BerandaEdukasiDoxing Itu Apa Sih? Yuk Pelajari Seluk-Beluknya Biar Pada Paham

Doxing Itu Apa Sih? Yuk Pelajari Seluk-Beluknya Biar Pada Paham

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek – Waspada Doxing! Hati-hati mengunggah dokumen dan data pribadi di internet dan media sosial (medsos). Bisa jadi sejumlah data personal anda akan digunakan oleh orang lain untuk menyerang diri anda. Kini marak perundungan melalui pencurian dokumen pribadi dengan niat untuk menyerang dan mempermalukan seseorang.

Untuk itu para pengguna media daring perlu waspada dalam mempublikasikan dokumen yang sifatnya personal. Sejumlah kasus penyalahgunaan dokumen pribadi dialami beberapa pihak, termasuk menimpa politisi, wartawan, selebritis, kelompok kritis, dan masyarakat biasa.

advertisement

Tindakan pencurian dan manipulasi data ini semakin dimudahkan oleh melimpahnya data yang tersedia secara online. Situasi ini diperburuk oleh sikap kekurang hati-hatian masyarakat yang sering mengunggah dokumen pribadinya Melalui internet dan medsos.

Banyak orang mengumbar sesuatu yang sesungguhnya privasi dan menjadi konsumsi publik. Dorongan untuk selalu eksis dan narsis dari netizen dan pengguna medsos semakin memudahkan orang melakukan pencurian dokumen.

Baru-baru ini, Hacker Bjorka telah menyebarkan data pribadi yang diduga milik Erick Thohir, Puan Maharani, Johnny G. Plate dan Denny Siregar. Ia membagikan tangkapan layar melalui channel telegram.

advertisement

Menyoal gonjang-ganjing di jagad maya ini, Ismail Fahmi, Founder Drone Emprit juga turut bersuara melalui akun twitternya. Ia memperingatkan netizen yang turut bersuka cita atas tersebarnya data tersebut, lantas turut membagikan kepada orang lain melalui media sosial atau alat transmisi lainnya.

Hati-hati buat netizen yg seneng karena dapat spill data dari Bjorka. Kalau ikut ngeshare data lengkap, bisa masuk kategori doxing, transmisi data pribadi. Penyebaran data spt ini bisa kena UU ITE. Bjorka mungkin aman, tapi anda mudah ditemukan.” Ungkapnya di Twitter.

advertisement

Berita Baru

Segera Hadir! Inilah Spesifikasi Vivo V25e HP Kamera Berkemampuan Unggul

Kabar Trenggalek - Vivo V25e dipastikan hadir di Indonesia pada 3 Oktober 2022 mendatang....

Atasi Tindak Pemalsuan, Korlantas Polri Akan Terbitkan BPKB Elektronik

Kabar Trenggalek - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan segera menerbitkan Buku Pemilik Kendaraan...

Pemilik Motor 250cc Keatas Harus Membuat SIM CI dan CII, Ini Syaratnya

Kabar Trenggalek - Pemilik kendaraan bermotor roda 2 dengan kapasitas mesin 250 cc keatas...

Viral Hari ini

Biadab, 3 Warga Jadi Tersangka Pencabulan Anak di Pantai Konang, Korban Dipaksa Minum Miras

Kabar Trenggalek - Keindahan wisata tak serta merta menjadi tempat liburan. Namun, aksi kejahatan...

Berita Terkait