TRENDING

Tema Hari Pahlawan 2022: Pahlawanku Teladanku

Terbit:

Kabar Trenggalek Setiap tanggal 10 November, diperingati sebagai Hari Pahlawan. Pada tahun 2022 ini, Hari Pahlawan mengambil tema “Pahlawanku Teladanku”. Tema Hari Pahlawan 2022, disusun oleh Kementerian Sosial, (10/11/2022).

Berdasarkan keterangan resmi Kementerian Sosial, kemerdekaan yang dirasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari pendahulu negeri. Salah satu pengorbanan itu seperti yang ditunjukkan pada pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kemudian dikenal dengan Hari Pahlawan.

advertisement

“Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat dan diperingati secara seremonial saja pada setiap tanggal 10 November, namun lebih dari itu bagaimana kita dapat mengambil makna yang terkandung di dalamnya,” tulis Kementerian Sosial.

Perjuangan dan pengorbanan para pahlawan, Kementerian Sosial berharap masyarakat dapat menginspirasi dan memotivasi untuk meneruskan pembangunan dan mengisi kemerdekaan.

Baca: Pemerintah Umumkan Lima Tokoh Baru sebagai Pahlawan Nasional, Ini Daftarnya

Setiap orang dapat berperan sesuai kemampuan, keahlian, dan keterampilan masing-masing untuk memberikan kontribusi bagi bangsa sebagai wujud pahlawan masa kini. Hal itulah yang menjadi landasan tema Hari Pahlawan Tahun 2022 Pahlawanku Teladanku.

“Pada masa lalu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti: kemiskinan, bencana alam, narkoba, pahampaham radikal dan termasuk berjuang melawan dampak dari pandemi covid 19 yang telah berlangsung selama lebih dari dua tahun,” terang Kementerian Sosial.

Melalui semangat ā€œPulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuatā€, bangsa Indonesia diharapkan dapat melaksanakan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 dengan khidmat dan tidak kehilangan makna.

Masyarakat juga diharapkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta membantu sesama tanpa memandang sekat-sekat perbedaan.

advertisement

Baca: Supriyadi, Pahlawan dari Trenggalek yang Memberontak di Hari Valentine

“Apabila setiap insan masyarakat Indonesia memiliki kesadaran dan kemauan untuk mengimplementasikan semangat dan nilai kepahlawanan, maka hal tersebut dapat menjadi salah satu modal untuk membangun bangsa,” jelas Kementerian Sosial.

Melalui Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 di tengah pandemi covid 19, Kementerian Sosial berharap masyarakat turut berpartipasi dan menggaungkan semangat dan nilai kepahlawanan dengan berbagai kegiatan dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Kementerian Sosial mengimbau, supaya masyarakat menjadikan momentum Hari Pahlawan Tahun 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa.

“Bersama-sama menjadi pahlawan masa kini yang dapat dimulai dari sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya. Jadikanlah semangat dan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di dalam setiap langkah kehidupan kita,” tandas Kementerian Sosial.

advertisement

TERBARU

Raih Rekor Tertinggi, 70.000 Mahasiswa Daftar Program Kampus Mengajar untuk Tingkatkan Pendidikan Indonesia

Kabar Trenggalek - Program Kampus Mengajar meraih rekor tertinggi dalam pendaftar dari kalangan mahasiswa....

Berkunjung ke Qatar, Sandiaga Uno Dapat Kejutan dari Warga Trenggalek

Kabar Trenggalek - Piala Dunia 2022 di Qatar tak hanya bola yang diproduksi dari...

Kasus Kecelakaan Akibat Mabuk, Polri Siapkan Alat Tes Alkohol dan Narkoba

Kabar Trenggalek - Kasus kecelakaan marak terjadi hampir setiap hari. Merespons kondisi tersebut, Korlantas...

TOPIK TERKAIT