28.6 C
Trenggalek
Kamis, Desember 7, 2023

Berhati-Hatilah Mengajak Buah Hati Bermain di Green Park Trenggalek, Jangan Seperti yang Kami Alami

Ada banyak wahana permainan di fasilitas umum Kabupaten Trenggalek, misalnya di alun-alun Trenggalek, terdapat ayunan serta papan seluncur khusus anak-anak. Ada lagi wahana permainan di taman Green Park Trenggalek, terdapat tempat bermain serupa yang bisa digunakan untuk ngemong anak-anak.

Namun saat mengajak buah hati bermain di area Green Park Trenggalek, Anda harus waspada dengan fasilitas yang dipasang. Pasalnya, beberapa kali terdapat anak yang kakinya terperosok pada besi yang mulai berkarat.

Ini merupakan kisah nyata yang saya alami pada Kamis (19/01/2023) pagi. Ketika mengajak anak bermain di Green Park Trenggalek, kaki anak saya terjepit besi pijakan wahana seluncur. Hal itu membuat kakinya luka lecet, tak ayal ia menangis dengan keras.

green park trenggalek berbahata3002002687366530988 1
Wahana bermain di Green Park Trenggalek yang berkarat/Foto: Trigus D Susilo

Tidak hanya anak saya yang mengalami kecelakaan permainan, 10 menit sebelum kejadian pada anak saya, kecelakaan saat bermain juga terjadi pada anak lain yang sedang bermain. Seorang bocah yang ditemani ayahnya tersebut harus menangis menahan rasa sakit ketika kakinya terjepit besi. Saya membantu mengeluarkan kaki anak tersebut sebelum ayahnya sampai menolong.

green park trenggalek1457363258050616320
Anak saya yang menangis karena kakinya terperosok di wahana bermain Green Park Trenggalek/Foto: Trigus D Susilo

Usut punya usut, ternyata beberapa fasilitas permainan yang ada di Green Park Trenggalek tersebut telah rusak, besi yang terpasang mengalami korosi dan juga patah sebagian. Hal ini menyebabkan adanya rongga yang bisa menjebak kaki anak-anak ketika bermain, terutama apabila mereka asyik terlena saat bermain.

green park trenggalek besi patah3750979047123004465
Lubang dengan besi berkarat di wahana bermain Green Park Trenggalek/Foto: Trigus D Susilo

Misalnya pada tempat terowongan seluncur yang ditunjukkan pada foto di atas, papan besi pijakannya telah hilang sebagian sehingga berbahaya bagi anak-anak saat bermain. Kaki anak yang masih kecil bisa masuk terperosok ke dalam rongga besi tersebut. Alih-alih hanya luka memar biasa, besi yang terkorosi bisa menyebabkan tetanus apabila mengenai bagian tubuh.

besi berkarat green park trenggalek8594943994499987207
Besi berkarat di wahana bermain Green Park Trenggalek/Foto: Trigus D Susilo

Dikutip dari situs alodokter.com, dr. Adhi Pasha, menyatakan bahwa benda berkarat dapat menimbulkan beberapa risiko bahaya pada diri kita. Resiko itu di antaranya seperti dapat menimbulkan reaksi alergi, risiko infeksi tetanus jika mengalami luka akibat benda berkarat yang mengandung bakteri clostridium tetani, serta risiko lainnya.

Tentu saja besi berkarat di Green Park Trenggalek ini sangat menghawatirkan bagi buah hati apabila mengalami kecelakaan bermain. Niat hati ingin menghibur anak supaya senang, justru malah mendapatkan petaka.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi orang tua yang hendak mengajak anak-anaknya bermain di Green Park Trenggalek.

ARTIKEL TERKAIT
MORE

POPULER