TRENDING

Selain Longsor dan Banjir, 4 Dampak Buruk Ini Sering Terjadi Saat Musim Hujan 

Terbit:

Kabar Trenggalek Saat musim hujan datang, biasanya kita mengantisipasinya dengan menyediakan jas hujan di dalam kendaraan untuk beraktivitas. 

Jalanan menjadi licin dan suhu menurun, menyebabkan kita harus berhati-hati saat mengemudi. Makanan berkuah menjadi pilihan utama untuk menu keseharian kita, begitu juga dengan minuman hangat, entah kopi ataupun teh. 

advertisement

Kebiasaan kita pun turut berubah seiring bergantinya musim, dari yang biasanya tiduran di lantai, jadi lebih memilih tiduran di atas sofa atau kasur.

Baca: Bencana Trenggalek: Satu Pondok Pesantren di Munjungan Nyaris Ambrol

Musim hujan juga sering menyebabkan banjir, terutama untuk kita yang tinggal di dataran rendah. Sementara kita yang tinggal di dataran tinggi akan was-was dengan ancaman tanah longsor. 

Bukan cuma kedua hal buruk itu yang bisa terjadi saat musim hujan datang, ada beberapa hal buruk lainnya yang terkadang kita abaikan, dan alangkah baiknya kita tetap waspada. 

Nah, berikut 4 hal buruk yang bisa terjadi saat musim hujan, selain banjir dan longsor:

1. Sambaran Petir

Sambaran petir akan sering terjadi selama musim hujan berlangsung dan tak jarang memakan korban jiwa. Hindarilah aktivitas di tempat-tempat terbuka pada saat petir terus menyambar. 

Alangkah baiknya kita juga menghindari pemakaian headset pada ponsel yang sedang dicas.

advertisement

Pernah terjadi kasus sambaran petir ke rumah yang menyebabkan aliran listrik dari petir mengalir sampai ke penggunanya. 

Jika kita sedang berjalan atau mengendarai sepeda motor di jalan, berteduhlah sejenak di dalam bangunan saat kita melihat petir yang terlalu sering menyambar. Jangan mengambil resiko jika nyawa menjadi taruhannya.

2. Hewan Masuk ke Rumah

Biasanya hewan yang masuk ke rumah pada saat musim hujan adalah hewan-hewan yang tinggal di tanah, dari mulai cacing, lipan, sampai ular. 

Waspadai kedatangan mereka dengan selalu membersihkan kamar mandi dan tempat-tempat lembab di rumah kita. 

Pastikan penerangan yang tersedia cukup untuk mengetahui adanya hewan yang masuk ke dalam rumah. Kita juga bisa menggunakan wewangian yang bisa mengusir hewan-hewan tersebut.

Baca: Banjir di Watulimo Trenggalek, 2 Talud Sungai Ambrol dan 8 Rumah Warga Terancam

3. Kabut Tebal

Kabut tebal bisa terjadi di daerah yang memiliki banyak hutan. Pada musim hujan kabut akan sering datang dan menutupi jalanan yang biasa digunakan. 

Hal ini tak jarang menyebabkan kecelakaan lalu lintas dan memakan korban jiwa. Sebaiknya turunkan kecepatan dan nyalakan lampu sorot pada saat berkendara di jalanan yang berkabut.

4. Mudah Terkena Flu

Flu jadi lebih mudah datang pada saat musim hujan, entah disebabkan karena tertular oleh orang lain ataupun kebiasaan kita yang harus berhadapan dengan suhu rendah dan air hujan. Penting bagi kita untuk menjaga daya tahan tubuh dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi vitamin. 

Itulah 4 hal buruk yang bisa terjadi saat musim hujan, selain banjir dan longsor. Sebenarnya hujan juga merupakan berkah bagi banyak orang, dari mulai kesejukannya sampai manfaat untuk kesuburan tanah. 

Sebagai manusia, kita dibekali dengan akal pikiran untuk menghadapi situasi sulit, termasuk hal buruk yang bisa terjadi pada musim hujan. Jangan pernah malas untuk melakukan tindakan pencegahan sebelum terkena dampak buruk dari musim hujan.

advertisement

TERBARU

Cara Mudah Berlangganan Video untuk Nonton Piala Dunia 2022

Kabar Trenggalek - Apakah Anda pecinta sepak bola tapi sedang sibuk keluar rumah terus?...

Indikasi Perkawinan Anak di Trenggalek Menurun, Pemkab: Jangan Terlena

Kabar Trenggalek - Indikasi perkawinan anak di Trenggalek menurun. Nafas lega itu tak boleh...

AMD Rilis Ryzen 7020 Series untuk Mobile dengan Performa Unggul

Kabar Trenggalek - AMD resmi merilis jajaran baru Ryzen 7020 Series dan Athlon 7020...

TOPIK TERKAIT