TRENDING

Waspada! Aplikasi WhatsApp Mod YoWhatsApp Dapat Curi Data Pengguna

Terbit:

Kabar Trenggalek – WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan populer di dunia. Saking populernya, banyak sekali aplikasi WhatsApp modifikasi yang bertebaran di Internet.

Salah satu aplikasi WhatsApp modifikasi yang cukup populer adalah YoWhatsApp. Aplikasi whatsapp mod ini menawarkan berbagai fitur yang tidak dimiliki oleh whatsapp orisinil. Tapi walaupun memiliki fitur yang lebih banyak, aplikasi whatsapp mod ini tidak disarankan digunakan, karena rentan akan celah keamanan.

advertisement

Baca Juga:  Ada Fitur Baru di WhatsApp, Baca Ini Supaya Tidak Gagal Paham

Baru-baru ini Kaspersky melaporkan aplikasi whatsapp mod memiliki Trojan Triada. Trojan ini digunakan untuk mendapatkan izin akses tanpa disadari pengguna. Dalam praktiknya, izin akses yang diberikan kepada Trojan Triada adalah akses SMS.

Kaspersky menambahkan bahawa, aplikasi whatsapp mod YoWhatsApp melakukan pencurian akses ke akun pengguna dengan cara mengirimkan kunci akses WhatsApp pengguna ke server pengembang.

Kunci akses yang didapat digunakan untuk memanipulasi seolah pemilik akun sebenarnya yang bertindak. Sampai dengan artikel ini tayang, Kaspersky belum bisa memastikan apakah kunci akses yang didapat itu disalahgunakan atau tidak.

Baca Juga: Fitur Baru WhatsApp, Pengguna Bisa Keluar Grup Secara Diam-Diam

Walaupun Trojan Triada ini hanya digunakan untuk mendapatkan akses pengguna, Kaspersky juga menjelaskan hal ini bisa digunakan untuk mengambil alih akun pengguna, mengungkap komunikasi rahasia atau yang paling mengerikan adalah digunakan untuk meniru identitas pengguna.

Selain itu, Trojan Triada ini juga bisa digunakan untuk mendaftarkan pengguna whatsapp mod ke berbagai layanan premium tanpa disadari.

advertisement

Selain aplikasi whatsapp modifikasi YoWhatsApp, Kaspersky juga menemukan hal serupa pada aplikasi modifikasi lainnya seperti WhatsApp Plus.

Baca Juga: Fitur Lengkap Aplikasi GB WhatsApp yang Perlu Diketahui oleh Pengguna

Meskipun aplikasi modifikasi terlihat lebih menarik dari aplikasi resminya karena memiliki fitur-fitur yang lebih banyak. Sangat disarankan Anda menggunakan aplikasi resmi, karena lebih aman dan tentunya dapat mencegah kebocoran data.

Selalu pastikan juga Anda mendapatkan aplikasi untuk smartphone dari sumber yang jelas seperti Google Play Store ataupun AppStore.

advertisement

TERBARU

9 Wisata Kuliner Trenggalek Maknyus yang Wajib Dikunjungi, Lengkap Link Google Maps

Kabar Trenggalek - Bicara soal tempat wisata, pasti tak pernah lepas dengan wisata kulinernya....

Care Bebek, Gus Samsudin Feat Minthul Woko Channel, Lagi Lagi Trending YouTube Musik

Kabar Trenggalek - Gus Samsudin sempat kontroversial akibat pengobatannya dibongkar Pesulap Merah. Namun, ketenaran...

Hari Guru Nasional 2022, Wakil Bupati Trenggalek Tekankan Pentingnya Merdeka Belajar

Kabar Trenggalek - Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara, menghadiri kegiatan sarasehan dalam rangka...

TOPIK TERKAIT