TRENDING

Rekomendasi Makanan untuk Kamu yang Saat Ini Sedang Sedih  

Terbit:

Kabar Trenggalek Setiap orang memiliki masa-masa sulitnya sendiri, dan seringkali hal itu membawanya ke dalam perasaan sedih. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu orang yang sedang sedih, selain dengan cara menyuruhnya sabar atau malah menyalahkannya. Oleh karena itu, artikel ini membahas rekomendasi makanan untuk kamu yang saat ini sedang sedih.

Saat merasa sedih, ada beberapa orang yang menjadi tidak berselera untuk makan. Tapi ada juga orang yang nafsu makannya semakin bertambah saat sedih. Meskipun respons setiap orang berbeda, ada baiknya kita menyarankan beberapa makanan yang tepat untuk mengurangi perasaan sedih mereka.

advertisement

Makanan, secara teknis memang tidak bisa membuat orang sedih tiba-tiba bahagia. Akan tetapi, ada kandungan tertentu dalam beberapa makanan yang bisa membuat perasaan seseorang menjadi lebih baik.

Daftar Makanan untuk Kamu yang Saat Ini Sedang Sedih

Es Krim

Es Krim

Tak hanya makanan dingin yang enak, es krim bisa menjadi makanan pemicu endorfin paling lezat yang pernah ada. Es krim mengandung banyak gula dan lemak. Kandungan karbohidrat/lemak yang tinggi bisa memberi sinyal pada otak kita untuk mengalami kesenangan.

Coklat

Coklat

Memakan cokelat akan membantu tubuh untuk merasa senang. Cokelat juga dipercaya menjadi salah satu makanan yang bisa menenangkan. Memakan coklat bisa memberi dorongan energi serta mempengaruhi suasana hati kita. Tapi, kita perlu berhati-hati, sebab terlalu banyak makan cokelat juga bisa membuat kita merasa mabuk atau lesu.

Stroberi

Stroberi

Stroberi juga kaya akan vitamin C, rasanya manis dan enak. Kandungan potasium dalam stroberi membantu membangkitkan impuls saraf, sedangkan warna merah yang disebabkan oleh flavonoid bisa meningkatkan mood kita. Selain itu, flavonoid merupakan antioksidan kuat, yang membantu menghilangkan racun berbahaya dari tubuh.

Makanan Pedas

Nasi Gegog, kuliner khas Trenggalek
Nasi Gegog, kuliner khas Trenggalek/Foto: Kabar Trenggalek
advertisement

Tahukah kamu? Rasa pedas dari makanan dengan sambal, Lombok, dan lainnya itu bukanlah rasa makanan, tetapi sebenarnya adalah rasa sakit. Tapi, rasa sakit itu diimbangi oleh reaksi alami tubuh kita, untuk membantu merasa senang, atau bahkan bersemangat. Perasaan saat memakan makanan pedas itu menarik bagi orang-orang yang sedih atau kesal untuk melampiaskan perasaannya.

Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, bok choy, kangkung, sawi, dan sayuran hijau lainnya memiliki kandungan vitamin B yang juga penting untuk fungsi otak. Kekurangan vitamin B, bisa menjadi salah satu penyebab gangguan mood pada beberapa orang. Sehingga, untuk membantu meningkatkan mood, kita perlu mengonsumsi sayuran berdaun hijau.

Telur 

Ilustrasi kandungan nutrisi dalam telur
Ilustrasi kandungan nutrisi dalam telur/Foto: Pixabay

Protein yang disediakan oleh telur membantu menstabilkan gula darah dan kuning telur mengandung vitamin B, yang terbukti mengurangi keparahan gejala depresi.

Ikan Dingin

Ikan Tuna

Tuna, salmon liar, dan makarel semuanya mengandung asam lemak omega-3, yang mendukung kesehatan otak.

Kacang-Kacangan

Kacang Tanah

Kacang kenari menawarkan asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi, yang mendukung kesehatan otak. Kacang-kacangan dan biji-bijian lain seperti biji labu, biji bunga matahari, kacang tanah dan almond juga bermanfaat karena mengandung magnesium. Nutrisi ini telah terbukti meningkatkan kadar serotonin, bahan kimia otak yang “merasa nyaman”.

Biji-Bijian

Roti Gandum

Biji-bijian berserat tinggi seperti pasta gandum utuh dan roti, oatmeal dan ubi jalar membantu tubuh Anda melepaskan serotonin.

Susu Rendah Lemak

Susu

Tidak hanya keju, susu, dan yogurt rendah lemak yang baik untuk tulang Anda, kalsium dan vitamin D yang ditemukan dalam makanan ini mengandung peptida yang meningkatkan perasaan sejahtera dan relaksasi.

Teh

Teh

Teh memberikan dosis kafein, tetapi yang lebih ringan, dan memiliki manfaat otak lainnya. Meminum teh bisa mengurangi tingkat depresi seseorang. Sebab, the memiliki senyawa unik seperti teasaponin, L-theanine, dan EGCG (dalam teh hijau), yang semuanya mengurangi peradangan tubuh, dan mengurangi respons stres tubuh.

advertisement

TERBARU

AMD Rilis Ryzen 7020 Series untuk Mobile dengan Performa Unggul

Kabar Trenggalek - AMD resmi merilis jajaran baru Ryzen 7020 Series dan Athlon 7020...

11 Fakta Unik Anya Forger dalam Anime SPYx FAMILY

Kabar Trenggalek – Anya Forger adalah salah satu tokoh utama di anime SPY x...

Spoiler One Piece 1068: CP 0 Akhirnya Bertemu Luffy

Kabar Trenggalek - Setelah sempat libur pada minggu kemarin, minggu ini Manga One Piece...

TOPIK TERKAIT