BerandaNewsTeknologiFitur Baru WhatsApp, Pengguna Bisa Keluar Grup Secara Diam-Diam

Fitur Baru WhatsApp, Pengguna Bisa Keluar Grup Secara Diam-Diam

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Aplikasi chatting WhatsApp kini mulai berbenah dan memberi fitur baru untuk pengguna. Salah salah satu fitur baru WhatsApp yaitu pengguna bisa keluar dari grup tanpa diketahui anggota lainnya.

Dalam keterangan tertulisnya WhatsApp akan update tiga fitur diantaranya, kemampuan untuk menyembunyikan status online, memblokir tangkapan layar (screenshot) pada pesan sekali lihat (View Once), dan keluar dari grup secara diam-diam.

advertisement

WhatsApp memastikan bahwa fitur untuk menyembunyikan status online dan keluar dari grup secara diam-diam bakal digulirkan ke pengguna.

Tiga Fitur Privasi Baru WhatsApp:

1. Sembunyikan status online dari kontak tertentu

Fitur privasi pertama yang bakal dirilis WhatsApp dalam waktu dekat adalah kemampuan untuk menyembunyikan status “online” untuk kontak tertentu.

Dengan fitur ini, pengguna memiliki kontrol untuk menampilkan status online kepada orang-orang yang diinginkannya saja. Terutama bagi pengguna yang tidak ingin orang-orang tertentu tahu kapan dirinya sedang aktif di WhatsApp.

advertisement

Perlu dicatat, pengaturan untuk menyembunyikan status online ini berlaku dua arah. Artinya, bila pengguna menyembunyikan status online miliknya, maka pengguna juga tidak dapat melihat status online milik pengguna lain.

Nantinya, opsi untuk menyembunyikan status online WhatsApp bakal tersedia di menu “Privasi”. Cara mengaksesnya sebagai berikut:

  • Buka Settings (setelan)
  • Klik Account (akun)
  • Pilih Privacy (privasi)
  • Lalu, muncul pengaturan last seen & online (terakhir dilihat dan online)

Pengguna dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat status online miliknya di sub-menu “who can see when I’m online”. Ada dua pilihan yang tersedia.

Pertama, yaitu “Everyone” bila semua pengguna dalam kontak ataupun pengguna yang baru berinteraksi (nomor yang belum disimpan), bisa melihat status online pengguna.

advertisement

Opsi kedua adalah “same as last seen” atau menyamakan pengaturan dengan fitur “who can see my last seen” sebelumnya.

Adapun di sub-menu “who can see my last seen”, pengguna dapat mengontrol informasi kapan terakhir kali dia online (last seen) dengan empat pilihan pengaturan, sebagai berikut:

Everyone, yang berarti semua pengguna dapat melihat waktu terakhir Anda aktif

My Contacts, yang memungkinkan hanya nomor kontak yang disimpan saja yang dapat melihat last seen pengguna

My Contacts Except, memungkinkan pengguna mengecualikan beberapa nomor kontak lebih spesifik untuk tidak melihat last seen

Nobody, yang berarti tidak ada seorang pengguna pun yang dapat melihat kapan terakhir pengguna aktif di WhatsApp.

Sebagai contoh, pengguna hanya ingin status online di WhatsApp-nya bisa dilihat oleh orang-orang yang dikenalnya saja.

Berarti, pengguna bisa mengatur “who can see my last seen” dengan opsi “My Contact”, lalu mengatur “who can see when I’m online” ke opsi “same as last seen”.

Dengan begitu, pengguna yang nomornya tidak disimpan oleh Anda tidak akan bisa melihat status online milik Anda. Begitupun sebaliknya, Anda juga tidak bisa melihat status online dari pengguna yang nomornya belum Anda simpan di kontak ponsel.

2. Keluar Diam-Diam dari Grup WhatsApp

Fitur kedua yang bakal digulirkan WhatsApp bulan ini adalah keluar dari grup WhatsApp secara diam-diam.
Selama ini, ketika pengguna “leave group” alias keluar dari grup WhatsApp, anggota grup lainnya bakal menerima notifikasi berbunyi “(nomor/nama kontak) keluar” dari ruang obrolan.

Untuk sebagian pengguna WhatsApp, kondisi tersebut bisa menimbulkan rasa sungkan atau tidak nyaman.

Nah, dengan fitur privasi yang baru, anggota grup lain tidak lagi akan menerima pemberitahuan bahwa Anda keluar dari grup.

Namun, admin grup WhatsApp masih akan tetap menerima notifikasi ketika anggotanya keluar dari ruang obrolan grup.

3. Blokir Screenshot untuk pesan View Once

Fitur privasi ketiga yang dipastikan bakal hadir ke WhatsApp adalah pemblokiran tangkapan layar (screenshot) untuk pesan sekali lihat (View Once).

Pengguna WhatsApp biasanya bisa mengambil screenshot pesan yang dikirim menggunakan fitur View Once. Tujuannya, mengakali pesan sekali lihat agar dapat disimpan atau dibagikan kembali, meski sudah terhapus.

Namun kedepannya, WhatsApp memastikan, pesan yang dikirim melalui fitur sekali lihat, secara otomatis akan dilindungi dari upaya tangkapan layar. Sehingga pengguna dapat berbagi pesan sensitif dengan lebih nyaman.

Nantinya, ketika pengguna membuka foto/video View Once lalu mencoba mengambil screenshot, layar bakal menampilkan notifikasi berbunyi “Tangkapan layar diblokir untuk privasi tambahan”, seperti gambar di atas. Sehingga, konten tidak bisa didokumentasikan dengan screenshot.

Saat ini, kata pihak WhatsApp, fitur anti-screenshot ini sedang diuji dan akan segera diluncurkan. Kendati demikian, WhatsApp belum mengungkap jadwal ketersediaan fitur ini untuk seluruh pengguna WhatsApp.

Itu dia tiga fitur privasi WhatsApp yang baru yang akan hadir dalam waktu dekat. Fitur mana yang paling kalian tunggu-tunggu?

advertisement

Berita Baru

Segera Hadir! Inilah Spesifikasi Vivo V25e HP Kamera Berkemampuan Unggul

Kabar Trenggalek - Vivo V25e dipastikan hadir di Indonesia pada 3 Oktober 2022 mendatang....

Atasi Tindak Pemalsuan, Korlantas Polri Akan Terbitkan BPKB Elektronik

Kabar Trenggalek - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan segera menerbitkan Buku Pemilik Kendaraan...

Pemilik Motor 250cc Keatas Harus Membuat SIM CI dan CII, Ini Syaratnya

Kabar Trenggalek - Pemilik kendaraan bermotor roda 2 dengan kapasitas mesin 250 cc keatas...

Viral Hari ini

Biadab, 3 Warga Jadi Tersangka Pencabulan Anak di Pantai Konang, Korban Dipaksa Minum Miras

Kabar Trenggalek - Keindahan wisata tak serta merta menjadi tempat liburan. Namun, aksi kejahatan...

Berita Terkait