BerandaNewsKesehatanManfaat Minum Kopi Setiap Hari, Dapat Menurunkan Risiko Kematian Dini

Manfaat Minum Kopi Setiap Hari, Dapat Menurunkan Risiko Kematian Dini

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek – Banyak orang percaya bahwa minum kopi dapat melindungi Anda dari kematian dini. Tetapi apakah klaim ini benar? Dan, jika demikian, seberapa efektif itu?

Dalam posting ini, kita akan melihat lebih dekat pada bukti untuk melihat apakah minum kopi benar-benar memiliki efek pencegahan.

Kopi Dapat Membantu Menurunkan Risiko Kematian Dini

Apa manfaat minum kopi?

advertisement

Manfaat kopi antara lain kemampuannya untuk menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan penyebab kematian lainnya. Kopi juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Penelitian mengenai kopi dapat menurunkan risiko kematian dini sudah dilakukan sejak beberapa tahun belakangan. Salah satu penelitian yang sudah dilakukan terjadi pada tahun 2012 di dalam The New England Journal of Medicine.

Dalam penelitian itu, sebuah fakta ditemukan bahwa kopi yang dikonsumsi oleh orang-dengan rentang umur 50 s/d 71 tahun dapat memberikan efek umur panjang.

advertisement

Diketahui bahwa konsumsi kopi menurunkan risiko kematian dini dalam 12-13 tahun selama penelitian berlangsung. Jumlah kopi yang dikonsumsi adalah sekitar 4 hingga 5 gelas per hari.

Dengan jumlah tersebut, kopi mampu menurunkan risiko kematian dini sebesar 12 persen pada laki-laki dan 16 persen pada wanita.

Risiko kematian dini bisa dikurangi dengan mengkonsumsi kopi, khususnya kematian yang disebabkan oleh infeksi, luka, kecelakaan, gangguan pernafasan, diabetes, stroke, dan penyakit jantung.

Penelitian terbaru mengenai efek kopi mampu menurunkan reisiko kematian berlangsung pada tahun 2022 melalui Jurnal Annals of Internal Medicine.

advertisement

Penelitian yang berlangsung di tahun 2022 ini fokus manfaat minum kopi saat dikonsumsi dengan pemanis dan tanpa pemanis untuk kesehatan. Penelitian ini melibatkan 170.000 partisipan yang tidak memiliki penyakit kardiovaskular atau kanker.

Peneliti kemudian melihat efek dari konsumsi kopi, baik yang berpemanis tambahan atau tidak, dalam 7 tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi kopi dalam batas wajar bisa menurunkan risiko kematian dini.

Hasil tersebut juga berlaku pada partisipan yang mengonsumsi kopi dengan pemanis tambahan tidak lebih dari 1,5 sendok teh.

advertisement

Berita Baru

Viral Tentara Tendang Suporter saat Tragedi Kanjuruhan, Panglima TNI: Itu Tindak Pidana

Kabar Trenggalek - Tragedi Kanjuruhan tak hanya memberikan duka bagi masyarakat Indonesia. Tapi, Tragedi...

Sempat Sebut Jumlah 174 dan 131, Emil Dardak Pastikan Ada 125 Korban Meninggal di Tragedi Kanjuruhan

Kabar Trenggalek - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, kembali menyebutkan jumlah yang...

Hujan Deras, Tiga Desa di Kecamatan Watulimo Dilanda Banjir 

Kabar Trenggalek - Hujan dengan intensitas deras di Trenggalek semalam mengakibatkan Kecamatan Watulimo Trenggalek...

Viral Hari ini

Sinopsis Jelangkung Sandekala dan Jadwal Tayang di Bioskop Trenggalek

Kabar Trenggalek - Perasaan gembira saat berwisata tak selalu sesuai dengan realita. Ketika ingin...

Berita Terkait