BerandaEdukasi5 Pedang Tertajam di Dunia, Nomor 1 Dipakai oleh Panglima Muslim Perangi...

5 Pedang Tertajam di Dunia, Nomor 1 Dipakai oleh Panglima Muslim Perangi Yahudi

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek – Pedang tertajam di dunia sepanjang sejarah pernah dimiliki oleh beberapa tokoh penting. Bahkan hingga kini belum ada yang bisa menyainginya.

Pedang adalah salah satu jenis senjata yang populer serta paling mematikan di dunia untuk pertempuran jarak dekat.

advertisement

Jika diasah dengan baik, pedang dapat digunakan untuk melukai musuh dengan mudah bahkan mampu memotong benda keras, layaknya pedang Damaskus membelah baja menjadi dua bagian tanpa menjadi tumpul.

Keberadaan pedang sudah ada dari zaman dulu dan menjadi salah satu senjata andalan yang digunakan oleh para pejuang dimasanya. Meskipun sudah jarang digunakan, pesona pedang tetap menjadi salah satu yang terbaik.

Melansir dari laman WorkingTheFlame.com, sepanjang sejarah pedang setidaknya ada lima pedang yang dianggap sebagai pedang tertajam di dunia karena memiliki bilah yang bisa melukai orang bahkan benda keras dengan mudah.

Pedang Tertajam di Dunia Sepanjang Sejarah

1. Pedang Damaskus

advertisement

pedang-tertajam-di-dunia-damascus

Pedang tertajam yang pertama dan paling terkenal di dunia adalah pedang damaskus. Pedang ini mulai mendapatkan ketenarannya ketika digunakan oleh panglima muslim Salahuddin Al-Ayyubi pada pada 2 Oktober 1187 M dalam penaklukkan Yerusalem.

Pedang Damaskus diproduksi di India dan daerah lain di Asia sejak 2.000 tahun yang lalu. Pengrajin kuno menggunakan baja wootz, logam yang dicampur dengan nanotube karbon.

Bilah Damaskus mengandung karbon sebanyak 1,5%. Bijih besi yang digunakan untuk membuat bilah ini ditemukan di tambang India dan digunakan hingga abad ke-18, ketika banyak pengetahuan tentang baja Damaskus hilang.

advertisement

Pedang baja Damaskus bisa tetap tajam selama beberapa pertempuran. Beberapa bilah terbukti sangat tajam sehingga mereka mungkin mampu memotong sutra yang jatuh dan mengiris batu menjadi dua.

Baja Damaskus mungkin terdengar asing bagi Anda. Itu karena telah mengalami peningkatan popularitas yang besar selama beberapa tahun terakhir. Sebab, pembuat pisau modern telah mempelajari teknik penempaan kuno dan bereksperimen dengan cara-cara baru untuk menempa produk baja Damaskus.

2. Pedang Shamsir

pedang-shamshir

Syamshir adalah pedang melengkung yang dibuat di Persia pada abad ke-16. Pedang ini populer karena bilahnya yang melengkung secara dramatis, shamshir adalah bilah sejarah ultra-tajam yang dibuat dengan baja Damaskus.

Banyak pedang termasuk dalam kategori “pedang Damaskus” yang dijelaskan di atas, dan shamshir hanyalah salah satu contoh yang mematikan. Shamshir dicirikan oleh bentuk bilahnya yang unik dan konstruksi yang meruncing.

Pedang ini dapat digunakan dengan mudah, baik dengan cara berjalan kaki, berlari hingga menunggang kuda.

Pedang shamshir diperdagangkan secara luas pada tahun 1500-an, dan sebagai hasilnya, shamshir menjadi senjata populer di seluruh Timur Tengah.

Saat ini, Anda dapat menemukan contoh sejarah pedang shamshir di banyak museum di seluruh dunia. Reproduksi pedang tajam dan mematikan ini menjaga warisannya tetap hidup.

advertisement

Berita Baru

Segera Hadir! Inilah Spesifikasi Vivo V25e HP Kamera Berkemampuan Unggul

Kabar Trenggalek - Vivo V25e dipastikan hadir di Indonesia pada 3 Oktober 2022 mendatang....

Atasi Tindak Pemalsuan, Korlantas Polri Akan Terbitkan BPKB Elektronik

Kabar Trenggalek - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan segera menerbitkan Buku Pemilik Kendaraan...

Pemilik Motor 250cc Keatas Harus Membuat SIM CI dan CII, Ini Syaratnya

Kabar Trenggalek - Pemilik kendaraan bermotor roda 2 dengan kapasitas mesin 250 cc keatas...

Viral Hari ini

Biadab, 3 Warga Jadi Tersangka Pencabulan Anak di Pantai Konang, Korban Dipaksa Minum Miras

Kabar Trenggalek - Keindahan wisata tak serta merta menjadi tempat liburan. Namun, aksi kejahatan...

Berita Terkait