BerandaMata RakyatAda Warga yang Belum Tolak Tambang Emas, Gus Zaki: Mereka Hanya Belum...

Ada Warga yang Belum Tolak Tambang Emas, Gus Zaki: Mereka Hanya Belum Tahu Dampaknya

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Penolakan tambang emas di Trenggalek terus disuarakan oleh Ketua Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Trenggalek, M. Izzudin Zakki.

Pria yang akrab disapa Gus Zaki itu menyuarakan tolak tambang emas pada kegiatan Rembug Warga di Desa Sumberbening Kecamatan Dongko, Senin (05/09/2022).

advertisement

Gus Zaki mengatakan, ia bersama Aliansi Rakyat Trenggalek (ART) siap mengedukasi masyarakat tentang dampak tambang emas di Trenggalek.

“Saya yakin, masyarakat yang selama ini belum menolak [tambang emas] bukan karena mereka suka tambang. Tapi hanya belum tahu efek samping [daya rusak] dari tambang emas,” ungkap Gus Zaki.

Gus Zaki menyampaikan, bahwa hasil riset Jaringan Advokasi Tambang (JATAM) dan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI), akan dipakai untuk mengedukasi masyarakat tentang daya rusak tambang, terutama kepada GP Ansor tingkat ranting di 157 desa di Trenggalek.

Warga berkumpul, menguatkan perjuangan tolak tambang emas
Warga berkumpul, menguatkan perjuangan tolak tambang emas/Foto: Kabar Trenggalek
advertisement

“Kami akan mengedukasi, kami akan mengadvokasi dan menyebarkan informasi tentang tambang kepada masyarakat. Sehingga penolakan tambang emas ini tidak hanya dari satu-dua orang atau satu-dua organisasi, tapi dari semua masyarakat Trenggalek,” ujar Gus Zaki.

Ketua Pondok Pesantren Al-Falah Kedunglurah tersebut berharap, agar kegiatan Rembug Warga ini dapat dilaksanakan juga di desa-desa lain, terutama yang masuk peta konsensi PT Sumber Mineral Nusantara (SMN).

Selain itu, Gus Zaki juga mengapresiasi Kepala Desa Sumberbening, Suyanto, karena telah pasang badan dalam menolak tambang emas.

“Makanya, saya angkat kopyah kepada Mbah Lurah Sumberbening yang sudah pasang badan dan berani menolak PT SMN masuk ke bumi Sumberbening,” ungkap Gus Zaki.

advertisement

Oleh karena itu, Gus Zaki berharap agar kepala desa lain, khususnya yang masuk konsensi tambang emas PT SMN, seperti kepala Desa Ngadimulyo dan kepala Desa Karangrejo, meneladani sikap Kepala Desa Sumberbening dalam menolak tambang emas.

advertisement

Berita Baru

Tragedi Sepak Bola Indonesia, Jenazah Polisi Asal Trenggalek Belum Dipulangkan

Kabar Trenggalek - Kabar duka dampak dari tragedi sepak bola Indonesia saat pertandingan antara...

Arema Vs Persebaya Ricuh,127 Nyawa Melayang di Stadion Kanjuruhan Malang 

Kabar Trenggalek - Duka mendalam dunia sepak bola Indonesia atas insiden kericuhan saat pertandingan...

Segera Hadir! Inilah Spesifikasi Vivo V25e HP Kamera Berkemampuan Unggul

Kabar Trenggalek - Vivo V25e dipastikan hadir di Indonesia pada 3 Oktober 2022 mendatang....

Viral Hari ini

Wisata Berbasis Konservasi Alam Kedung Gede, Satu Satunya di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Tidak terlalu jauh dari kota untuk menuju Kedung Gede di Desa...

Berita Terkait