TRENDING

Mengenal Efek Barnum, Penyebab Orang Lebih Percaya Ramalan Zodiak

Terbit:

Kabar Trenggalek Siapa di sini yang percaya dengan ramalan zodiak kalau gak gitu test kepribadian yang beredar di internet? Tak sedikit lho yang percaya dengan hasil ramalan zodiak dan test kepribadian online. Apakah itu termasuk kalian semua pembaca Kabar Trenggalek?

Bagi yang percaya dengan hasil ramalan itu biasanya merasa apa yang diramalkan itu sesuai dengan kepribadian diri mereka. Dan mereka yakin kalau hasil ramalannya ditunjukan secara khusus untuk mereka.

advertisement

Sejauh ini yang berantusias tentang ramalan zodiak didominasi oleh kaum muda atau remaja. Karena dalam fase ini adalah masa-masa transisi menuju dewasa. Jadi mereka yang dalam fase ini sedang dalam masa pencarian jati diri, salah satunya dengan cara meramal kepribadian berdasarkan zodiak.

Biasanya, ramalan zodiak itu tentang kepribadian seseorang misalnya makanan favorit, kebiasaan sehari-hari, atau hal-hal yang cocok dengan kalian. Ternyata dalam sebuah psikologi ada istilah bernama barnum effect atau efek barnum untuk menjelaskan fenoma ini.

Baca: Mengapa K-Popers Sering Halu? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Apa Sih Efek Barnum Itu?

Mengutip dari hallosehat, efek barnum adalah fenomena psikologis ketika seseorang menganggap deskripsi tentang diri mereka akurat dan seolah dibuat khusus untuk mereka. Padahal deskripsi tersebut adalah gambaran secara umum, bukan secara khusus.

Sebenarnya hasil ramalan zodiak itu dibuat secara umum, sehingga hasil dari ramalan itu tidak berlaku hanya untuk kamu. Semisal ada orang lain yang kebetulan sama maka hasil ramalannya sama seperti yang kamu dapatkan.

Kalau hasil ramalannya bagus-bagus, sebenarnya tidak terlalu buruk, justru bisa membuat seseorang termotivasi untuk bisa berkembang. Bahkan dalam dunia psikologis sering kali menggunakan fenomena efek barnum untuk mensugesti seseorang.

Baca: Inilah 4 Alasan Kenapa Bodo Amat itu Diperlukan

advertisement

Nah, yang bahayanya itu kalau hasil ramalannya itu buruk-buruk. Jadi kamu bisa tersugesti dan justru membuat tidak berkembang. Tentu tak ingin kan jika hasil ramalan zodiak berdampak buruk kepada kamu?

Terlepas berdampak baik atau buruk sebuah ramalan zodiak, dalam ajaran agama tertentu melarang umatnya untuk mempercayai sebuah ramalan. Semisal agama islam yang melarang umatnya untuk mempercayai ramalan, tak hanya zodiak bentuk ramalan-ramalan lain juga dilarang.

Maka, kembali ke pribadi masing-masing mau percaya atau tidak terhadap ramalan zodiak. Yang penting kamu tidak berdampak buruk terhadap kamu.

advertisement

TERBARU

9 Wisata Kuliner Trenggalek Maknyus yang Wajib Dikunjungi, Lengkap Link Google Maps

Kabar Trenggalek - Bicara soal tempat wisata, pasti tak pernah lepas dengan wisata kulinernya....

Care Bebek, Gus Samsudin Feat Minthul Woko Channel, Lagi Lagi Trending YouTube Musik

Kabar Trenggalek - Gus Samsudin sempat kontroversial akibat pengobatannya dibongkar Pesulap Merah. Namun, ketenaran...

Hari Guru Nasional 2022, Wakil Bupati Trenggalek Tekankan Pentingnya Merdeka Belajar

Kabar Trenggalek - Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara, menghadiri kegiatan sarasehan dalam rangka...

TOPIK TERKAIT