TRENDING

Trenggalek is the Southern Paradise, Buku Merawat Khazanah Bumi Menak Sopal

Terbit:

Kabar Trenggalek Trenggalek is the Southern Paradise buku cetusan istri Bupati Trenggalek, Novita Hardini Mochamad. Buku tersebut adalah rekaman kekayaan Bumi Menak Sopal, Rabu (23/11/2022).

Menurut Novita, buku demikian ditulis dan dirancangnya sebagai wujud merawat khazanah kehidupan dengan baik. Dalam isi buku juga merekam jejak sejarah dan kebudayaan Trenggalek. 

advertisement

“Semua keputusan perempuan atau saya tidak akan lepas dari sejarah masa lampau yang pernah dilewati,” cetus Novita dalam podium saat meluncurkan buku karyanya itu.

Harapnya, buku tersebut mampu tersebar luas di kalangan anak muda Trenggalek. Karena, Novita sendiri berkaca kalau tidak paham sejarah.

Baca: Hari Ibu Nasional 2022, Novita Hardini Resmikan Ruang Menyusui di Pendapa Trenggalek

“Bagaimana tokoh seperti Sarinah dan Kartini dalam mengambil keputusan dalam berjuang kalau saya tak paham sejarah demikian maka keputusan hanya berdasarkan emosional,” tegasnya.¬†

Menurut Novita, merupakan tantangan besar bagaimana bisa merubah pola pikir melalui literasi. Dirinya juga berharap generasi z di usianya saat ini dapat belajar tentang sejarah.

Rencananya, founder UPRINTIS Indonesia itu, ke depan bakal membuat karya lagi dengan harapan bisa menularkan dan membangun keberanian perempuan untuk bisa menjadi pemimpin.

“Setidaknya dari tulisan saya, saya bisa menjadi cahaya bagi setiap pembaca sehingga pembaca bergerak dari hatinya untuk memberikan kontribusi untuk Indonesia,” harap Novita Hardini.

advertisement

Baca: Novita Hardini Dampingi UMKM Trenggalek Kembangkan Kuliner Khas Ayam Lodho

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh sang istri yang turut mendorong beberapa faktor utama dalam beberapa kebijakan. 

Rincinya, seperti program 5 ribu pengusaha perempuan, Sepeda Keren, serta bagaimana UMKM perempuan bisa naik kelas melalui UPRINTIS Indonesia.

“Dan sekarang masuk ke legacy bagaimana branding itu dimulai dari budaya, keunikan, yang kemudian ditulis di dalam buku southern paradise ini, saya berterima kasih sekali,” tutur Mas Bupati Ipin.

advertisement

TERBARU

Pemilu 2024, PKS dan NasDem Pasang Badan Soal Dapil Trenggalek Berubah

Kabar Trenggalek - Perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang sudah mendapat perhatian dari partai...

7 Bunga yang Mengeluarkan Aroma Harum saat Malam Hari, Salah Satunya Sering Dijumpai di Pemakaman

Kabar Trenggalek - Untuk menghiasi rumah, kebanyakan orang akan menanam tumbuhan. Entah di depan...

Target Kemiskinan Ekstrem 2024 Nihil, Mas Ipin: Trenggalek Hanya 1,8 persen 

Kabar Trenggalek - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek terus berpacu untuk menekan angka kemiskinan ekstrem....

TOPIK TERKAIT