TRENDING

Curi Start Lewat Adipura Desa, Trenggalek Kalungi Kabupaten Pro Iklim 

Terbit:

Kabar Trenggalek Kota alen-alen Trenggalek curi start melalui program adipura desa, kini mendapat kalung pembina pro iklim. Nominasi tersebut langsung diberikan Gubernur Provinsi Jawa Timur, Sabtu (24/09/2022).

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, mengungkapkan bahwa untuk mendapatkan kabupaten pembina pro iklim tersebut sangatlah mudah. Pasalnya, dirinya sudah mengawali dengan program andalannya. 

advertisement

“Kami memiliki program Adipura Desa, jadi mudah bagi Trenggalek yang kini mendapatkan predikat pembina pro iklim,” tegas Bupati yang akrab disapa Mas Ipin itu.

Baca: Tolak Tambang Emas, Kades Sumberbening Ajak Desa-Desa di Trenggalek Cinta Lingkungan

Tak ayal, program Adipura Desa itu secara singkat memberikan hadiah kepada desa-desa yang desanya tersebut menjaga lingkungan sekitar dengan kegiatan menyentuh kepada masyarakat. 

Suami Novita Hardini tersebut juga memaparkan indikator untuk kalung pro iklim, yaitu konservasi penyu. Tak pelak, Mas Ipin mencontohkan mulanya telur penyu diperjual belikan, namun saat ini dikelola dengan baik. 

“Telur penyu yang menetas dikembalikan ke habitatnya dan diharapkan biodiversity di kawasan pesisir terjaga dengan baik, lalu seperti yang disampaikan gubernur [Jawa Timur], ekosistem itu penting seperti hutan mangrove yang bermanfaat menghasilkan oksigen lebih besar,” kata Mas Ipin.

Baca: Trenggalek Bakal Jadi Kota Hijau, Berikut Delapan Indikatornya

Mas Ipin berharap, nanti semakin banyak desa yang ikut Adipura Desa, semakin banyak kemudian masyarakat yang peduli terhadap lingkungan. Hal itu sesuai dengan konstitusi Indonesia, bahwa masyarakat juga punya cita-cita melindungi segenap tumpah darah. 

advertisement

“Jika tumpah darah, bukan hanya hari ini kita bisa menikmati lingkungan hidup yang berkualitas, tetapi juga nanti generasi yang akan datang juga bisa merasakan lingkungan hidup yang lebih baik,” tandas Mas Ipin.

advertisement

TERBARU

Care Bebek, Gus Samsudin Feat Minthul Woko Channel, Lagi Lagi Trending YouTube Musik

Kabar Trenggalek - Gus Samsudin sempat kontroversial akibat pengobatannya dibongkar Pesulap Merah. Namun, ketenaran...

Hari Guru Nasional 2022, Wakil Bupati Trenggalek Tekankan Pentingnya Merdeka Belajar

Kabar Trenggalek - Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara, menghadiri kegiatan sarasehan dalam rangka...

Viral Sekelompok Orang Copot Papan Nama Gereja Reformed Injili Indonesia di Bantuan Korban Gempa Cianjur

Kabar Trenggalek - Bencana gempa bumi yang menimpa Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menyisakan duka...

TOPIK TERKAIT