TRENDING

Banjir Trenggalek 2022, Bupati: Warga Butuh Makanan Cepat Saji

Terbit:

Kabar Trenggalek Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek bersama masyarakat terus saling bahu-membahu untuk menanggulangi bencana banjir. Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, mengatakan kebutuhan warga terdampak saat ini adalah makanan cepat saji, Kamis (20/10/2022).

Banjir Trenggalek 2022 sudah memasuki lebih dari sepekan. Arifin memperkirakan, warga terdampak akan fokus membersihkan rumah 2 hingga 3 hari ke depan. Sehingga, warga terdampak membutuhkan dukungan logistik.

advertisement

Oleh karena itu, Arifin mengimbau bagi siapapun yang ingin berdonasi, diharapkan mendonasikan makanan cepat saji. Sebab, kalau donasi bahan makanan membutuhkan waktu untuk memprosesnya.

“Sekarang yang dibutuhkan untuk pembersihan material. Sedangkan logistik itu memang harus dicukupi, adanya dapur umum dan komunitas-komunitas kita berterimakasih. Untuk donasi-donasi dengan uang tunai nanti bisa kita mobilisir memberdayakan warung-warung setempat bisa menyediakan, karena kebutuhannya cepat,” ujar Arifin, Rabu (19/10/2022).

Meskipun bahan masih tersedia, Arifin tetap meminta makanan yang cepat saji. Lantaran, tenaga di dapur umum itu tidak mudah menyediakan makanan dengan jumlah yang banyak.

“Luasan area yang terdampak ternyata ketinggiannya sangat tinggi sekali, mulai dari Tamanan Geser ke Kelutan, Sambirejo dan seterusnya hingga Durenan ketinggiannya luar biasa. Saya yakin dalam kurun waktu 2 hingga 3 hari ke depan masyarakat fokusnya membersihkan rumahnya,” tambah Arifin.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, turut meninjau bencana banjir di Trenggalek. Emil mengatakan, dari total warga terdampak sekitar 8 ribu jiwa, bila dikalikan kebutuhan makan 3 kali sehari, maka kebutuhan makan yang harus didistribusikan sebanyak 24 ribu nasi bungkus sehari. Angka itu masih jauh dari kemampuan dapur umum.

Emil menyampaikan, perlu ada tambahan 3 atau 4 dapur umum tambahan untuk bisa memenuhi kebutuhan distribusi makanan kepada warga terdampak banjir Trenggalek 2022.

“Kami tadi kebetulan ke dapur umum yang kebetulan yang dikelola oleh Pemprov. Menghasilkan 1.500 hingga 2.000 nasi bungkus. Tapi menurut Pak Bupati kebutuhannya 24 ribu per hari, 3 kali makan untuk 8.000 jiwa. Kalau kemampuan kita 2.000 maka butuh 3 atau 4 dapur umum tambahan,” tandasnya.

INFO UPDATE BENCANA TRENGGALEK:

advertisement

TERBARU

9 Wisata Kuliner Trenggalek Maknyus yang Wajib Dikunjungi, Lengkap Link Google Maps

Kabar Trenggalek - Bicara soal tempat wisata, pasti tak pernah lepas dengan wisata kulinernya....

Care Bebek, Gus Samsudin Feat Minthul Woko Channel, Lagi Lagi Trending YouTube Musik

Kabar Trenggalek - Gus Samsudin sempat kontroversial akibat pengobatannya dibongkar Pesulap Merah. Namun, ketenaran...

Hari Guru Nasional 2022, Wakil Bupati Trenggalek Tekankan Pentingnya Merdeka Belajar

Kabar Trenggalek - Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara, menghadiri kegiatan sarasehan dalam rangka...

TOPIK TERKAIT