TRENDING

Tak Penuhi Kuota Perempuan, Bawaslu Trenggalek Perpanjang Panwaslucam 3 Kecamatan

Terbit:

Kabar Trenggalek Roda waktu tahapan persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 terus berputar. Tak ayal, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Trenggalek melakukan rekrutmen Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) di 14 Kabupaten Kota Alen-Alen, Kamis (29/09/2022).

Waktu tujuh hari kalender mulai 21 hingga 27 September 2022, untuk menunggu pendaftar, nampaknya masih kurang cukup. Pasalnya, merujuk data Bawaslu Trenggalek, ada tiga kecamatan yang nantinya akan melakukan perpanjangan mulai 02 hingga 08 Oktober 2022 nanti. 

advertisement

Rusman Nuryadin, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pembentukan Panwaslu Kecamatan se- Trenggalek, menegaskan bahwa perpanjangan tersebut karena kurangnya kuota pendaftar, khususnya perempuan. 

Menurut keterangan Bawaslu Trenggalek, kuota 30 persen untuk perempuan harus terpenuhi itu mengacu pada Undang-undang 7 Tahun 2017 pasal 92 ayat 11. Selain itu, mengacu pada pasal 5 ayat 3 Perbawaslu nomor 19 tahun 2017. 

“Mulai tanggal 27 September 2022 sore hari lalu, pendaftaran Panwaslucam sudah kami nyatakan ditutup dan ada perpanjangan di tiga kecamatan, karena tidak ada pendaftar perempuan minimal 30 persen,” ucap Rusman saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon. 

Rincinya, tiga kecamatan itu adalah Munjungan, Pule, dan Watulimo. Untuk Munjungan, hanya ada seorang perempuan yang mendaftar Panwascam. Sementara di Pule dan Munjungan, bahkan tak perempuan yang mendaftar.

“Secara keseluruhan, jumlah pendaftar lowongan itu sebanyak 211 orang. Rinciannya, 157 laki-laki dan 54 perempuan. Kalau diprosentasekan untuk Panwaslucam ada 26 persen pendaftar perempuan,” rincinya. 

Bawaslu Trenggalek mencatat, pendaftar perempuan paling banyak untuk Panwascam berada di Kecamatan Tugu dan Trenggalek. Di dua kecamatan itu, pendaftar perempuan dan laki-laki jumlahnya hampir berimbang.

“Kecamatan Tugu, pendaftar laki-laki ada 13 orang dan perempuan 12 orang. Sementara di Kecamatan Trenggalek, pendaftar laki-laki ada 12 orang dan perempuan 10 orang,” tambahnya. 

advertisement

Rusman berharap, kuota perempuan di 3 kecamatan yang belum terpenuhi nantinya di waktu perpanjangan bisa terpenuhi, sehingga mampu melanjutkan ke tahapan berikutnya. 

“Saya harap Putri Trenggalek yang terbaik mampu mengisi dan berpartisipasi dalam pesta demokrasi 2024 dengan daftar Panwaslucam,” ujar Rusman.

advertisement

TERBARU

Spoiler One Piece 1068: CP 0 Akhirnya Bertemu Luffy

Kabar Trenggalek - Setelah sempat libur pada minggu kemarin, minggu ini Manga One Piece...

Lima Cara Mendapatkan Uang Menggunakan Handphone Lewat YouTube 

Kabar Trenggalek - Perkembangan media sosial (medsos) tak bisa terbendung. Banyak pengguna media sosial...

Trending Lagu Gang Dolly, Dimana Lokasi Gang Dolly? Ini Faktanya 

Kabar Trenggalek - Lagu Gang Dolly akhir-akhir ini viral di kalangan telinga masyarakat. Lagu...

TOPIK TERKAIT