25.6 C
Trenggalek
Kamis, Desember 7, 2023

Inilah Persiapan Wajib Sebelum Berkemah di Alam Terbuka

Kabar Trenggalek Melakukan kemah di alam terbuka merupakan kegiatan yang seru terutama untuk menghabiskan liburan, seperti liburan tahun baru 2023. Selain seru, kegiatan kemah di alam terbuka dapat menghilangkan penat dan refreshing.

Untuk mendapatkan pengalaman kemah yang menyenangkan, maka perlu mematangkan persiapan wajib sebelum berkemah di alam terbuka. Karena demi kenyamanan dan keselamatan, mengingat alam terbuka jarang ada manusia dan toko-toko yang menjual kebutuhan seperti makan dan tidur.

Jika masih bingung apa persiapan yang diperlukan, Kabar Trenggalek akan memberi rekomendasi hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum kemah di alam terbuka.

1. Persiapan Fisik 

Jangan sampai berkemah di alam terbuka tanpa melakukan persiapan fisik. Seperti menjaga kesehatan dan minum vitamin untuk menjaga kekebalan tubuh dari serangan penyakit.

Selain itu perlu berolahraga sebelum berkemah, karena kekuatan fisik juga diperlukan saat berkemah. Biasanya tempat kemah di alam terbuka jaraknya cukup jauh dari pusat keramaian. Dan aksesnya banyak yang tidak bisa diakses dengan kendaraan, dan mengharuskan berjalan kaki.

Belum lagi jika jalurnya menanjak dan terjal. Alhasil tenaga yang diperlukan juga cukup banyak. Jika tidak melakukan persiapan fisik jika sudah sampai tempat kemah malah kelelahan dan kurang menikmati liburan.

2. Persiapan Perbekalan

Perbekalan sebelum kemah di alam sangat penting. Perbekalan itu mencakup makan-minum dan uang saku. Selama di alam harus membawa makanan yang mudah dibawa dan mudah diolah.

Dan jangan lupa membawa uang saku. Karena bisa dipakai untuk membeli tiket masuk tempat perkemahan. Selain itu bisa membeli keperluan darurat yang terlewat tidak dibeli.

3. Peralatan Masak yang Simpel

Saat kemah bawalah peralatan masak yang simpel dan mudah dibawa. Sehingga ransel yang dibawa tidak terlalu berat dan masih ada ruang untuk membawa barang penting yang perlu dibawa, seperti baju ganti.

Peralatan masak ini mencakup kompor dan panci untuk memasak. Pilih barang yang ringan dan mudah dibawa.

4. Alat Penerangan

Saat berkemah jangan lupa bawa penerangan. Karena saat malam tiba, tidak ada sumber penerangan selain bulan dan bintang. Dan itu kurang cukup untuk memberikan penerangan saat berpergian di waktu gelap.

Bawalah lentera atau senter yang mudah dibawa. Karena pertimbangannya adalah simpel dan dibawa.

5. Sleeping Bag

Sleeping bag selain dipakai tempat tidur, juga berguna menghindari udara yang dingin di malam hari. Dan juga dengan tidur di sleeping bag lebih nyaman daripada tidur di atas tikar saat kemah. Sehingga dapat beristirahat dengan nyaman dan tenang.

6. Obat-Obatan

Meskipun berkemah untuk liburan dan tidak sakit, obat-obatan tidak boleh terlewatkan untuk dibawa. Karena untuk berjaga-jaga dari hal yang tidak dinginkan.

Terutama jika pernah terkena penyakit tertentu maka perlu bawa obat-obatan. Dan jangan lupa melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

7. Pemantik Api

Tanpa pemantik api maka tidak bisa membuat api unggun. Padahal api unggun penting saat di alam terbuka untuk menghindari binatang buas.

Jangan lupa membuat api unggun di tempat yang aman. Dan jangan sampai apinya merembet ke tempat lain.

Itulah hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan kemah di alam terbuka. Semoga artikel dari Kabar Trenggalek ini bermanfaat untuk kita semua.

BACA JUGA:

ARTIKEL TERKAIT
MORE

POPULER