TRENDING

Mengenal Ular Tampar, Hidup Sekitar Lingkungan Manusia Namun Tidak Berbahaya

Terbit:

Orang Jawa menyebutnya Ulo Tampar, namun secara luas disebut sebagai Ular Tali Picis atau Ular Tambang. Dalam bahasa Inggris ulo tampar disebut Painted bronzeback.

Sedangkan nama latinnya adalah Dendrelaphis pictus, sesuai dengan nama spesifiknya, pictus. Arti dari pictus adalah “berhias”, mengacu pada warna tubuhnya, karena ular ini memang memiliki warna yang cenderung bagus.

advertisement

Ular Tampar bisa mencapai panjang 1,4 meter. Tubuh bagian atas berwarna kecokelatan, dengan warna perunggu pada puncak badannya. Pada sisi badannya, terdapat satu atau dua garis tipis berwarna kehitaman, yang keduanya dipisahkan oleh garis tebal berwarna krem atau kekuningan.

Bagian bawah tubuhnya berwarna krem atau kuning pucat. Kepalanya berwarna sama dengan tubuh bagian atas, dengan corak berwarna hitam yang terdapat di depan dan belakang matanya.

foto foto ular tampar
Foto Ular Tampar di ambil dari berbagai sisi dan kondisi/Foto: Ecology Asia

Ular tampar sering dijumpai oleh manusia, ia aktif berkeliaran pada siang hari di pepohonan, tanaman, atau semak-semak. Terkadang ular ini juga berkelana di tanah atau rerumputan. Perlu diketahui ular ini mudah gugup dan akan cepat melarikan diri ketika merasa terganggu.

Makanan utamanya adalah kadal, katak dan juga tikus, Saat terancam, atau saat memakan mangsanya, ular ini akan menggembungkan tubuhnya sedikit hingga menampakkan kulit kebiruan atau pirus di bawah sisik tubuhnya.

Uniknya, anakan ular ini diperjualbelikan di di marketplace dengan kisaran harga Rp. 20.000 s/d Rp. 50.000. Orang-orang menjadika ular ini sebagai hewan peliharaan karena bentuknya yang unik menyerupai tali tampar.

advertisement

TERBARU

Care Bebek, Gus Samsudin Feat Minthul Woko Channel, Lagi Lagi Trending YouTube Musik

Kabar Trenggalek - Gus Samsudin sempat kontroversial akibat pengobatannya dibongkar Pesulap Merah. Namun, ketenaran...

Hari Guru Nasional 2022, Wakil Bupati Trenggalek Tekankan Pentingnya Merdeka Belajar

Kabar Trenggalek - Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara, menghadiri kegiatan sarasehan dalam rangka...

Viral Sekelompok Orang Copot Papan Nama Gereja Reformed Injili Indonesia di Bantuan Korban Gempa Cianjur

Kabar Trenggalek - Bencana gempa bumi yang menimpa Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menyisakan duka...

TOPIK TERKAIT