwa Ansor dan Banser memiliki dasar kaidah yang tidak bisa diubah. Namun, secara pergerakan harus bisa menyesuaikan tuntutan zaman.

“Periode kedua saya ini lebih hadir di masyarakat untuk menjaga dan merawat alam yang kami cinta. Nantinya, kader Ansor dan Banser di ranting bisa menjadi contoh pergerakan menjaga alam dari mulai hal kecil tidak membuang sampah sembarangan,” katanya saat ditemui. 

Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Kedunglurah, itu mengaku menjaga alam akan menjadi menu baru di Ansor dan Banser. Dirinya berkaca dari kondisi geografis Trenggalek dikelilingi hutan yang harus dirawat dan dijaga. 

“Kami mulai saat ini menanam dan menjaga, masalah dampaknya seperti apa itu yang akan memetik generasi selanjutnya. Seharusnya menjaga alam adalah tugas primer masyarakat trenggalek,” tegasnya. 

Komitmen menjaga alam salah satunya sikap tegas Ansor dan Banser Trenggalek untuk menolak tambang emas Hal itu menjadi bukti menyelamatkan alam yang berpotensi dirusak dengan bisnis ekstraktif penambangan emas. 

“Dampaknya menjaga alam itu seperti apa, tentu itu akan terjawab pada generasi kami mendatang. Bukan berpikir seperti pekerja yang saat ini mengeluarkan keringat nanti akan dibayar, namun ini demi keberlangsungan ruang hidup generasi penerus,” tandas Gus Zaki.

ARTIKEL TERKAIT
MORE

POPULER