TRENDING

Jarang Diketahui, Ternyata Seperti Ini Manfaat Tidur Pakai Kaos Kaki 

Terbit:

Kabar Trenggalek Tidur adalah aktivitas untuk mengistirahatkan tubuh, sehingga rasa capek yang datang hilang dan aktivitas kembali normal.

Dengan demikian, banyak orang yang mempertahankan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan tidur secara maksimal.

advertisement

Banyak orang ingin menjaga kenyamanan saat tidur, seperti mengenakan kaos kaki. Ternyata manfaat tidur pakai kaos kaki bisa menjaga kesehatan yang lebih baik. 

Sudah tahu manfaat tidur menggunakan kaos kaki? yuk simak ulasan singkat berikut:

Membantu Tidur Lebih Cepat

Suhu tubuh akan terus meningkat secara bertahap dari pagi hari dan akan memuncak pada siang hari saat Anda menjadi lebih terjaga dan waspada. Kemudian, suhu tubuh akan mulai menurun menjelang malam.

Suhu ini memengaruhi jam biologis tubuh yang mengendalikan waktu tidur sehingga membuat seseorang merasa mengantuk dan lebih cepat tidur. Jadi, saat seseorang mulai tertidur, suhu tubuh akan menurun sebanyak satu hingga dua derajat Celcius.

Sebuah organisasi Nation Sleep Foundation menguak bahwa menghangatkan kaki sebelum tidur membantu memberi otak Anda bahwa sekarang sudah waktunya tidur.

Jadi, orang yang susah tidur bisa menggunakan kaus kaki selama tidur untuk membantu tubuh mengatur suhu sehingga lebih cepat tidur.

Mencegah Hot Flashes

Hot flashes atau wajah memerah banyak terjadi pada wanita yang mengalami menopause. Ini terjadi karena fluktuasi hormon (naik dan turunnya kadar hormon) yang mempengaruhi suhu tubuh.

advertisement

Gejalanya meliputi sensasi hangat menyebar ke seluruh tubuh, berkeringat, denyut jantung meningkat, dan wajah memerah. Menggunakan kaus kaki selama tidur mampu menstabilkan suhu tubuh inti, termasuk mencegah hot flashes terjadi.

Pilih kaus kaki yang terbuat dari serat lembut alami seperti wol merino atau kasmir adalah yang paling bagus untuk menjaga kehangatan.

Pastikan ukurannya tidak terlalu sempit yang akan menghambat sirkulasi pada kaki. Bersihkan kaki Anda terlebih dahulu dan oleskan pelembap sambil memijat lembut kaki sebelum mengenakan kaus kaki.

Namun, bila kaki Anda terasa sangat panas, jangan paksakan untuk terus menggunakan kaus kaki. Anda bisa melepaskannya dan menutupi kaki Anda dengan selimut.

Membantu Mengatur Suhu Tubuh Inti

Kamar yang terlalu dingin bisa bikin tidur tidak nyenyak. Anda menjadi lebih banyak bergerak, baik untuk membetulkan kembali selimut atau bolak-balik untuk buang air kecil.

Selain itu, udara dingin menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah menjadi lebih sempit.

Cara termudah dan paling aman menjaga kehangatan kaki saat tidur adalah dengan menggunakan kaus kaki. Tubuh Anda pun akan terasa lebih hangat.

Rasa hangat yang dihasilkan bisa memicu respon vasodilatasi, yaitu pembuluh darah yang tadinya menyempit akan melebar.

advertisement

TERBARU

Spoiler One Piece 1068: CP 0 Akhirnya Bertemu Luffy

Kabar Trenggalek - Setelah sempat libur pada minggu kemarin, minggu ini Manga One Piece...

Lima Cara Mendapatkan Uang Menggunakan Handphone Lewat YouTube 

Kabar Trenggalek - Perkembangan media sosial (medsos) tak bisa terbendung. Banyak pengguna media sosial...

Trending Lagu Gang Dolly, Dimana Lokasi Gang Dolly? Ini Faktanya 

Kabar Trenggalek - Lagu Gang Dolly akhir-akhir ini viral di kalangan telinga masyarakat. Lagu...

TOPIK TERKAIT